32.4 C
Jakarta
Minggu, 14 April, 2024

Investasi Kripto yang Menguntungkan Tahun Ini, Cek Yuk!

JAKARTA, duniafintech.com – Investasi kripto yang menguntungkan tahun ini akan sangat penting diketahui oleh para investor aset kripto.

Bukan itu saja, para trader dan investor aset kripto ini harus tahu rekomendasi aplikasi terbaik yang dapat digunakan untuk bertransaksi.

Nah, untuk mengetahui daftar selengkapnya dari investasi kripto yang menguntungkan tahun ini, simak ulasan berikut.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: BUSD Terlempar dari Jajaran 10 Kripto Teratas

Apa Itu Kripto?

Adapun cryptocurrency atau crypto adalah mata uang virtual yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan cryptography untuk mengamankan transaksi keuangan.

Mata uang ini mulai beredar dan populer bukan hanya di Indonesia, melainkan juga di luar negeri.

Aset yang satu ini juga berbeda dengan mata uang konvensional. Pasalnya, mata uang crypto bersifat lebih desentralisasi sehingga tidak ada perantara dalam transaksi.

Sederhananya, transaksi aset kripto akan dilakukan secara langsung oleh dua pihak bersangkutan, yaitu antara si pengirim dan penerima.

Investasi Kripto yang Menguntungkan Tahun Ini

Bitcoin

Bitcoin (BTC) hingga saat ini masih menjadi aset kripto paling populer di dunia hingga saat ini. Kapitalisasi pasarnya bahkan lebih dari US$1,1 triliun.

Jika Bitcoin ini sebuah perusahaan maka ia akan lebih besar ketimbang Meta Platform dan Tesla.  Di samping itu, Bitcoin pun terus menikmati keuntungan menjadi aset kripto pertama yang lebih diterima secara luas daripada koin digital lainnya, khususnya karena ia sudah ada lebih lama.

Aset digital yang satu ini bahkan dipandang oleh beberapa investor sebagai aset lindung nilai yang baik terhadap inflasi karena jumlah token beredarnya akan tetap sebanyak 21 juta.

Ethereum

Adapun kapitalisasi pasar Ethereum (ETH) sejauh ini sudah lebih dari US$500 miliar alias kurang dari setengah ukuran Bitcoin.

Namun, banyak orang percaya bahwa Ethereum akan menjadi Bitcoin berikutnya. Keunggulan utamanya terletak pada utilitas dunia nyatanya.

Blockchain yang menjadi landasannya mendukung kontrak pintar yang bisa digunakan dalam berbagai aplikasi.

Secara khusus, Ethereum sangat pas untuk membuat non-fungible token (NFT). Di masa depan, aset kripto yang satu ini kemungkinan mampu menyalip kapitalisasi pasar Bitcoin karena posisinya saat ini terbilang baik.

Binance Coin

Mengoperasikan pertukaran aset kripto terbesar di dunia, yakni Binance, akan sangat masuk akal bahwa Binance Coin (BNB) menjadi koin digital terpopuler ketiga di pasar. 

Koin asli di bursa Binance ini sudah memiliki kapitalisasi pasar lebih dari US$96 miliar.  Para investor yang membayar biaya transaksi dengan Binance Coin akan menerima diskon.

Nah, setiap kuartal, Binance akan mengurangi pasokan koin digital berdasarkan volume perdagangan, dengan tujuan untuk meningkatkan nilainya. 

Tether

Di daftar selanjutnya ada Tether (USDT), dengan kapitalisasi pasar lebih dari US$73 miliar.

Namun, di antara stable coin, Tether menempati posisi teratas. Seperti diketahui, semua stable coin mengikat nilainya dengan aset lain dan untuk Tether, aset itu adalah dolar Amerika Serikat.

Tether bisa disebut juga sebagai crypto-dollar karena ia meniru dolar AS dalam mempertahankan nilainya. 

Akan tetapi, ada beberapa kontroversi, di antaranya apakah Tether mempunyai cadangan yang cukup untuk mendukung semua koin digitalnya.

Departemen Keuangan AS belum diketahui sudah meminta Kongres untuk mengambil tindakan untuk mengatasi risiko yang bisa ditimbulkan pada ekonomi oleh stable coin seperti Tether.

Solana

Lima aset kripto terpopuler pastinya akan memunculkan nama Solana (SOL). Kapitalisasi pasarnya sendiri saat ini sudah mendekati lebih dari US$65 miliar.

Solana pun sudah menjadi pemenang terbesar dari cryptocurrency teratas ini selama setahun terakhir dengan keuntungan lebih dari 10.000 persen. 

Hingga kini, banyak investor telah berbondong-bondong mengambil Solana sebagai alternatif Ethereum.

Kedua blockchain ini memang mendukung kontrak pintar, tetapi Solana sendiri menawarkan kecepatan pemrosesan yang jauh lebih cepat dan biaya transaksi yang lebih rendah ketimbang Ethereum.

Avalanche

Bersama dengan Solana, Avalanche menjadi contoh lain dari kripto yang punya tujuan yang jelas, berbeda dengan koin meme seperti Dogecoin—yang tidak memiliki tujuan sama sekali.

Avalanche merupakan salah satu dari banyak proyek yang berusaha untuk menggantikan Ethereum sebagai salah satu platform blockchain yang paling banyak digunakan.

Blockchain, bagian dari teknologi yang mendasari aset kripto, menyimpan informasi—seperti riwayat transaksi cryptocurrency—dengan memastikan bahwa tidak ada individu atau kelompok yang memiliki kendali atas informasi dimaksud. 

Adapun dana US$220 juta telah diluncurkan untuk mendanai pengembangan Avalanche, yang menawarkan transaksi yang jauh lebih cepat ketimbang Ethereum.

USD Coin

Jenis cryptocurrency yang satu ini disebut sebagai stablecoin. Kamu selalu bisa menukarkan 1 USD Coin seharga US$1,00, dengan harga yang stabil.

Di Coinbase, misalnya, pelanggan yang memenuhi syarat bisa memperoleh hadiah untuk setiap USD Coin yang dipegang.

Nah, setiap USDC didukung oleh satu dolar/aset dengan nilai wajar yang setara, yang disimpan dalam rekening di lembaga keuangan yang diatur AS. 

Rekomendasi Aplikasi Trading Kripto Terbaik untuk Investasi Kripto yang Menguntungkan Tahun Ini

Indodax

Rekomendasi pertama di daftar ini adalah Indodax, yang merupakan platform trading aset kripto pertama buatan Indonesia yang memperoleh tiga sertifikasi internasional.

Indodax juga punya lebih dari 5,5 juta user member dan juga telah terverifikasi Bappebti. Bagi kamu yang penasaran ingin mencoba trading di Indodax, kamu bisa mengunduh aplikasinya agar kamu dapat segera melakukan transaksi jual beli bitcoin dan koin kripto lainnya.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa melakukan transaksi jual beli aset kripto dengan mudah dan aman. Di sini, memperdagangkan Bitcoin, Ethereum, dan jenis aset kripto lainnya bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, baik bagi pengguna iOS maupun Android.

Baca juga: Koin Kripto yang akan Naik, Apa Saja? Ini Daftarnya

Di sisi lain, dengan komitmen untuk menjadi yang terpercaya dan teraman, Indodax juga menjadi pionir aplikasi trading kripto terbesar di Indonesia.

Adapun layanan trading bitcoin dan aset kripto lainnya selama 24 jam nonstop menjadi nilai lebih Indodax daripada beberapa kompetitornya.

Uniknya lagi, Indodax pun menawarkan fitur chat khusus antar sesama trader yang ingin berdiskusi menyoal dunia kripto.

Pastinya hal tersebut akan menguntungkan sebab dapat menambah pengetahuan dan pengalaman baru yang dapat dibagikan untuk menghasilkan keuntungan.

Pintu

Selanjutnya ada aplikasi Pintu, yang merupakan sebuah platform jual beli aset kripto yang memiliki desain pengguna yang simpel sehingga gampang digunakan dan sangat pas bagi untuk pemula.

Platform ini adalah aplikasi trading yang juga mudah digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Di platform ini, nasabah hanya perlu melakukan deposit dengan nominal yang tidak terlampau besar sehingga dapat lebih terjangkau oleh masyarakat umum

Keunggulannya terletak pada desain UI dan UX yang intuitif, tersedia pilihan token atau koin beragam, dan proses deposit awal serta penarikannya sangat mudah.

Investasi Kripto yang Menguntungkan Tahun Ini

Zipmex

Aplikasi trading kripto yang satu ini bisa membuat kamu nyaman untuk mendapatkan cuan. Juga tersedia di Singapura, Australia, dan Thailand, aplikasi Zipmex di Indonesia telah terdaftar di Bappebti.

Maka dari itu, aplikasi ini pastinya aman untuk digunakan oleh para trader. Zipmex pun menyediakan asuransi dengan nominal hingga mencapai USD100.

TokoCrypto

Telah ada sejak 2017 lalu dan berada di bawah naungan perusahaan Crypto Indonesia, aplikasi yang satu ini terafiliasi dengan Binance Cloud.

TokoCrypto sejauh ini memiliki lebih dari 2 juta lebih pengguna yang terdaftar. Pertumbuhan penggunanya pun cukup signifikan.

Hal itu karena proses akses yang simpel sehingga pengguna dibantu supaya bisa menggunakan aplikasi trading yang satu ini dengan mudah.

Triv

Aplikasi berikut ini  menawarkan layanan transaksi aset digital 24 jam non stop. Di platform ini, saat kamu memasukkan dana ke aplikasi ini, biasanya akan dikonversikan ke mata uang rupiah.

Triv pun bisa membantumu untuk melakukan proses penarikan secara cepat, kapan dan di mana pun.

Nah, untuk jenis koin yang diperdagangkan, Triv pun menyediakan variasi koin kripto yang beragam dan memiliki nilai tukar yang cukup kompetitif.

Rekeningku

Rekomendasi selanjutnya di daftar ini adalah salah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang memperdagangkan beragam aset crypto.

Rekeningku menyediakan lebih dari 40 jenis koin kripto, di antaranya Bitcoin, Ethereum, Stellar, dan yang lainnya.

Dengan pola keamanan two factor authentication dan deposit yang sangat ringan, pengguna aplikasi ini bisa lebih aman dan nyaman saat menggunakannya.

Rekeningku juga sudah terdaftar di Bappebti dan Kominfo sehingga pasti terjamin keamanannya.

Luno

Aplikasi bitcoin berikut ini dapat menjadi salah satu rekomendasi aplikasi kripto terbaik sekarang ini.

Luno merupakan sebuah aplikasi trading yang memberikan beberapa penawaran yang menarik yang dapat menggoda para trader, di antaranya deposit dengan jumlah terjangkau, mulai dari Rp50 ribu.

Namun, penting diperhatikan oleh kamu yang menginginkan transaksi di Luno bahwa di sini proses transfer bank yang sedikit tidak mudah.

Pasalnya, prosesnya akan sedikit memakan waktu, yang mungkin saja menjadikan aktivitas transaksi kamu agak terganggu.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Bitcoin Cs Melemah, Simak Daftar Harganya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE