29.6 C
Jakarta
Selasa, 16 April, 2024

Manfaat Blockchain, Teknologi Kekinian yang Akurat dan Kompatibel 

JAKARTA, duniafintech.com – Manfaat Blockchain dalam dunia cryptocurrency sangat penting sekali. Terutama dalam pencatatan transaksi aset kripto seperti Bitcoin secara akurat dan kompatibel. 

Saat ini, blockchain merupakan teknologi yang sangat populer di dunia. Tidak hanya golongan IT saja, tetapi masyarakat umum juga pelan-pelan mempelajarinya. 

Blockchain bisa disebut juga sebagai buku besar digital. Sebuah teknologi yang tercipta menjadi sistem penyimpanan digital yang terhubung lewat kriptografi. Penggunaan teknologi kekinian ini tak dapat terlepas dari bitcoin dan mata uang kripto lainnya, meski cukup banyak sektor yang dapat menggunakan teknologi tersebut. 

Secara penamaan, blockchain terdiri dari dua kata, block yang artinya kelompok, chain yang artinya rantai. Kedua kata tersebut mencerminkan cara kerja blockchain yang menggunakan resource komputer dalam membuat block-block yang nantinya saling terhubung ketika mengeksekusi transaksi sebuah aset. 

Manfaat Blockchain

Apa Saja Manfaat Blockchain?

Manfaat teknologi blockchain membawa banyak keuntungan bagi manajemen transaksi aset, terutama aset crypto yang populer saat ini. Berikut ini, beberapa manfaat blockchain yang kami uraikan, sebagai berikut:

1. Keamanan lanjutan

Sistem teknologi ini memberikan tingkat keamanan dan kepercayaan tinggi yang dibutuhkan dalam transaksi digital modern. Selalu ada ketakutan bahwa seseorang akan memanipulasi perangkat lunak dasar untuk membuat uang palsu bagi diri mereka sendiri. 

Tetapi blockchain menggunakan tiga prinsip, yaitu kriptografi, desentralisasi, dan konsensus untuk menciptakan sistem perangkat lunak dasar yang sangat aman dan hampir mustahil untuk diubah. Tidak ada satu pun titik kegagalan, dan tidak satu pun pengguna yang dapat mengubah catatan transaksi.

2. Peningkatan efisiensi

Transaksi bisnis-ke-bisnis dapat memakan banyak waktu dan menciptakan kemacetan operasional, terutama ketika kepatuhan dan badan pengatur pihak ketiga dilibatkan juga. 

Transparansi dan kontrak pintar di teknologi blockchain membuat transaksi bisnis tersebut menjadi lebih cepat dan efisien.

3. Audit lebih cepat

Korporasi harus dapat menghasilkan, bertukar, mengarsipkan, dan merekonstruksi transaksi elektronik dengan aman dan dengan cara yang dapat diaudit juga. 

Baca jugaKoin Metaverse di Indodax, Pilihan Investasi Menggiurkan!

Catatan blockchain sifatnya tetap secara kronologis, yang berarti bahwa semua catatan selalu diurutkan berdasarkan waktu. Transparansi data ini membuat proses audit menjadi lebih cepat dan akurat. 

Keunggulan Teknologi Blockchain

Teknologi blockchain juga memiliki banyak keunggulan juga. Karena sifatnya dan tujuan sistem ini adalah untuk melengkapi sistem sebelumnya,. 

Teknologi yang terpasang ini dapat menyimpan riwayat transaksi secara lengkap dan akurat. Selain itu, sistem ini juga memberikan kamu akses ke segala sisi untuk menjaga transparansinya.

Saat kamu ingin melakukan transaksi menggunakan blockchain, ada public access yang dapat kamu akses atau pantau oleh semua orang. Fitur ini bahkan bisa terakses oleh pengguna tanpa harus memasukkan akunnya.

Pola yang ditawarkan teknologi ini tentu sangat jauh berbeda dengan sistem perbankan yang membutuhkan banyak tahapan terlebih dahulu. Artinya, dana nasabah yang tersimpan tidak bisa digunakan perusahaan finansial tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Kemudian teknologi dari blockchain telah menggunakan sistem yang harus diverifikasi oleh para penambang atau miner, sebelum komputer lain mengeksekusinya. Struktur databasenya bersifat append only, artinya hanya bisa menambahkan serta tidak mendapatkan perintah edit. Hal ini akan membuat peretas tidak dapat melancarkan aksinya.

Baca juga: 10 Coin yang Bagus Untuk Investasi Kripto, Siap-siap Cuan Maksimal

Selain itu juga kemampuan mengaudit merupakan salah satu fungsi penting yang blockchain miliki. Sebab, setiap orang dapat melihat dan mencari tahu data transaksi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk dapat mengetahui jejak audit sebuah aset.

Dari rekam jejak tersebut, pengguna pun akan terhindar dari potensi buruk seperti penggelapan dana korupsi, bahkan cuci uang sekalipun. Sebab data transaksi yang ada bersifat public atau bisa kamu akses secara umum, tidak dapat diedit, dan bersifat append only atau hanya bisa kamu tambahkan.

Itulah manfaat blockchain dan keunggulannya yang perlu anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda terkait teknologi yang sudah tumbuh pesat saat ini. 

Baca juga: Jangan Ragu, Begini Dasar Hukum Investasi Kripto yang Perlu Dipahami

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE