29 C
Jakarta
Sabtu, 13 Agustus, 2022

Berita Kripto Hari Ini: Perlindungan Konsumen Kripto Sangat Penting

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini membahas seputar pentingnya perlindungan konsumen kripto. 

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dan asosiasi konsumen aset kripto Indonesia Crypto Consumer Association (ICCA) menekankan pentingnya perlindungan bagi konsumen kripto tersebut. 

Kedua pihak ini sepakat bahwa hal ini membutuhkan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan terkait. Hal itu agar industri aset kripto agar dapat terus bertumbuh kembang secara sehat di Indonesia.

Inilah ulasan berita kripto hari ini. 

Berita Kripto Hari Ini

Mendag dan Asosiasi Sepakat Soal Perlindungan Kripto –Berita Kripto Hari Ini

Berikut ini berita kripto hari ini:

1. Berita Kripto Hari Ini: Perlindungan Konsumen Kripto Sangat Penting 

Mendag dan Asosiasi sebut pentingnya perlindungan konsumen kriipto. Hal itu agar industri aset kripto agar dapat terus bertumbuh sehat.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dan asosiasi konsumen aset kripto Indonesia Crypto Consumer Association (ICCA) menekankan pentingnya perlindungan bagi konsumen kripto.

Dikutip dari keterangan pers yang diterima pada Jumat (29/7/2022) kemarin, kedua pihak ini sepakat bahwa hal ini membutuhkan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan terkait. Hal itu agar industri aset kripto agar dapat terus bertumbuh kembang secara sehat di Indonesia.

“Pertemuan dengan ICCA berlangsung dengan penuh semangat dan antusiasme karena didominasi generasi muda. Saya mengajak ICCA berdiskusi tentang perlindungan konsumen kripto. Selain itu, Kemendag juga berencana bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait untuk melakukan peningkatan literasi perdagangan kripto di Indonesia,” kata Zulkifli. 

Baca jugaBerita Kripto Hari Ini: Intip Kerja Kripto Teratas Sepanjang Kuartal II

Lebih lanjut, Kementerian Perdagangan merupakan lembaga pemerintah yang memiliki hubungan cukup erat dengan industri aset kripto. 

Di Indonesia, kripto secara resmi diakui sebagai sebuah aset, sehingga seluruh industri dan regulasi yang terkait secara langsung dikendalikan oleh kementerian tersebut.

Selain itu, sebagai industri yang sangat terkait dengan keadaan ekonomi secara makro, industri aset kripto cukup terpengaruh dengan pemerintah dan kebijakan yang diambil.

Hal ini yang kemudian mendorong ICCA untuk terus mendukung dan berkolaborasi bersama pemerintah untuk memajukan industri kripto dan ekonomi Indonesia di masa mendatang.

Ketua ICCA Rob Raffael Kardinal menyampaikan urgensi akan pentingnya pengawasan dan perlindungan konsumen kripto demi terciptanya ekosistem kripto yang aman dan sehat. 

Baca jugaRupiah Digital Segera Diluncurkan, Pelaku Industri Kripto Respon Baik

“Sebagai industri yang hingga saat ini sudah memiliki lebih dari 15 juta pengguna di Indonesia tentunya perlindungan terhadap para konsumen ini menjadi hal penting yang kita akan terus dorong untuk menciptakan industri yang sehat dan pastinya aman bagi para pelakunya,” kata Rob.

“Kami pastinya sangat mengapresiasi dan pastinya mendukung berbagai inisasi yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan dalam mendukung tumbuhkembangnya industri kripto di Indonesia, oleh karena itu kami pastinya siap untuk terus berdiskusi dan mendukung pemerintah dalam mengembangkan industri aset kripto di Indonesia,” imbuh dia. 

2. Investor Kripto Indonesia Tembus 14 Juta Orang

Di sisi lain, investasi aset kripto semakin diminati oleh masyarakat Indonesia, meskipun saat ini kondisi pasar kripto global mengalami tekanan di tengah tren bearish.

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan merilis laporan terbaru terkait jumlah investor aset kripto di Indonesia dan transaksi perdagangan yang dihimpun sampai Mei 2022. 

Dalam laporan tersebut, Bappebti menyebutkan dari akhir Desember 2021 sampai Mei 2022, terdapat penambahan hampir 3 juta investor dari 11,2 juta sekarang mencapai 14,1 juta investor.

Sementara, untuk jumlah transaksi perdagangan aset kripto di Indonesia, selama periode Januari hingga Mei 2022 sudah mencapai Rp 192 triliun. 

Jika dibandingkan dengan jumlah transaksi pada 2021 dengan masa periode yang sama, terjadi penurunan. Pada Mei 2021, jumlah transaksi aset kripto mencapai Rp 370 triliun.

Itulah berita kripto hari ini yang membahas soal dukungan serta perkembangan investor kripto di Indonesia. Saat ini, kripto menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak digandrungi masyarakat dunia, terutama juga Indonesia. 

Untuk memulai trading kripto, Anda harus memahami lebih dulu apa itu aset kripto hingga tips-tips lainnya. Di Indonesia, salah satu crypto exchange terbesar Indodax juga menyediakan platform edukasi yang bernama Indodax Academy. Anda bisa langsung belajar dan trading di sini

Baca jugaBerita Kripto Hari Ini: Sri Mulyani Terima Pajak Rp48 M, Awalnya Ogah

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Top Up OVO lewat Bank Danamon, Bisa Mobile Banking Juga

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Bank Danamon berikut ini sangat penting untuk kamu ketahui sebagai pengguna kedua layanan ini. Seperti diketahui bersama,...

Cara Mengatasi SMS Banking Mandiri Terblokir dengan Mudah

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengatasi SMS Banking Mandiri terblokir sangat penting diketahui oleh para nasabah Bank Mandiri yang mengalaminya. Sebagaimana diketahui, pada era yang serba...

Cara Isi Pulsa lewat ATM BCA, Mudah sesuai Kebutuhan

JAKARTA, duniafintech.com – Cara isi pulsa lewat ATM BCA berikut ini sangat penting diketahui oleh para nasabah setia Bank BCA. Caranya mudah kok! Seperti diketahui,...

Pelaku Industri Kini Bisa Usul Penambahan & Pengurangan Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Pelaku industri kripto kini dapat mengusul penambahan dan pengurangan aset kripto, menyusul adanya aturan terbaru dari pemerintah.  Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas...

Deretan Marketplace NFT Terbaik di Dunia: OpenSea hingga Axie

JAKARTA, duniafintech.com - Marketplace NFT atau non-fungible token terbaik di dunia berikut ini tentu saja sangat penting untuk Anda ketahui. Marketplace terbaik, tentunya memiliki banyak...
LANGUAGE