25.8 C
Jakarta
Kamis, 6 Oktober, 2022

Berita Fintech Indonesia: Pinjaman Online Syariah Pasti Aman

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia terkini pada hari ini akan membahas daftar pinjaman online syariah yang pasti aman dan halal.

Adapun saat ini, pembiayaan bebas riba berupa pinjaman online syariah banyak diminati lantaran menawarkan pinjam meminjam sesuai syariah.

Pinjaman syariah ini banyak diminati, utamanya bagi mereka yang tidak mau membayar cicilan dengan bunga. Nah, sebagai gantinya, pinjaman syariah memakai sistem murabahah dan ijarah untuk memperoleh untung yang lantas menjadi dasar pinjaman online syariah.

Baca juga: Berita Fintech Indonesia: Tips untuk Dapat Pinjaman Kilat

Sebagai informasi, sistem murabahah merupakan akad jual beli antara bank syariah dan nasabah. Sementara itu, sistem ijarah adalah akad memperoleh manfaat atas jasa yang dipakai.

Sistem ini juga digunakan oleh fintech aplikasi pinjaman online yang berbasis syariah. Pinjaman online syariah ini dapat dipakai sebagai modal usaha dengan/atau tanpa jaminan dan langsung cair.

Cara pinjam uang tanpa jaminan di fintech ini tidak jauh berbeda dengan bank syariah dan kelebihannya dapat dilakukan secara online.

berita fintech indonesia

Berita Fintech Indonesia: Apa Itu Fintech Syariah?

Untuk diketahui, fintech syariah adalah platform pinjaman online peer to peer lending (P2P Lending) yang memfasilitasi antara pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman dan pelaksanaanya berdasarkan aturan hukum syariat islam.

Fintech syariah yang terpercaya telah berizin dan diawasi oleh lembaga Pengawas Keuangan seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN).

Lantaran menjalankan prinsip syariah, layanan pembiayaan ini tidak mengandung unsur sebagai berikut:

– Riba (bunga).

– Gharar (ketidakjelasan).

– Maisir (judi).

– Tadlis (penipuan).

– Dharar (bahaya).

– Zulm (ketidakadilan).

– Haram.

Daftar Aplikasi Pinjaman Online Syariah Langsung Cair—Berita Fintech Indonesia

Inilah daftar aplikasi pinjaman online syariah langsung cair tanpa riba yang bisa kamu pertimbangkan, seperti disadur dari Qoala.

1. Pembiayaan Al Salaam Syariah (PAS)

Pembiayaan Al Salaam Syariah ini menyediakan pinjaman mulai dari Rp15 juta dan maksimal Rp1,5 miliar. Adapun tenor atau jangka waktu pelunasannya mulai dari 60 bulan atau 5 tahun.

Kamu bisa mendapatkan keuntungan bila menggunakan layanan pinjaman online syariah langsung cair ini, yaitu angsurannya tetap sampai lunas, pembayaran cicilan bisa ditransfer lewat rekening bank lain, memberikan beragam promo, dan yang paling penting terdaftar di OJK.

2. SyarQ

Pinjaman online syariah yang satu ini sejatinya hampir sama dengan solusi pembiayaan yang ditawarkan Kredivo. Namun, bedanya aplikasi pinjaman syariah online ini menjalankan prinsip-prinsip syariah.

Pinjaman SyarQ punya beragam keuntungan, mulai dari bebas ongkos kirim hingga menjadi solusi pembayaran cicilan kalau kamu enggan pakai kartu kredit.

3. Ammana

Ammana adalah fintech syariah pertama di Indonesia yang melayani pelaku usaha UMKM. Pinjaman dana online syariah ini memiliki program pendanaan bersama atau halal dengan sistem crowdfunding.

Adapun imbal hasil yang diberikannya untuk pendanaan juga cukup besar, yaitu sekitar 24% per tahun. Pinjaman yang satu ini memiliki sistem non direct funding, yang akan mewajibkan kamu menjadi anggota dari mitra keuangan syariah mikro yang sudah terdaftar di Ammana. 

4. Investree

Investree adalah pinjaman online syariah tanpa agunan atau jaminan. Dalam praktiknya, Investree adalah online marketplace yang mempertemukan pemilik dana (lender) dan peminjam dana (borrower) dengan pinjaman yang terjangkau dan gampang diakses.

Baca juga: Berita Fintech Indonesia: OJK Akan Atur Bunga Pinjol

Adapun keuntungan bagi lender di Investree syariah adalah imbal hasil berupa ujrah wakalah atau jasa penagihan yang dibayarkan peminjam dana tanpa beban biaya apapun. Investree mematok besaran dana pinjaman mulai dari Rp5 juta untuk pembiayaan bisnis.

5. Dana Syariah

P2P lending ini mempertemukan pendana dengan peminjam. Namun, aplikasi pinjaman syariah online ini lebih ditujukan pada bisnis properti. Pinjaman syariah ini menawarkan hasil pendanaan sekitar 20% per tahun dan hingga kini total pendana di Dana Syariah ada 115.610 pendana dengan total pendanaan sebesar Rp643,40 miliar sejak berdiri.

Di sini, kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan melakukan penggalangan dana lewat situs Dana Syariah. Selanjutnya, kamu bisa mengajukan proposal proyek properti untuk verifikasi yang dilakukan oleh tim Dana Syariah.

6. Duha Syariah

Berikutnya ada Duha Syariah yang memberikan layanan pembiayaan untuk pembelian barang dan jasa serta kegiatan produktif sesuai prinsip syariah. Ada dua tipe pembiayaan di Duha Syariah, yaitu tipe konsumtif (barang atau jasa) dan tipe perjalanan religi. Masing-masing produknya punya fitur dan persyaratan kredit yang berbeda.

7. Alamisharia—berita fintech Indonesia

Alamisharia adalah perusahaan fintech penyedia dana pinjaman online yang mengkhususkan dananya untuk Usaha Kecil Menengah (UKM). Di sini, kamu bisa mendapat pinjaman mulai dari Rp50 juta hingga Rp2 miliar dan akan dibiayai oleh Alami maksimal 80% dari nilai pengajuan.

Menjadi pinjaman online dengan prinsip Islami, Alami memberikan syarat khusus, antara lain, usaha yang dijalankan bebas dari unsur haram, misalnya alkohol, narkoba, peternakan, atau perniagaan babi, rokok, dan juga usaha lainnya yang bertentangan dengan syariat Islam.

8. Papitupi Syariah

Papitupi Syariah akan memberikan pemenuhan kebutuhan konsumtif pembelian barang dan jasa. Platform fintek besutan PT Piranti Alphabet Perkasa ini memiliki dua produk pinjaman, yaitu Papifund dan Papiplafond.

Papifund adalah pinjaman syariah online untuk pembelian barang dan jasa dengan maksimal limit Rp10 juta, sedangkan Papiplafond khusus untuk pembayaran dan belanja kebutuhan harian.

9. Danakoo Syariah

Danakoo Syariah adalah sebuah pinjaman online besutan PT Danakoo Mitra Artha yang memiliki dua jenis pembiayaan, yaitu konvensional dan syariah. Dana pinjaman syariah memiliki dua produk yakni pinjaman Multigunakoo dan Multijasakoo.

10. Qazwa—berita fintech Indonesia

Pinjaman online syariah berikutnya adalah aplikasi Qazwa yang memberi pembiayaan khusus untuk UMKM dengan usaha mencakup perdagangan, peternakan, produksi, dan berbagai sektor lainnya.

Lantaran berbasis syariah, dana pinjamannya hanya akan diberikan pada jenis usaha yang sesuai syariat Islam. Namun, produk pembiayaan Qazwa terbatas untuk pelaku UMKM di Jabodetabek.

11. Ethis Indonesia

Ethis Indonesia adalah perusahaan finansial teknologi khusus untuk pengembang properti atau usaha konstruksi. Pembiayaan dari Ethis Indonesia ini dapat kamu gunakan sebagai tambahan modal kerja usaha.

12. Bsalam—berita fintech Indonesia

Perusahaan P2P khusus untuk penyelenggara ibadah umroh dan haji ini juga melayani pinjaman online. Bsalam sendiri berperan mempertemukan investor dengan pelaku usaha jasa perjalanan haji dan umroh lewat pembiayaan syariah.

13. Berkah Finteck Syariah (BFS)

Terakhir, ada pinjaman online syariah dari Berkah Fintek Syariah (BFS), yang akan memberikan pembiayaan untuk usaha kecil menengah (UKM) dan industri kecil menengah (IKM) di bidang peternakan, perikanan, dan properti syariah bersubsidi.

Pembiayaannya memakai akad wakalah bi al ujrah, akad murabahah, mudharabah, dan musyarakah. Penggunanya dapat mengajukan pinjaman secara online melalui aplikasi Berkah Finteck Syariah dan dana pinjaman bisa digunakan untuk membeli dan menyewa barang, misalnya rumah subsidi syariah, mobil, sepeda, dan barang lainnya.

Sekian berita fintech Indonesia kali ini tentang daftar pinjaman online syariah langsung cair dan anti riba yang perlu kamu ketahui. Selamat mencoba ya!

Baca juga: Berita Fintech Indonesia: Prospek Fintech Syariah Indonesia

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Online Terbaik – Tips Jaga Diri Kala Pancaroba Datang

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi online terbaik menjadi salah satu solusi memproteksi diri kala musim pancaroba datang kerap membawa penyakit. Perubahan cuaca dan suhu udara di...

Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM jadi Fokus Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM, jadi fokus pemerintah untuk memacu peningkatan produktivitasnya. Bank Indonesia menyampaikan dalam acara perhelatan internasional Presidensi G20,...

Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA dan BRI, Cek di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, Rabu (5/10/2022), menurut kurs yang tersedia, menguat pada level Rp 15.248 di perdagangan pasar spot. Adapun rupiah...

Pertumbuhan Investor Pasar Modal Asal Sumatera Utara Meningkat 30,41 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Pertumbuhan investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai  memiliki potensi. Terbukti, investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara...

Berita Bitcoin Hari Ini: Wuih, Bitcoin Kembali ke US$20.000!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini datang dengan kabar menggembirakan. Pasalnya, Bitcoin kembali menyentuh level US$20.000. Sebagai informasi, harga mayoritas kripto utama kembali pada...
LANGUAGE