26 C
Jakarta
Rabu, 7 Desember, 2022

Berita Fintech Hari ini: Perusahaan Fintech Sederhanakan Proses Pembayaran

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech hari ini akan mengulas tentang Xendit (PT Sinar Digital Terdepan), perusahaan teknologi finansial yang menyediakan solusi pembayaran dan menyederhanakan proses pembayaran untuk bisnis di Indonesia dan Asia Tenggara, bekerja sama dengan SMESCO, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Brightspot akan mengadakan acara Xendit Pasar Nusa Dua ke-2 pada tanggal 28 September sampai 2 Oktober 2022 di Bali Collection, ITDC Nusa Dua Bali.

Acara ini diadakan sebagai wujud nyata komitmen Xendit dalam mendukung upaya Pemerintah untuk mengakselerasi kemajuan UMKM di Indonesia, sekaligus untuk mendukung pelaksanaan Presidensi G20 di Indonesia.

Lebih lanjut, acara ini  mengusung environment experience baru yaitu Sustainable Festival, serta menampilkan talenta, produk, dan merek terbaik dari Bali dan Indonesia yang telah melalui proses kurasi dari food village, retail market, dan music and art.

“Kami berharap acara Pasar Nusa Dua ke-2 dapat menjadi sebuah acara showcase kemajuan usaha Indonesia serta meningkatkan kecintaan dan rasa bangga masyarakat dalam menggunakan produk lokal sebagai bagian dari #GerakanNasionalBanggaBuatanIndonesia,” ungkap Leonard Theosabrata, Direktur Utama SMESCO Indonesia.

“Sejalan dengan misi Indonesia dalam Presidensi G20 untuk percepatan pemulihan ekonomi, SMESCO menghargai kolaborasi dari Xendit, terutama dalam mengedukasi dan menyediakan infrastruktur pembayaran digital yang memungkinkan UMKM Indonesia bersaing di pasar global,” tambahnya.

berita fintech hari ini

Berita Fintech Hari ini – Fintech jadi Solusi Pembayaran Bisnis

Baca juga: Berita Fintech Hari ini: Merawat Kecantikan Wanita Menggunakan Fintech

Xendit Pasar Nusa Dua ke-2 diikuti oleh 66 UMKM yang berasal dari area Bali serta Indonesia Timur yang terdiri dari usaha-usaha dalam komunitas Brightspot, UMKM Binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, UMKM Binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta dan juga merchant yang sudah bermitra dengan Xendit. Para UMKM ini memiliki narasi usaha atau produk yang sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

“Pasar Nusa Dua ke-2 merupakan bentuk dukungan dan komitmen BI untuk terus memperluas akseptasi pembayaran digital pada UMKM. Kami harap kolaborasi dengan SMESCO dan Xendit ini dapat memberikan peluang bagi UMKM untuk memasuki lima akses penting dalam dunia ekonomi yakni akses keuangan, produksi, pasar, payment, dan logistik”. kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Onny Widjanarko.

Hal senada disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, yang menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan Pasar Nusa Dua ke-2.

“Kolaborasi ini menjadi wujud sinergi yang baik antara BI, Pemerintah, dan industri dalam mendorong para pelaku UMKM menggunakan QRIS agar transaksi dapat berjalan cepat, mudah, murah, aman, dan andal. Selain itu kegiatan ini juga sejalan dan turut mendukung upaya BI mencapai target mendapatkan 15 juta pengguna baru QRIS di tahun 2022”. kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho.

Baca juga: Berita Fintech Hari ini: Kolaborasi Amartha & BPR Jatim Kembangkan UMKM

Untuk menunjang kelancaran bertransaksi pada saat acara, Xendit memberikan dukungan fasilitas pembayaran non-tunai dengan menyediakan QR Code Indonesian Standard (QRIS). Pengunjung booth dapat melakukan pembayaran secara mudah, dengan memindai kode QRIS yang telah disediakan secara unik bagi setiap UMKM.

UMKM adalah sektor yang terus didorong oleh Pemerintah untuk berkembang, sebab UMKM diyakini berkontribusi besar terhadap pendapatan negara. Menurut data Badan Pusat Statistik, UMKM berkontribusi terhadap 60% Produk Domestik Bruto.

“Xendit akan terus mendukung para pelaku UMKM Indonesia dalam mendigitalisasi usahanya, dengan menyediakan solusi pembayaran digital yang dapat digunakan secara mudah oleh mereka,” ujar COO & Co-Founder Xendit, Tessa Wijaya.

“Saat ini, Xendit telah membantu lebih dari 3.000 pelaku usaha di Indonesia, dan kami melihat bahwa Pasar Nusa Dua ke-2 merupakan sebuah sarana yang baik bagi UMKM untuk terus berkembang, khususnya di tengah momentum akselerasi  pemulihan ekonomi nasional,” lanjutnya.

Xendit Pasar Nusa Dua ke-2, yang menghadirkan produk-produk kategori kriya, fashion, kerajinan, hingga food & beverage, dibuka untuk umum mulai pukul 15.00 hingga pukul 22.00 WITA.

Baca juga: Berita Fintech Hari ini: Sektor Pendidikan Sasaran Empuk Pinjol Ilegal

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

RUU PPSK Tidak Semua Koperasi Diawasi Oleh OJK

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) menimbulkan pro dan kontra. Hal itu karena didalamnya membahas tentang keberadaan kerja koperasi...

Presiden Jokowi Instruksikan Kemendag Bangun Ekonomi Digital di Sektor Perdagangan

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada Kementerian Perdagangan agar dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital. Hal itu dilakukan melalui akselerasi transformasi digital pada...

Pinjol Cepat Cair Legal Berizin OJK, Intip Nih Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman melalui aplikasi di smartphone yang proses pencairan dananya sangat cepat. Pinjol atau pinjaman online berizin Otoritas Jasa...

Ini Langkah Strategi Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Didukung dengan kemampuan penanganan pandemi yang baik, percepatan vaksinasi, peran APBN sebagai shock absorber, tingginya harga komoditas unggulan, hingga kesuksesan Presidensi...

Dollar ke Rupiah Hari Ini, Cek Kurs BCA, Mandiri, dan BRI

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.618 di perdagangan pasar spot Selasa (6/12). Diketahui, rupiah melemah 0,99%...
LANGUAGE