27.8 C
Jakarta
Sabtu, 20 Agustus, 2022

Block Batam Selesai, Indonesia Tunjukkan Kesiapan Penerapan Blockchain!

duniafintech.com – Mengusung tema “Creating the Blockchain Capital of South East Asia”, penyelenggaraan konferensi Blockchain Batam atau Block Batam pada tanggal 20 Agustus 2019 berjalan dengan meriah dan lancar. Acara Block Batam ini bertujuan untuk melihat seberapa jauh persiapan Indonesia dalam upaya penerapan teknologi Blockchain, khususnya pada kota Batam.

Baca juga : Dukung Digital Payment, Bank Indonesia Percepat Implementasi QRIS

Konferensi ini mengundang lebih dari lima belas pembicara dari berbagai institusi yang berbeda seperti Badan Pengusahaan Batam, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Indonesia Digital Asset Exchange (INDODAX), dll.

Pada saat pembukaan acara, Edy Putra Irawady selaku Kepala Badan Pengusahaan Batam mengungkapkan konferensi ini adalah tempat yang ideal untuk menemukan solusi dan berbagi wawasan terbaru terkait perkembangan teknologi Blockchain di masa depan. Di sela-sela paparannya, Edy juga menerangkan bahwa di bulan September 2017, Presiden Republik Indonesia telah mendeklarasikan Batam sebagai Jembatan Digital Indonesia-Singapura.

“Pertemuan berbagai pemangku kepentingan dan penggiat blockchain hari ini adalah yang kami tunggu-tunggu. Kami sangat senang dapat menjadi tuan rumah salah satu acara konferensi terbesar Blockchain ini. Tentu pula ini menjadi momen yang baik mengingat Kota Batam sendiri adalah Zona Ekonomi Digital dan salah satu smart cities di Indonesia. Dan semua pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan dari pemerintah pusat” ungkap Edy Putra Irawady.

Diskusi tentang masa depan industri Blockchain pada sesi pertama Block Batam dibuka dengan presentasi dari Oscar Darmawan selaku CEO Indodax. Beliau mengutarakan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia telah mengetahui apa itu aset digital. Selain itu, teknologi blockchain sebagai salah satu temuan terbesar setelah internet, tentu dapat diimplementasikan di Indonesia. Alasannya adalah struktur demografi Indonesia didominasi anak muda yang selalu haus akan inovasi baru serta telah adanya dukungan dari kalangan pemerintah.

“Dalam upaya menggaet kalangan milenial, kami memiliki program Indodax Academy”, tambah Oscar.

Di samping itu, Staf Ahli Bidang Hubungan Ekonomi dan Kemaritiman, Dr. Edi Prio Pambudi juga mengajak peserta untuk lebih memiliki spirit dalam mengkaji Blockchain sesuai dengan prospek kerangka regulasi yang telah ada. Konsistensi dalam memahami blockchain menurutnya adalah bagian terpenting dari upaya menciptakan efisiensi dalam proses berbisnis, termasuk di dunia medis. Edi mencontohkan bahwa seorang dokter ada baiknya didorong untuk mengenal lebih jauh pengembangan teknologi ini.

“Jaminan integritas di berbagai kalangan profesi juga turut menjadi perhatian kita, dikarenakan blockchain mengenalkan kita pada teknologi ledger yang terdistribusi” tambahnya.

Di sesi lain Block Batam perwakilan dari berbagai institusi lain lebih banyak membahas terkait hubungan solusi bisnis blockchain terhadap upaya peningkatan kesejahteraan sosial. Alhasil, peserta mendapatkan kejelasan bagaimana kondisi pasar blockchain saat ini, cara praktis penerapan blockchain di sektor publik dan swasta, serta strategi yang dibutuhkan agar terus dapat bersaing di era digital dengan teknologi blockchain.

Baca juga : Masih Bingung Dengan Blockchain? Ini Analoginya Di Kehidupan Nyata

-Dinda Luvita-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Luhut: Presiden Akan Umumkan Kenaikan Harga BBM Subsidi

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan kenaikan harga BBM subsidi jenis...

Bahaya! Kejahatan Siber Serang Akses Keuangan Digital

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta kepada seluruh pihak untuk mewaspadai adanya risiko keamanan terhadap kejahatan siber di era keuangan digital ditengah...

Cara Erick Thohir Stabilkan Harga Tiket Pesawat

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir secara intens berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terkait upaya pemerintah...

Mendag Targetkan Satu Juta UMKM Gunakan Digitalisasi di Tahun 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Perdagangan menargetkan penerapan digitalisasi di 1000 pasar rakyat dan 1.000.000 UMKM di seluruh Indonesia pada tahun 2022. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan...

Cara Mengatasi Kartu ATM Mandiri tidak Diizinkan, Mudah Loh!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengatasi kartu ATM Mandiri tidak diizinkan sejatinya bisa dilakukan dengan beberapa panduan yang sangat mudah. Pengguna kartu ATM Mandiri sendiri bisa...
LANGUAGE