29.9 C
Jakarta
Minggu, 21 April, 2024

Berita Kripto Hari Ini: Sejak 2013, Kapitalisasi Pasar Kripto Melonjak 80.466 Persen

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini terkait kapitalisasi pasar kripto yang melonjak 80,466 persen sejak tahun 2013 silam.

Adapun sembilan tahun sembilan bulan yang lalu, tepatnya pada 9 Mei 2013, data coinmarketcap mencatat hanya ada 14 aset cryptocurrency tercatat di situs tersebut. 

Kala itu, kapitalisasi pasar kripto keseluruhan hanya senilai USD 1,32 miliar atau setara Rp 20,1 triliun (asumsi kurs Rp 15.249 per dolar AS).

Berikut ini berita kripto hari ini selengkapnya, seperti dinukil dari Liputan6.com.

Baca juga: Investasi Kripto yang Menguntungkan Tahun Ini, Cek Yuk!

Berita Kripto Hari Ini: Ada 22.790 Aset Kripto

Melangsir Bitcoin.com, Jumat (3/3/2023), situs coinmarketcap pada hari ini menunjukkan ada 22.709 aset kripto.

Di samping itu, kapitalisasi pasar ekonomi kripto telah tumbuh secara signifikan, meningkat sebesar 80.466 persen sejak 2013. 

Adapun kapitalisasi pasar kripto saat ini sebesar USD 1.077 triliun atau setara Rp 16.423 triliun, dibandingkan Rp 20,1 triliun pada 2023.

Banyak dari 14 koin ini telah dilupakan dan sejumlah besar aset kripto teratas saat ini tidak ada seperti ethereum, bnb coin, solana, cardano, tether, usd coin, dan avalanche. Stablecoin tidak ada pada waktu itu juga belum ada.

Pada 2013, kapitalisasi Bitcoin hanya sekitar USD 1,24 miliar atau setara Rp 18,9 triliun dengan 11,13 juta bitcoin beredar pada saat itu.

Kini, kapitalisasi Bitcoin sebesar USD 454 miliar atau setara Rp 6.293 triliun, menyumbang 42,2 persen dari keseluruhan kapitalisasi pasar kripto.

Pada tahun 2013, hanya ada segelintir pertukaran kripto dan beberapa di antaranya tidak jelas.

Dompet mata uang digital juga sedikit dan jarang, dan secara keseluruhan, infrastruktur ekonomi kripto sembilan tahun yang lalu adalah cangkang seperti sekarang ini. 

Lalu, tahun 2022 menjadi tahun yang sulit di sektor kripto dan sejumlah besar bisnis tumbang karena keterpurukan.

Namun, terlepas dari keruntuhan dan ratusan miliar yang menguap dari pasar, pasar kripto telah tumbuh besar dari 2013.

Di samping internet itu sendiri, tidak banyak sektor yang mengalami pertumbuhan 80.466 persen dalam waktu kurang dari 10 tahun. 

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: BUSD Terlempar dari Jajaran 10 Kripto Teratas

Berita Kripto Hari Ini: Kenalan dengan Tap Coin, Kripto Ekosistem Besutan The Tap Project

The Tap Project (TTT) adalah proyek berbasis blockchain yang di-hosting di blockchain Ethereum dan bertujuan untuk memberikan solusi unik di dunia game.

berita kripto hari ini

Melangsir NewsBTC, Jumat (3/3/2023), The Tap Project disiapkan untuk menjadi token utilitas penuh yang melayani seluruh pasar game.

Daripada memiliki banyak token digital lama untuk setiap judul atau perusahaan game, semua mata uang dalam game akan didesentralisasi menjadi satu “mata uang game” yang kemudian dapat ditukar dengan cryptocurrency lain atau bahkan dengan uang fiat.

Ekosistem TTT memiliki kripto utilitas sendiri yang dinamakan Tap Coin sebagai pengganti token dalam game. Tap Coin digunakan sebagai saluran untuk monetisasi token tersebut.

Gamer akan dapat mentransfer koin game yang diperoleh dengan susah payah ke dalam Tap Coins yang memberi mereka akses ke pasar pertukaran mata uang. Di satu sisi, TTT menyediakan platform insentif bagi para gamer untuk mendapatkan hadiah karena memainkan game favorit mereka.

Ekosistem Tap Project terdiri dari Game Developers, Gamer, Cryptocurrency Exchanges, dan Tap Project Network. Hubungan inti dalam ekosistem ada antara TTT dan Pengembang Game. Dengan membentuk kemitraan dengan Pengembang Game, kerangka kerja monetisasi berbasis blockchain dapat dibuat.

Tap Project percaya bahwa Pengembang Game memiliki banyak keuntungan dengan bermitra dengan mereka. Pertama, Pengembang Game ini akan meningkatkan eksposur untuk judul mereka. Ini adalah sesuatu yang sangat hilang di pasar karena banyak yang tidak memiliki dana untuk melaksanakan kampanye periklanan yang ketat.

Sekilas tentang Tap Coin

Tap Coin adalah mata uang asli dari jaringan Tap Project. Tap Coin adalah token standar ERC20 yang artinya didukung oleh berbagai opsi dompet dan dapat berfungsi dengan mulus di proyek berbasis Ethereum lainnya yang notabene merupakan persentase yang luar biasa dari semua proyek berbasis blockchain dan mata uang kripto.

Tap Coin dapat dibeli, dijual, dan ditukar dengan uang fiat di bursa cryptocurrency. Total pasokan Tap Coin dibatasi hingga 1,5 miliar token.

Baca juga: Koin Kripto yang akan Naik, Apa Saja? Ini Daftarnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE