27.6 C
Jakarta
Jumat, 19 April, 2024

Kredit Mobil Bekas tanpa DP [Cara dan Tips Melakukannya]

JAKARTA, duniafintech.com – Kredit mobil bekas tanpa DP/uang muka tentunya ada. Terdapat beberapa cara untuk bisa membeli mobil kredit tanpa uang muka. 

Biasanya, sistem beli mobil yang satu ini bisa ditemukan saat kamu mengunjungi showroom mobil. Bukan hanya tanpa DP, sistem kredit ini bahkan memungkinkan pembeli untuk membayar kredit tanpa perlu melalui survei terlebih dahulu.

Bagaimana sih caranya? Yuk, simak pada ulasan berikut ini.

Baca juga: Mau Tahu Cara Over Kredit Mobil yang Tepat? Yuk, Intip di Sini

Cara Kredit Mobil Bekas tanpa DP

1. Kredit dengan sistem C2C

Sistem C2C adalah singkatan dari customer to customer, yang berarti sistem jual beli mobil dilakukan oleh pembeli langsung ke pembeli lainnya, bukan dari produsen atau penjual mobil ke pembeli.

Cara ini dilakukan apabila kamu membeli mobil bekas. Transaksi dapat dilakukan secara langsung ke pemilik mobil sebelumnya tanpa melalui dealer atau marketplace. Mengingat sistem jual beli ini tidak melalui perantara, tidak ada biaya tambahan yang perlu dialokasikan untuk jasa perantara ini. 

Dengan demikian, secara otomatis harganya jadi lebih murah dan bisa memilih opsi pembayaran yang lebih fleksibel, misalnya sistem beli mobil tanpa DP atau uang muka. Skema kredit tanpa DP dengan sistem C2C ini bisa dilakukan dengan membeli mobil bekas milik teman atau keluarga. Lantaran tidak ada jaminan dari perantara, sistem seperti ini lebih cocok dilakukan antara penjual dan pembeli yang sudah saling mengenal dan saling percaya. 

2. Kredit dengan jasa leasing

Pada dasarnya, leasing adalah penyedia pembiayaan yang menyewakan barang sewaan kepada penyewa selama jangka waktu tertentu. Dalam hal ini, kamu bisa memilih leasing mobil yang menyewakan barang berupa mobil. 

Jika setelah beberapa bulan ternyata penyewa tidak berhasil membayar cicilan maka barang yang disewakan akan ditarik kembali oleh penyedia leasing. Perlu diketahui, memang tidak semua leasing mobil menyediakan layanan cicilan mobil tanpa DP.

Kalau kamu memang ingin leasing kredit mobil bekas tanpa uang muka maka sebaiknya pastikan leasing yang dipilih memang menyediakan layanan tersebut. Di samping itu, juga pastikan bahwa leasing mobil yang dipilih telah terpercaya dan berkualitas, yang bisa dibuktikan dari terdaftarnya lembaga itu di OJK. 

Baca juga: 6 Perbedaan Kredit Mobil Syariah dan Konvensional

Tips Kredit Mobil Bekas tanpa DP

Saat kamu membeli mobil bekas, apalagi tanpa uang muka, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya kamu tidak merugi. Berikut ini beberapa tips yang perlu diketahui:

1. Cari pembiayaan kredit mobil bekas yang terpercaya

Adapun setiap lembaga pembiayaan kredit yang sah pasti sudah resmi terdaftar di OJK. Hal itu sekaligus menjadi bukti bahwa lembaga ini tidak melanggar aturan dan terpercaya.

Oleh sebab itu, saat kamu mencari lembaga pembiayaan cicilan mobil bekas tanpa DP, pastikan untuk mencari tahu lebih dulu apakah lembaga itu telah terdaftar di OJK atau belum. 

2. Beli dari pihak terpercaya

Di samping memanfaatkan lembaga pinjaman, kamu juga bisa melakukan transaksi langsung ke pemilik mobil sebelumnya dengan sistem C2C. Namun, karena tidak ada perantara yang menjamin keberhasilan transaksi ini, kamu pun harus memastikan untuk membeli dari pemilik yang sudah kamu percaya.

Contohnya bisa dengan membeli mobil bekas dari teman, saudara, atau kerabat dekat. Dengan demikian, sekalipun tidak ada perantara, transaksi tetap berlangsung aman. 

3. Pilih mobil yang berusia muda

Walaupun membeli mobil bekas, tetapi pastikan juga untuk memperhatikan usia mobil itu. Kalau ingin membeli mobil bekas secara kredit maka pastikan untuk tidak membeli mobil yang usianya sudah terlalu tua.

Pasalnya, kian tua usia kendaraan, kian menurun kualitasnya. Bisa-bisa, jika sudah terlalu tua maka kamu terpaksa mengeluarkan biaya lebih untuk biaya perawatannya. 

Maka dari itu, agar kamu tidak merugi, pastikan untuk memilih mobil yang usianya masih muda atau tidak terlalu tua. 

4. Pilih mobil yang umum atau pasaran

Penting diketahui, kebanyakan mobil yang dijual dengan cara kredit tanpa uang muka adalah mobil yang tidak laris alias tidak laku. Oleh sebab itu, kamu harus bijak dalam memilih mobil bekas yang mau dibeli.

Usahakanlah membeli mobil yang pasaran, yang banyak digunakan orang dan sparepart-nya mudah didapatkan di mana pun sekiranya nanti mengalami kerusakan sehingga jika mengalami kerusakan, nantinya biaya perawatannya tidak akan terlalu besar.

Di samping itu, mobil yang umum atau pasaran termasuk mobil dengan harga jual kembali yang tinggi.

kredit mobil bekas tanpa dp

Kekurangan Kredit Mobil Bekas tanpa Uang Muka

1. Cicilan lebih berat

Sekalipun kredit mobil murah, saat ditawari kredit mobil berumur tua atau bekas tanpa uang muka dengan tenor pendek, sudah pasti cicilannya akan lebih besar daripada mobil yang pakai DP. 

Dengan tidak adanya DP, otomatis jumlah pinjaman yang kamu ajukan adalah 100 persen dari harga mobil. Cicilan per bulan yang kamu bayarkan lebih berat ketimbang kredit dengan DP.

Saat cicilan itu melebihi 30 persen dari penghasilan per bulanmu, yang terjadi adalah kondisi finansialmu bisa berantakan. Itulah alasan DP adakalanya cukup penting. Kian besar DP yang kamu bayar, kian kecil pula jumlah pinjaman dan kian ringan pula angsuran perbulannya.

2. Tenor kredit mobil tua tanpa uang muka biasanya hanya 4 tahun

Asal tahu saja, showroom yang menawarkan program ini biasanya hanya memberlakukan tenor maksimal empat tahun. Jika cuma empat tahun maka otomatis cicilan per bulannya besar. 

Di samping empat tahun, barangkali opsi lainnya adalah hanya 36 bulan atau tiga tahun. Jika tidak ada DP yang dibayar maka pasti durasi ini terasa singkat dan memberatkan. 

Kalau saja mobil bekas yang kamu lirik usianya masih satu tahun, dan kamu tertarik buat mencicil dalam jangka panjang, maka fasilitas itu sulit kamu dapatkan.

3. Pengeluaran tambahan untuk perawatan mobil

Ingatlah kembali bahwa dalam hal ini kamu membeli mobil bekas atau tua. Kamu tentu tidak pernah tahu riwayat mobil itu dan penjual tentu tidak juga ingin merugi. Bisa jadi tampilannya bagus, keren, mulus, dan seperti baru, tapi ternyata sudah pernah dipakai nerobos banjir.

Boleh jadi pula mobil itu sudah pernah tabrakan parah, tetapi telah direstorasi ulang. Bekas-bekas cacatnya jadi sama sekali tidak tampak secara kasat mata. Bayangkan, ketika kamu membelinya, ternyata ada kerusakan di bagian kaki-kaki dan mau tidak mau harus keluar biaya perbaikan ditambah biaya beli spare part mobil baru. 

4. Rugi jika mobil dijual lagi dalam waktu singkat

Berikutnya, saat kamu memutuskan kredit mobil bekas atau tua tanpa DP, dan tiba-tiba kamu tidak cocok dengan mobil tersebut, maka opsi selanjutnya adalah dijual. Terbayang kan over kredit mobil bekas tangan kedua dan kira-kira mobilmu akan dihargai berapa? Tentu saja, harganya akan lebih rendah dan kamu pun merugi.

Pasalnya, jika mobil bekas tangan pertama saja udah terdepresiasi maka kendaraan roda empat pada tangan kedua otomatis akan lebih jatuh lagi harganya.

Demikianlah penjelasan mengenai kredit mobil bekas tanpa DP. Setelah mengikuti panduan di atas, tentunya kini kamu sudah punya gambaran akan menyicil mobil dengan DP atau tidak sama sekali.

Baca juga: Ingin Tahu Cara Kredit Mobil Bekas yang Terjamin? Coba 6 Cara Ini

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE