24.4 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Memahami Pengaplikasian Teknologi Blockchain dan Kaitannya Dengan Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com – Pengaplikasian teknologi Blockchain sepertinya perlu untuk Anda ketahui. Sebab, teknologi ini adalah sistem canggih yang digunakan dalam investasi digital. 

Salah satu jenis instrumen investasi yang menggunakan teknologi ini adalah cryptocurrency atau mata uang digital. Selain itu, NFT dan Metaverse juga erat kaitannya dengan Blockchain. 

Untuk lebih memahaminya, mari kita simak apa itu Blockchain dan pengaplikasian teknologi Blockchain tersebut. 

Apa Itu Blockchain?

Blockchain merupakan teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan atau bank data secara digital yang terhubung dengan kriptografi. Penggunaannya tidak terlepas dari Bitcoin dan aset Cryptocurrency lainnya.

Meski begitu, terdapat banyak sektor lainnya yang bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dari Blockchain ini. Agar lebih mudah memahami makna dari Blockchain, mari kita melihat dari sisi penamaannya.

Block yang memiliki arti kelompok dan chain yang artinya rantai. Pengertian dari penamaan teknologi ini mencerminkan bagaimana cara kerja blockchain. Dimana, teknologi tersebut memanfaatkan resource komputer untuk menciptakan blok-blok yang terhubung (chain).

Blok-blok yang saling terhubung nantinya digunakan untuk mengeksekusi sebuah transaksi. Teknologi ini memang cukup menarik karena sifatnya yang tidak terpusat. Blockchain mampu berjalan sendiri menggunakan algoritma komputer tanpa ada sistem tertentu yang mengaturnya.

Pengaplikasian Teknologi Blockchain

Korelasi antara Blockchain dan Bitcoin

Melansir dadi Convestasi, transaksi yang disimpan di dalam blok pada dasarnya mewakili data, karenanya Blockchain dapat diterapkan ke bidang apa pun yang memerlukan penyimpanan online dari value yang telah ditetapkan, seperti hak properti, catatan identitas, dan banyak lagi.

Salah satu penerapan teknologi ini adalah berhasil melahirkan cryptocurrency atau mata uang digital. Bitcoin adalah cryptocurrency pertama di dunia. Dalam kasus Bitcoin, transaksi yang disebutkan di atas adalah transfer uang antar orang.

Baca juga: Manfaat Blockchain, Teknologi Kekinian yang Akurat dan Kompatibel 

Meskipun internet memungkinkan kita untuk mengirimkan informasi, internet tidak memiliki kemampuan untuk mempertahankan kekekalan informasi. Hal ini menyebabkan internet tidak bisa digunakan untuk memberikan nilai moneter, karena nilai ini rentan terhadap perubahan.

Dengan memanfaatkan Blockchain, Bitcoin memastikan bahwa nilai transaksi yang dikirim antar individu tidak berubah. Selain itu, biaya transaksi untuk memasukkan transaksi ke dalam Blockchain menggunakan Bitcoin jauh lebih rendah daripada yang dibebankan oleh layanan keuangan saat ini. Hal ini membuat penggunaan Bitcoin menjadi semakin efektif

Pengaplikasian Teknologi Blockchain

Pengaplikasian teknologi Blockchain tersebut, di antaranya:

1. Pengaplikasian teknologi Blockchain: Smart contract

Dengan teknologi blockchain memungkinkan pengkodean kontrak sederhana yang akan dijalankan ketika kondisi yang ditentukan terpenuhi. Smart contract dapat diprogram untuk melakukan fungsi-fungsi sederhana.

Baca jugaBerita Kripto Hari Ini: Dijamin Cuan, Ini Cara Aman Trading Bitcoin

Misalnya, derivatif dapat dibayarkan ketika instrumen keuangan memenuhi tolok ukur tertentu, dengan penggunaan teknologi blockchain dan Bitcoin memungkinkan pembayaran dilakukan secara otomatis. Smart contract ini bisa berguna untuk kontrak pekerjaan, bisnis, dan lain sebagainya.

2. Pengaplikasian teknologi Blockchain: Sharing Economy

Dengan menggunakan sistem peer to peer dari blockchain bisa membuka pintu interaksi antar industri lebih mudah. Blockchain juga berguna untuk sektor keuangan atau lembaga keuangan untuk transaksi yang lebih transparan.

3. Penggalangan Dana atau Charity

Dapat membuat proses pengumpulan dana menjadi lebih mudah, dan berpotensi untuk menghasilkan pemberi dana lebih banyak dengan pendistribusian yang transparan.

4. Database Pemerintah

Dengan menggunakan blockchain, pemerintah dapat membuat database yang transparan, terdistribusi dan bisa diakses oleh publik.

5. Penyimpanan Data

Teknologi ini bisa digunakan untuk sistem penyimpanan data digital yang mampu menyimpan data secara aman dan terhindar dari peretasan karena data didesentralisasi ke banyak jaringan.

6. Perlindungan Hak Cipta

Blockchain bisa menyimpan smart contract berisi data perihal hak cipta untuk membantu para penemu terhindar dari pencurian ide, memperkecil risiko pencurian ide dan redistribusi. Serta membantu para penemu untuk menjual hak cipta yang mereka miliki.

7. Manajemen Identitas

Buku besar yang dibagikan di blockchain menawarkan metode yang lebih kompleks untuk membuktikan identitas pribadi. Ini juga bisa menjadi cara untuk mendigitalkan dokumen pribadI dengan aman terutama untuk interaksi online.

Itulah ulasan mengenai pengaplikasian teknologi Blockchain tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Baca juga: Aman dan Transparan, Begini Keunggulan Cara Kerja Blockchain

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE