31.8 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

BRI Ventures dan ITB Kerja Sama untuk Edukasi tentang Modal Ventura

BRI Ventures, anak perusahaan modal ventura dari BRI Group bekerja sama dengan Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB (SBM ITB). Mereka akan meluncurkan kursus universitas modal ventura pada tahun 2021.

Sebagai yang pertama di Indonesia, program ini bertujuan untuk mendukung bidang modal ventura yang sedang berkembang. Ini akan menjadi contoh kolaborasi universitas-industri di mana para pemimpin bisnis berbagi wawasan dan keahlian mereka dengan mahasiswa.

Mata kuliah tersebut akan disematkan pada program sarjana dan pascasarjana SBM ITB di kampus Jakarta dan Bandung.Para siswa akan belajar tentang prinsip-prinsip dasar modal ventura dan mendapatkan paparan berbagai ekosistem startup.

Baca Juga : Pembiayaan Mikro dapat Dukungan dari Asosiasi Modal Ventura

Baca Juga : Deretan Startup ini Mulai Dilirik Modal Ventura Saat New Normal

Selain itu, mereka akan berdiskusi lebih dalam dan berusaha memahami industri modal ventura pada tingkat yang lebih terperinci.

Indonesia telah menyaksikan kebangkitan luar biasa dari perusahaan teknologi tahap awal dalam beberapa tahun terakhir. Ada beberapa startup Unicornd dengan valuasi lebih dari US$1 miliar termasuk orang-orang seperti Bukalapak, Gojek, dan Traveloka.

Perusahaan modal ventura global dan regional bergegas untuk mengambil bagian dari pasar Indonesia. Total pendanaan startup lokal telah melampaui US $ 1,9 miliar. Ini muncul dari 52 putaran penggalangan dana pada kuartal ketiga tahun 2020.

Prof. Utomo Sarjono Putro, Dean of Economics and Business at SBM ITB mengatakan, Kursus ini akan memberikan pasar kerja baru bagi siswa yang bercita-cita untuk menemukan usaha baru.

“Selain itu juga untuk memahami keuangan yang mereka butuhkan. Mulai dari tahap awal dan pindah ke fase yang lebih matang,” katanya.  

Nicko Widjaja, CEO BRI Ventures mengatakan bahwa saat ini, Ada perubahan paradigma besar yang terjadi saat ini dalam perekonomian. Sepuluh tahun yang lalu, modal ventura tidak dianggap sebagai karir dan sekarang telah menjadi salah satu pencapaian ideal di kalangan mahasiswa bisnis lokal.

“Saya berharap bisa bertemu dengan generasi pemodal ventura berikutnya di SBM ITB, seperti yang saya lakukan di UPH beberapa tahun lalu.” katanya.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tak Konsisten, Rusia Batalkan Rencana Pembayaran Ekspor Minyak Pakai Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah Rusia membatalkan rencana sebelumnya untuk menerima pembayaran Bitcoin untuk ekspor minyak. Kementerian keuangan negara itu menganggap bitcoin sebagai opsi pembayaran...

Dijuluki Ratu Kripto, Ternyata Perempuan Ini Tipu Investor Sampai Rp60 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - FBI menambahkan Dr. Ruja Ignatova, yang memproklamirkan diri sebagai 'Cryptoqueen' atau ratu kripto ke dalam daftar Sepuluh buronan Paling Dicari. Bahkan lembaga...

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...

HFIS BPJS Kesehatan, Begini Cara Menggunakannya

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi HFIS BPJS Kesehatan merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghimpun data milik fasilitas kesehatan mitra BPJS. Aplikasi ini adalah akronim dari Health...
LANGUAGE