28.2 C
Jakarta
Jumat, 9 Desember, 2022

Blockdev.id, Tempat Komunitas Developer Blockchain untuk Kolaborasi Kembangkan Web 3.0

JAKARTA, duniafintech.com – Dunia blockchain di Tanah Air terus mengalami perkembangan. Belakangan, banyak melahirkan pelaku seperti developer yang khusus menangani blockchain.

Kini, para developer itu siap mengembangkan dunia web 3.0. Web 3.0, yang juga dikenal dengan Web3 atau Web 3, adalah salah satu terobosan dalam dunia internet. Kehadiran Web 3.0 tidak hanya secara akurat mampu menafsirkan apa yang dimasukkan di mesin pencarian. Tapi, juga benar-benar memahami semua yang disampaikan, baik itu melalui teks, suara, atau media lain.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Industri Kripto Indonesia sedang Turun, Ini Tanggapan Asosiasi Blockchain

Web 3.0 ini dibangun menggunakan kecerdasan buatan, machine learning, semantic web, dan menggunakan sistem keamanan blockchain untuk menjaga informasi tetap aman dan terlindung. 

Dalam mengembangkan dunia Web 3.0 ini, para developer di Indonesia bersama-sama untuk bahu membahu serta berkolaborasi. Mereka tergabung dalam Blockdev.id dimana Blockdev wadah bagi komunitas, penggemar dan antusiasi serta developer blockchain.

Jagad Marcelleno, salah seorang Consultant Web 3.0 mengatakan bahwa salah satu spirit we 3.0 itu yang paling penting adalah kolaborasi. Para developer perlu menemukan orang yang tepat, sehingga kolaborasi juga semakin baik.

“Web 3.0 its all about gotong royong, yang penting tinggal bertemu dengan orang yang tepat, berkolaborasi. Jika kita masuk dalam komunitas, itu pasti nanti pintunya akan terbuka semua,” katanya saat acara sesi diskusi, Sabtu (12 November 2022).  

Baca juga: Memahami Pengaplikasian Teknologi Blockchain dan Kaitannya Dengan Bitcoin

Dia juga mengatakan para developer membutuhkan yang namanya jaringan-jaringan baru untuk berkolaborasi. Bahkan, para komunitas itu juga tidak menutup pintu untuk developer yang bahkan belum mengenal blockchain dan Web 3.0. 

“Ini adalah salah satu entitas yang bikin kita bisa saling berjejaring dan berkolaborasi. Kita bisa membawa developer-developer Indonesia untuk bisa lebih mengenal web 3.0 dan blockchain,” sebutnya. 

Gilang Bhagaskara, Tech Intrepreneuer juga mengatakan hal yang sama. Para developer pasti memiliki keluh kesah dalam mengembangkan teknologi-teknologi mutakhir. Kolaborasi ini diharapkan dapat saling membantu sehingga dapat menjadi produk Web 3.0 yang bermanfaat.  

“Developer itu punya keluh kesah yang bisa disampaikan ke developer lain dan akhirnya bisa saling bantu. Dan ini adalah sebuah trigger baru bikin ekosistem yang makin kaya,” jelasnya.

Baca juga: Aman dan Transparan, Begini Keunggulan Cara Kerja Blockchain

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tips Hadapi Resesi Ekonomi Global Bagi Para Pelaku Usaha ala Rey Insurtech

JAKARTA, duniafintech.com - Resesi ekonomi global diperkirakan akan memengaruhi banyak sektor dan kinerja bisnis sehingga pelaku usaha perlu tips hadapi. Salah satu tips hadapi resesi...

Tips Cek Kesehatan Kendaraan Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

JAKARTA, duniafintech.com - Tips cek kesehatan kendaraan menjadi salah satu hal penting dipelajari mengingat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sudah di depan...

Perusahaan PHK Karyawan Kembali Terjadi, Kali Ini PepsiCo

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan PHK karyawan hingga saat ini masih saja terjadi di dunia ketenagakerjaan, termasuk perusahaan startup. Hal itu berlangsung di tengah ketidakpastian ekonomi...

Tips Investasi Untuk Persiapan Masa Depan

JAKARTA, duniafintech.com - Saham merupakan instrumen investasi yang berpotensi memberikan keuntungan cukup tinggi jika dibandingkan instrumen investasi lainnya. Namun, sebagai investor, kita harus cukup cerdas...

Dollar ke Rupiah Hari Ini Terlengkap, Cek sebelum Tukar Valas

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke Rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.637 di perdagangan pasar spot Rabu (7/12). Diketahui, rupiah melemah 0,05%...
LANGUAGE