25 C
Jakarta
Selasa, 19 Oktober, 2021

BTPN MERAMBAH KE RANAH FINTECH

duniafintech.com – Tahun lalu, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) meluncurkan fitur baru di aplikasi Jenius. Fitur itu bernama JeniusPay yang akan mempermudah pembayaran online.

Fitur ini memungkinan nasabah BTPN melakukan pembayaran online hanya dengan memasukkan fitur cash tag. Artinya, pengguna bisa menikmati cara baru bertransaksi lebih mudah, cerdas, dan sederhana. Fitur ini merupakan pengembangan dari fitur pembayaran sebelumnya yang menggunakan 16 digit angka kartu Jenius. Dengan kata lain, BTPN memungkinkan pengguna JeniusPay tidak perlu memasukkan informasi kartu debit atau kartu kredit miliknya untuk bertransaksi.

Tidak hanya untuk mengirim atau meminta uang dari sesama pengguna Jenius, kini $Cashtag milik pengguna bisa digunakan untuk melakukan transaksi secara eksklusif di situs belanja online Dinomarket. Pengguna bisa mengunjungi situs Dinomarket dan menikmati Every Yay bersama Dinomarket.

Baca juga

JeniusPay memanfaatkan $Cashtag sebagai identitas pembayaran para penggunanya. Melalui dua langkah sederhana, yaitu Request atau mengirim permintaan uang dan Pay atau membayar permintaan uang, transaksi yang pengguna lakukan akan lebih praktis dan cepat tanpa perlu memasukkan informasi kartu debit atau kredit. Proses yang dilakukan juga bersifat real-time sehingga pengguna tidak perlu menunggu lama.

Cara pembayaran dengan Jenius Pay terbagi menjadi dua langkah. Pertama, dilakukan di situs Dinomarket. Cara kedua dilakukan di dalam aplikasi Jenius. Kedua cara ini dibekali dengan metode keamanan berlapis.

Bila menggunakan JeniusPay di Dinomarket, pengguna dapat merasakan berbagai manfaat lainnya. Salah satunya adalah potongan Rp50 ribu untuk minimal transaksi Rp200 ribu. Promo ini baru saja berakhir per 28 Maret 2018 lalu.

Agar terhindar dari kemungkinan orang yang tidak dikenal menggunakan $Cashtag pengguna untuk transaksi, Jenius membuat tiga parameter keamanan agar kegiatan belanja online penggunanya lebih aman dan nyaman. Ketiga fitur anti-scammer ini membantu pengguna terhindar dari banyaknya permintaan konfirmasi pembayaran yang tak diinginkan.

Baca juga

Setiap permintaan pembayaran akan dilengkapi dengan timer yang menandakan maksimum periode notifikasi JeniusPay ditampilkan di dalam aplikasi Jenius. Timer ini sekaligus sebagai batas waktu pengguna bisa mengonfirmasi permintaan pembayaran. Pengguna tak perlu lagi menolak permintaan yang tidak diharapkan karena apabila pengguna biarkan, sistem akan secara otomatis menghapus permintaan yang sudah melewati batas waktu. Payment Expiration yang diatur secara otomatis saat ini adalah lima menit.

Pada JeniusPay juga terdapat fitur Maximum Pending Request. Fitur ini mengatur angka maksimum permintaan tertunda dalam aplikasi Jenius yang memerlukan approval penggunanya. Dengan ini, pengguna akan terhindar dari tindakan yang tidak diharapkan yang memakai $Cashtag miliknya berkali-kali untuk belanja. Sebagai contoh, pengguna hanya akan menerima maksimal tiga permintaan pembayaran, lebih dari itu akan ditolak oleh sistem. Pengguna harus menerima atau menolak tiga permintaan pertama yang masih pending atau tertunda sebelum permintaan selanjutnya bisa dibuat. Maximum Pending Request yang diatur secara otomatis saat ini adalah tiga permintaan.

Baca juga

Selain itu, JeniusPay juga dilengkapi dengan fitur Anti-Spam. Fitur ini mengatur angka maksimal permintaan yang datang dari satu merchant. Hal ini akan membantu pengguna terhindar dari pemakaian $Cashtag miliknya untuk transaksi berkali-kali di satu merchant yang sama. Pengguna harus menerima atau menolak permintaan pertama yang masih pending atau tertunda sebelum permintaan selanjutnya bisa dibuat. Anti Spam yang diatur secara otomatis saat ini adalah satu permintaan.

Source: jenius.com

Written by: Sebastian Atmodjo

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

OJK Dorong Pertumbuhan Teknologi Finansial Urun Dana

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peran industri teknologi finansial urun dana atau securities crowdfunding (SCF) untuk meningkatkan skala bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Pasalnya,...

Regulatory Sandbox: Strategi Jitu Tangkal Kealpaan Regulasi Fintech

Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menilai, penggunaan regulatory sandbox atau ruang uji coba terbatas bagi para perusahaan rintisan di bidang finansial teknologi atau...

Kesenjangan Akses Keuangan antara Kota dan Desa, Ini Kata OJK

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara mengungkapkan bahwa masih tercipta gap atau kesenjangan yang cukup lebar...

Disinggung OJK, AFPI Putus Keanggotaan Penagih Utang PT ITN

Kantor milik PT Indo Tekno Nusantara (ITN) digerebek kepolisian pada Kamis, (14/10) lalu. ITN merupakan perusahaan penagih utang yang mengoperasikan 13 perusahaan pinjol, di...

Tentang Waktu dan Petunjuk Cara Ikut Lelang Pegadaian

Lelang Pegadaian adalah penjualan barang gadai oleh Pegadaian dengan cara dilelang kepada khalayak masyarakat. Mengingat debitur tidak sanggup melunasi pinjamannya, Pegadaian pun berhak untuk...
LANGUAGE