26.4 C
Jakarta
Selasa, 27 September, 2022

Berita Fintech Hari ini: Amartha Luncurkan Layanan Baru Kembangkan UMKM

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech hari ini akan mengulas tentang Amartha meluncurkan layanan terbarunya yakni Ascore.ai. Layanan ini memanfaatkan machine learning yang menyediakan pengukuran profil risiko secara akurat dan holistik, sehingga dapat membuka peluang bagi berbagai sektor usaha untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih masif.

Ascore.ai dibangun dengan lebih dari satu juta database mitra pengusaha ultra mikro Amartha dan telah mengalami pengembangan selama tujuh tahun terakhir. Teknologi ini pula yang selama ini digunakan Amartha untuk pengukuran risiko dalam menyalurkan pinjaman bagi segmen yang belum terlayani (underserved) di lapisan piramida terbawah.

Baca juga: Berita Fintech Hari ini: Kanal Digital Kembangkan UMKM Daerah

Founder & CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra menyampaikan Amartha melihat peluang yang sangat besar untuk mengkatalisis sektor ekonomi informal melalui teknologi. Sekitar 20 juta UMKM di Indonesia masih belum terlayani oleh layanan keuangan formal, karena profiling risikonya sulit diukur.

“Melalui teknologi Ascore.ai, berbagai sektor usaha maupun institusi dapat menggunakan layanan ini, dan berpeluang untuk memperluas jangkauan pasarnya ke pangsa pasar yang lebih masif, salah satunya sektor ekonomi informal,” kata Founder & CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra.

Baca juga: Berita Fintech Hari ini: Akulaku PayLater Bermitra dengan Alipay+

Ascore.ai akan menghasilkan output berupa nilai risiko, penghitungan bunga pinjaman, pengolahan data, serta keputusan-keputusan yang berpengaruh pada bisnis (credit decisioning).

“Amartha telah bekerja sama dengan berbagai stakeholder mulai dari perbankan maupun sektor fintech untuk mendigitalisasi UMKM di Indonesia. Lewat layanan Ascore.ai, Amartha membantu institusi keuangan agar dapat merambah segmen akar rumput, tanpa perlu mengembangkan teknologi credit decisioning solution sendiri. Sehingga, akan semakin banyak institusi yang dapat memperluas jangkauannya ke pangsa pasar masif seperti UMKM. Ini sekaligus dapat membantu peningkatan inklusi keuangan”, lanjut Taufan.

Ascore.ai memiliki pelayanan yang holistik, sehingga dapat digunakan baik oleh institusi maupun individu. Pada segmen institusi, Ascore.ai dapat menjangkau sektor fintech, microfinance/lembaga pembiayaan, perbankan seperti BPR dan BPD, koperasi, agrikultur, hingga marketplace yang memiliki produk Paylater dan pinjaman.

Bagi segmen institusi, Ascore.ai menyediakan layanan berupa verifikasi risiko, credit underwriting, advance credit analysis, dan pengecekan kredit nasabah. Amartha juga telah menjajaki kerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMD), perbankan, hingga e-commerce untuk memasarkan layanan Ascore.ai.

Baca jugaBerita Fintech Hari Ini: GOTO Akuisisi 100 Persen Perusahaan Kripto 

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pinjol Cepat Cair 2022 Legal, Simak Daftarnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair merupakan layanan finansial yang sangat dibutuhkan oleh mereka mereka yang sedang terdesak dana cepat. Adapun pinjaman online langsung cair...

Payment Gateway: Definisi, Cara Kerja, hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway pada dasarnya merupakan solusi bagi pembayaran pada bisnis online yang kian marak belakangan ini. Hal ini penting sebagai upaya memberikan...

Dampak Fintech di Indonesia hingga Sederet Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Dampak fintech di Indonesia tentunya sangat besar. Adapun fintech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat. Seperti diketahui, saat ini penggunaaan teknologi informasi...

Pinjol Bunga Rendah 2022 Cepat Cair, Nih 6 Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol bunga rendah 2022 cepat cair tentunya sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang tengah kepepet dana talangan. Meski saat ini ada...

Bisnis Fintech di Indonesia: Ini 11 Startup Fintech Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Bisnis fintech atau financial technology di Indonesia tampak bertumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terjadi sebagai dampak dari perkembangan globalisasi,...
LANGUAGE