26.9 C
Jakarta
Selasa, 18 Januari, 2022

Bursa Efek Indonesia Hapus Kode Broker Mulai Hari Ini

JAKARTA, duniafintech.com – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) secara resmi menghapus kode broker saat transaksi saham berlangsung mulai hari ini, Senin (6/12). Dengan demikian, para pelaku pasar baru dapat melihat kode broker yang melakukan transaksi setelah penutupan pasar pada sore hari.

Menurut Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Laksono W. Widodo, seperti dikutip dari Detikfinance, keputusan ini tidak akan mengurangi transparansi perdagangan saham di pasar modal tanah air.

“Meskipun anggota bursa tidak lagi mendapatkan akses informasi kode pialang secara real time pada saat jam perdagangan, namun bursa masih memberikan informasi seluruh transaksi, termasuk kode pialang pada akhir jam perdagangan yang dapat diakses oleh semua anggota bursa,” katanya.

Disampaikannya, anggota bursa bisa memanfaatkan data ini untuk mengolah informasi kode pialang untuk selanjutnya dapat didistribusikan kepada investor. Ia menambahkan, dengan begitu, hal tersebut bakal mengubah trading behavior, utamanya investor yang menggunakan informasi kode broker untuk keputusan investasi.

“Kami berharap, investor dapat melakukan analisis, baik fundamental maupun teknikal, sebelum melakukan keputusan investasi. Penutupan kode ini juga diharapkan akan lebih memperdalam pengetahuan investor tentang investasi di pasar modal,” paparnya.

Selama ini, lanjutnya, masih banyak investor yang membeli saham tanpa didasari dengan analisis fundamental dan teknikal yang baik. Karena itu, dengan penutupan informasi kode broker ini investor diharapkan bakal lebih berhati-hati dan tidak ikut-ikutan dalam membeli saham.

“Penutupan informasi kode broker dapat mengurangi potensi herding atau investasi berdasarkan ikut-ikutan, menciptakan encouragement bagi investor untuk lebih menguasai analisis fundamental terlebih dahulu sehingga transaksi yang dilakukan adalah atas hasil analisa yang baik, yang lebih objektif, bukan sekadar ikut-ikutan atau berdasarkan emosional,” urainya.

Diterangkannya, adapun penutupan kode broker ini juga diharapkan bakal membentuk harga saham di pasar modal yang akan lebih terjaga kewajarannya. Pasalnya, investor nantinya telah memahami atas kondisi fundamental dan teknikal dari suatu saham.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ingin Mendapatkan Kartu GPN di Berbagai Bank? Simak Caranya Berikut Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu GPN adalah salah satu jenis kartu debit atau yang biasa dikenal dengan kartu ATM. Sebagaimana diketahui, kartu ATM akan memberikan...

Ulasan Lengkap soal e-Money Mandiri: Cara Buat hingga Panduan Top Up

JAKARTA, duniafintech.com – E-money Mandiri adalah uang elektronik yang banyak digunakan oleh orang-orang lantaran kemudahan dalam penggunaannya. Diterbitkan oleh Bank Mandiri, uang elektronik yang...

Besaran Gaji Tukang Parkir Pesawat dan Biaya Pendidikannya

JAKARTA, duniafintech.com - Gaji tukang parkir pesawat atau marshaller dengan tanggung jawabnya memarkirkan pesawat terbang yang berukuran besar ternyata memiliki gaji yang menjanjikan.  Mungkin saja...

Mau Side Job? Ini 7 Situs Penghasil Uang Terpercaya 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Situs penghasil uang terpercaya 2022 sekarang ini sudah banyak beredar di internet yang bisa diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Akan...

Alasan Penting Menyimpan Slip Gaji bagi Karyawan

JAKARTA, duniafintech.com - Alasan menyimpan slip gaji bagi semua karyawan di perusahaan manapun tentu saja sangat penting. Menerima gaji adalah sebuah tujuan utama bagi...
LANGUAGE