27.6 C
Jakarta
Selasa, 23 April, 2024

Simulasi Kredit Mobil Bekas Plus Tips Menghitungnya

JAKARTA, duniafintech.com – Simulasi kredit mobil bekas perlu kamu hitung supaya pembelian mobil bekas secara kredit tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Mengingat harga kendaraan roda empat yang tidak murah buat sebagian orang, membeli mobil dengan cara kredit tentu saja menjadi pilihan.

Mulai dari mobil baru hingga mobil bekas sejatinya bisa dibeli dengan cara kredit. Namun, masih banyak orang yang tidak paham soal sistem pembayaran mobil kredit.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih jauh, yuk kita hitung simulasi untuk kredit mobil bekas dalam ulasan kali ini agar kamu nantinya lebih mudah dalam mengatur keuangan.

Baca juga: Simulasi Kredit Mobil Mandiri Vs BCA, Ini Perbandingannya

Apa Itu Kredit Mobil?

Pada dasarnya, kredit mobil adalah layanan membeli mobil dengan metode pembayaran dicicil atau diangsur yang ditawarkan oleh pihak bank atau lembaga pembiayaan. Pilihan kredit atau angsuran mobil ini menjadi pilihan tepat sekiranya kamu ingin membeli mobil dengan cepat sekalipun minim budget.

Ada skema pembayaran mulai dari persentase uang muka hingga jumlah cicilan sesuai dengan tenor atau periode pembayaran yang bisa kamu pilih nantinya. Pembayaran kredit mobil ini juga akan dicicil atau dibayarkan setiap bulan, dengan besaran yang telah ditentukan sebelumnya.

Metode kredit mobil ini dapat kamu lakukan untuk pembelian mobil baru maupun mobil bekas. Biasanya, produknya berupa kredit kendaraan bermotor (KKB). Pada skema KKB ini, kendaraan yang dibeli akan menjadi jaminan sehingga saat debitur gagal memenuhi kewajiban atau setoran cicilan bulanan, pihak kreditur bakal menyita kendaraan sebagai ganti rugi. 

Kredit Mobil Syariah

Apa itu kredit mobil syariah? Secara umum, kredit mobil syariah adalah pembiayaan kredit mobil dengan menggunakan sistem murabahah, yakni akad jual beli antara bank syariah dan nasabah. 

Pada akad ini, kamu akan memperoleh penjelasan terkait jenis dan jumlah barang yang ditransaksikan. Dalam skema kredit mobil syariah ini nantinya juga akan ada rincian soal selisih (margin) keuntungan yang diambil oleh pihak bank sebagai ganti bunga saat mengambil angsuran mobil. Hal itu membuat kredit mobil syariah ini menjadi kredit mobil tanpa riba yang juga layak buat kamu pertimbangkan.

simulasi kredit mobil bekas

Panduan Simulasi Kredit Mobil Bekas

Nah, untuk memahami simulasi untuk kredit mobil bekas, berikut ini ulasannya yang perlu kamu simak, seperti dikutip dari cintamobil.com.

1. Menghitung uang muka

Umumnya, membeli mobil secara kredit terbagi menjadi uang muka (disebut juga Down Payment/PD) dan pembayaran setiap bulan. Kalau sebelumnya uang muka mobil bekas mulai dari 30%, tetapi saat ini beberapa lembaga penyedia layanan kredit telah menawarkan uang muka yang lebih rendah.

Namun, pada simulasi kredit mobil bekas, besar dan kecilnya uang muka mempengaruhi jumlah cicilan kamu per bulan. Untuk kredit mobil bekas, perhitungan uang muka cukup mudah. Dalam hal ini, kamu hanya perlu menghitung besaran uang muka dengan harga mobil.

Sekiranya uang muka yang disepakati adalah sebesar 30%, kamu nantinya harus membayar DP sebesar Rp45 juta untuk mobil dengan harga Rp150 juta. Adapun sisa plafon kredit yang mesti dibayarkan berarti sebesar Rp105 juta, yang akan dibayar sesuai jangka waktu kredit.

Baca juga: Simulasi Kredit Mobil BCA Lengkap dengan Syaratnya

2. Menghitung bunga

Di antara hal yang membuat membeli mobil dengan kredit lebih mahal ketimbang secara tunai, yakni besaran bunga yang dibayarkan selama cicilan berlangsung. Keputusan untuk memilih lembaga pembiayaan juga sebagian besar berdasarkan suku bunga yang ditawarkan. 

Adapun suku bunga flat tidak akan berubah selama waktu kredit, tetapi untuk suku bunga efektif, angsuran per bulannya akan lebih kecil. Sejumlah lembaga pembiayaan juga punya bunga yang berbeda-beda. Namun, biasanya, kian lama pembiayaan berlangsung, kian tinggi juga bunga yang diberikan.

Misalkan, saat plafon mobil bekas Rp105 juta yang tersisa digabungkan dengan bunga 4% per tahun, kamu akan membayar total Rp4,2 juta untuk bunga per tahun atau Rp350 ribu per bulan.

3. Menghitung angsuran per bulan

Perlu diketahui,  angsuran per bulan sangat dipengaruhi oleh uang muka dan bunga yang diberikan. Kalau semakin besar kamu membayar uang muka maka angsuran per bulan akan berkurang. 

Namun, sebaliknya, pembayaran dengan uang muka rendah akan berakibat angsuran per bulan kamu akan lebih besar nantinya dan hal yang sama juga berlaku pada kredit mobil baru. Pembayaran angsuran sendiri dapat diperoleh dengan membagi plafon pinjaman dengan tenor atau seberapa lama masa kredit kamu dan ditambahkan dengan bunga.

Misalkan, untuk plafon Rp105 juta dan angsuran 60 bulan (5 tahun), kamu membayar Rp1,75 juta. Akan tetapi, kamu perlu menambahkan dengan bunga per bulan. Dengan demikian, total, kamu perlu menyisihkan Rp2,05 juta untuk membayar angsurannya.

Simulasi Kredit Mobil Bekas lewat KKB BCA

Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) adalah pendanaan yang diberikan oleh perusahaan keuangan seperti bank supaya masyarakat dapat memiliki kendaraan bermotor, utamanya roda 4 atau mobil. KKB ini bisa diajukan untuk mendapatkan mobil baru maupun bekas (secondhand). Berikut ini beberapa poin terkait KKB BCA yang perlu kamu ketahui.

1. Apa itu KKB BCA?

BCA membuka pinjaman KKB bagi masyarakat Indonesia melalui KKB BCA. Baik nasabah BCA maupun non-nasabah, nantinya tetap bisa mengajukan pinjaman ini. Pengajuannya juga cukup mudah, bisa secara online dengan mengunjungi KKB BCA Virtual Mall maupun secara offline alias datang langsung ke kantor cabang BCA.

Uang mukanya juga relatif tidak memberatkan sebab kamu hanya perlu menyiapkan sekitar 20% dari harga mobil yang ingin dimiliki. KKB BCA memberikan tenor atau jangka waktu pinjaman mulai dari 1—4 tahun.

Di sini, juga ada skema pembiayaan fix and cap, dengan tenor 5 dan 6 tahun. Buat kamu yang menginginkan tenor lebih panjang lagi, ada layanan mini for max dengan tenor 8 tahun. Di lain sisi, KKB BCA pun akan menjamin penyimpanan BPKB tetap aman selama masa pinjaman KKB berlangsung.

Kelebihan lainnya dari KKB BCA, yakni bunga flat per tahun yang sangat ringan. Adapun saat ini, kamu dapat memperoleh bunga mulai dari 2,77% untuk tenor 1 tahun.

Baca juga: Kredit Mobil Bekas tanpa DP [Cara dan Tips Melakukannya]

2. Syarat pengajuan KKB BCA

Jika kamu ingin mengajukan kredit lewat KKB BCA maka caranya pun cukup mudah, dengan persyaratan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

– Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia.

– Berusia minimal 21 tahun atau yang sudah menikah.

– – Maksimal usia 64 tahun ketika tenor kredit berakhir.

– Bekerja sebagai karyawan tetap, wiraswasta, atau profesional minimal 2 tahun.

– Memiliki penghasilan minimal 3 kali jumlah angsuran kredit.

– Setuju mengasuransikan kendaraan bermotor yang diajukan melalui KKB BCA.

– Pembayaran angsuran dilakukan melalui autodebet ke rekening nasabah.

3. Dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan KKB BCA

Kamu tidak perlu khawatir sebab dokumen yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak dan merepotkan. Inilah dokumen yang wajib dipersiapkan (bagi nasabah perorangan) untuk mengajukan pinjaman KKB di BCA:

– Fotokopi KTP suami-istri dan Kartu Keluarga/Surat Nikah

– Fotokopi Sertifikat Kepemilikan Rumah atau Akta Jual Beli (AJB) atas nama pemohon

– Fotokopi rekening tabungan BCA/Rekening Koran 3 bulan terakhir

– Slip gaji/Surat Keterangan Penghasilan (karyawan); SIUP dan TDP (wiraswasta); dan Surat Izin Praktik (profesional)

Demikianlah informasi tentang simulasi kredit mobil bekas, termasuk dari KKB BCA yang penting untuk kamu ketahui. Bagaimana, sudah tertarik untuk bikin pengajuan sekarang juga?

Baca juga: Ingin Tahu Cara Kredit Mobil Bekas yang Terjamin? Coba 6 Cara Ini

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE