25 C
Jakarta
Sabtu, 21 Mei, 2022

Wow, Blockchain dan AI Semakin Dilirik Buat Lahan Pertanian!

duniafintech.com – Kejayaan Blockchain kian bertumbuh. Hal itu dibuktikan oleh Microsoft  yang mengadopsi Blockchain sekaligus Platform AI untuk lahan pertanian di Brasil.

Microsoft telah mendaftarkan serangkaian aplikasi di Brasil yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi di sektor pertanian, menurut laporan eksklusif oleh Cointelegraph Brazil pada 6 Juni.

Teknologi ini, yang dikenal sebagai FarmBeats, menggunakan blockchain, drone, IoT, kecerdasan buatan dan data besar untuk meningkatkan produktivitas. Dimana sudah diluncurkan di lahan pertanian di Amerika Serikat, India, New Zealand dan Kenya. Terobosan ini menghasilkan pencapaian efisiensi pada pemakaian air, yakni berkurang 30% dalam konsumsi air.

Baca

Ranveer Chandra, ilmuwan yang menciptakan FarmBeats, baru-baru ini mengatakan bahwa sektor pertanian tertinggal oleh manfaat big data, yang dapat dibawa oleh AI dan blockchain. Bahkan diklaim bahwa survey telah memperlihatkan lebih banyak transformasi digital walaupun pada ranah industri yang lebih kecil. Dia mengatakan kepada majalah bisnis dan ekonomi Epoca Negocios:

“Brasil adalah salah satu negara pertama yang muncul ketika kita berpikir tentang pertanian. Kami mengembangkan FarmBeats sehingga teknologinya dapat diterapkan di sini dan di negara berkembang lainnya. ”

Teknologi ini dianggap sangat penting karena para petani berjuang untuk mencari nafkah sambil bersaing dengan iklim yang berubah dan meningkatnya permintaan akan produk, tulis Epoca Negocios. Chandra menjelaskan bahwa produksi perlu meningkat 70% dalam 30 tahun ke depan sehingga kebutuhan pangan global akan dipenuhi.

Ilmuwan telah meminta pemerintah Brazil untuk merangkul teknologi dan mensubsidi dalam cara yang mirip dengan peralatan pertanian dan pupuk. Selain membantu petani menggunakan sumber daya secara lebih efektif, FarmBeats mengklaim dapat meningkatkan akurasi dan hasil dengan memberikan statistik penting tentang suhu, kelembaban, dan nutrisi di tanah.

Baca

Microsoft telah membuat beberapa terobosan ke dunia blockchain akhir-akhir ini. Bulan lalu, raksasa Amerika Serikat merilis Azure Blockchain Development Kit baru untuk Ethereum blockchain – membantu pengembang yang membangun aplikasi di jaringan.

Juga pada bulan Mei, perusahaan mengumumkan sedang membangun jaringan identitas terdesentralisasi menggunakan jaringan Bitcoin yang dikenal sebagai Identity Overlay Network (ION.)

Baca

picture: pixabay.com

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Utang Luar Negeri RI dari Singapura Turun, Nambah Rp17 Triliun di China

JAKARTA, duniafintech.com - Berdasarkan Statistik utang luar negeri (ULN) Indonesia yang dirilis Bank Indonesia (BI), terdapat 21 negara yang saat ini memberikan pinjaman untuk...

Tips Sri Mulyani Untuk Pengusaha Supaya Ekspor Dijamin Makin Lancar

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan para pelaku ekspor atau eksportir di Tanah Air, Indonesia, harus bisa mengembangkan produk sesuai dengan...

Negara Paling Bangkrut di Dunia, Indonesia Termasuk? Cek ini Faktanya..

JAKARTA, duniafintech.com - Ini dia negara paling bangkrut di dunia. Ada beberapa negara yang bangkrut akibat utang dan mengalami krisis ekonomi yang menyengsarakan. Saat Indonesia...

Aturan Terbaru Mendag Lutfi Setelah Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk mencabut larangan ekspor minyak goreng dan bahan baku turunannya, dan selanjutnya untuk menindaklanjuti hal ini,...

Miskin Sawah Ekspor Beras 19 Ton Arab Saudi, Anies: Ini Bersejarah

JAKARTA, duniafintech.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin pelepasan ekspor 1 kontainer produk beras FS Yasamin ke Riyadh, Arab Saudi. Ekspor 19 ton...
LANGUAGE