26 C
Jakarta
Selasa, 31 Januari, 2023

Berita Kripto Hari Ini: VCGamers Hadirkan Launchpad yang Terintegrasi dengan Blockchain

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini terkait  VCGamers yang mengumumkan peluncuran produk terbaru mereka, yakni Launchpad.

Perusahaan Web3 social commerce platform terkemuka di Indonesia ini menyatakan, Launchpad adalah sebuah platform distribusi game yang terintegrasi dengan ekosistem blockchain dan terhubung dengan komunitas game. 

Berikut ini berita kripto hari ini selengkapnya, seperti dinukil dari Liputan6.com, Rabu (25/1/2023).

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Genesis Capital dan Gemini Diperiksa SEC, Ini Penyebabnya

Berita Kripto Hari Ini: Hadir untuk Mengembangkan Project Developer Game

Menurut CEO VCGamers, Isya Sony Subrata, Launchpad hadir untuk mengembangkan project developer game dalam membangun komunitas dan mendapatkan sumber penghasilan alternatif lewat teknologi blockchain.

“Kami sangat senang untuk memperkenalkan Launchpad ke pasar, karena ini merupakan langkah penting bagi industri game di Indonesia,” ucap Isya dalam siaran pers. 

Ia menambahkan, platform tersebut akan memungkinkan developer game lokal untuk terhubung dengan para gamers dan komunitas game yang lebih luas serta memberikan mereka kesempatan untuk memonetisasi game mereka melalui penggunaan teknologi blockchain.

Launchpad juga memungkinkan para developer game, baik indie maupun publisher, untuk memperdagangkan aset digital in-game items di awal sebelum game itu resmi dirilis. 

Pada sisi teknologi blockchain-nya, imbuhnya, game developer bisa menawarkan proof of ownership dan sebaran in-game items secara transparan dan terdesentralisasi. 

“Harapannya, launchpad ini dapat membantu game developer untuk bisa jualan, menjangkau gamers bahkan sampai ke global, sehingga akhirnya dapat membantu proses pengembangan,” tuturnya.

Proyeksi Pendapatan

Adapun untuk berkontribusi, developer atau publisher bisa mendaftarkan game mereka dengan mengisi informasi di halaman utama Launchpad.

Sesudah pendaftaran, developer akan terhubung langsung dengan ahli blockchain dan komunitas untuk mengembangkan game mereka dari perspektif komunitas.

Peluncuran Launchpad datang pada masa yang krusial bagi industri game di Indonesia. Menurut Asosiasi Esport Indonesia, pendapatan industri ini diproyeksikan mencapai USD 1,5 miliar atau setara Rp 22,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.015 per dolar AS) pada 2025. 

Dengan popularitas teknologi blockchain yang meningkat, platform ini bertujuan untuk memberikan para developer game dengan alat dan sumber daya yang dibutuhkan untuk kompetitif di pasar game global.

Di sisi lain, VCGamers terus berinovasi dan mendukung ekosistem game di Indonesia dan berkomitmen untuk menghubungkan developer game lokal dengan komunitas game untuk menampilkan yang terbaik dari game Indonesia ke dunia.

berita kripto hari ini

Berita Kripto Hari Ini: Sederet Fakta Bangkrutnya Genesis Capital

Sebelumnya diberitakan, pemberi pinjaman kripto Genesis Global Capital mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11 di New York pada Jumat (20/1/2023) lalu.

Perusahaan ini pun menjadi yang terbaru di industri yang mengajukan kebangkrutan karena dampak dari jatuhnya harga kripto tahun lalu.

Adapun dalam kebangkrutannya, tersimpan beberapa fakta dari Genesis Global Capital sebagai salah satu pemain besar dalam industri kripto. Berikut ini sederet faktanya.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Genesis Resmi Ajukan Perlindungan Kebangkrutan

Miliki Lebih dari 100 Ribu Kreditur

Melangsir Yahoo Finance, pengajuan itu memperkirakan perusahaan memiliki antara USD 1 miliar atau setara Rp 15 triliun (asumsi kurs Rp 15.029) hingga USD 10 miliar atau setara Rp 150,5 triliun aset.

Dari total aset yang dimiliki, Genesis pun memiliki kewajiban membayar sekitar USD 1 miliar hingga USD 10 miliar, dengan lebih dari 100.000 kreditor yang diperkirakan. 

Alami Kerugian Besar sejak Tahun Lalu

Rencana pengajuan Bab 11 sudah lama datang untuk Genesis, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Digital Currency Group (DCG), ini mengalami kerugian besar mulai Juni tahun lalu dan akhirnya tidak dapat lagi beroperasi setelah runtuhnya pertukaran kripto FTX.

Pada November tahun lalu, Genesis Capital sempat membekukan penarikan terdampak dari penurunan harga kripto yang ekstrem hingga terdampak berbagai runtuhnya perusahaan kripto lainnya. 

Jadi Kreditur Pertukaran Kripto FTX

Perusahaan pemberi pinjaman kripto Genesis Global Capital ternyata adalah kreditur tanpa jaminan terbesar dari FTX.com dan perusahaan afiliasi FTX. 

Melangsir Yahoo Finance, Genesis Global Capital memimpin “Daftar 50 Teratas” yang mewakili FTX dan kreditur utama perusahaan afiliasinya, karena berutang USD 226,3 juta atau setara Rp 3,4 triliun (asumsi kurs Rp 15.029 per dolar AS), menurut pengajuan pengadilan.

FTX menyatakan bangkrut pada 11 November, menyebabkan gejolak besar di seluruh sektor kripto yang juga berdampak pada berbagai perusahaan kripto lainnya. 

Sempat Diselidiki SEC

Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) mengumumkan mereka telah memeriksa perusahaan kripto Genesis Global Capital LLC dan Gemini Trust Company LLC atas penawaran dan penjualan sekuritas yang tidak terdaftar kepada investor ritel melalui program peminjaman aset kripto Gemini Earn. 

Lewat penawaran yang tidak terdaftar ini, Genesis dan Gemini mengumpulkan aset kripto senilai miliaran dolar dari ratusan ribu investor. 

SEC menjelaskan pada Desember 2020, Genesis menandatangani perjanjian dengan Gemini untuk menawarkan kepada pelanggan Gemini, termasuk investor ritel di AS, kesempatan untuk meminjamkan aset kripto mereka ke Genesis dengan imbalan janji Genesis untuk membayar bunga.

Kedua perusahaan menawarkan program peminjaman cryptocurrency Gemini Earn kepada investor ritel antara Februari 2021 hingga November 2022.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Pengguna Binance Sekarang Bisa Beli Kripto lewat Apple Pay

Sekian ulasan tentang berita kripto hari ini yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Investasi Sektor Manufaktur Naik 52 Persen di Tahun 2022, Tembus Rp497,7 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi pada sektor industri manufaktur di Tanah Air terus meningkat meski di tengah dinamika geopolitik dunia yang menyebabkan ketidakpastian ekonomi global....

Daftar HP Samsung Terbaru 2023 Dari Berbagai Seri

JAKARTA, duniafintech.com - Samsung dikenal sebagai salah satu merek ponsel pintar atau HP favorit banyak orang, terutama bagi para pengguna sistem operasi Android. Pasalnya,...

Sri Mulyani Upayakan Sinergi APBN Kembangkan Produktivitas UMKM

JAKARTA, duniafintech.com - Sinergi APBN sebagai instrumen keuangan negara dengan para pelaku usaha menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat mengamplifikasi pemulihan ekonomi Indonesia. Berkaitan dengan...

Moncer! Ekspor Mobil Surplus Capai 64 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Industri otomotif ekspor mobil surplus merupakan salah satu sektor manufaktur yang strategis karena berperan penting dalam upaya menopang perekonomian nasional.  Juru Bicara...

Berikan PMN, Sri Mulyani Minta BTN Penuhi Kebutuhan Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hak untuk mendapatkan tempat tinggal, termasuk dari BTN, yang layak diatur dalam undang-undang. Namun...
LANGUAGE