26.4 C
Jakarta
Selasa, 27 September, 2022

Cara Bayar Tagihan Air PDAM di Akulaku serta Persyaratannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar tagihan air PDAM di Akulaku beserta persyaratannya dalam ulasan ini tentunya penting diketahui.

Layanan Akulaku yang hadir dalam kehidupan sehari-hari memang bukan hanya telah memberi kemudahan untuk membeli barang secara kredit sebab limit Akulaku pun saat ini bisa dimanfaatkan untuk melunasi tagihan Air PDAM.

Nah, para pengguna baru di Akulaku, termasuk kamu, barangkali memang belum tahu soal fitur yang satu ini ya. Di lain sisi, Akulaku pun menerapkan sejumlah ketentuan terkait penggunaan limit untuk melunasi tagihan ini.

Baca juga: Cara Menaikkan Kredit Poin Akulaku dengan Cepat Terbaru 2022

Adapun nominal tagihan Air PDAM bagi setiap pelanggan juga tentunya akan berbeda-beda, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Maka dari itu, sebelum melakukan transaksi, pastikan terlebih dahulu bahwa saldo Akulaku yang kamu punya cukup untuk membayar tagihan Air PDAM sesuai dengan nominal yang tertera.

Selanjutnya, pada penggunaan saldo Akulaku untuk membayar tagihan Air PDAM, juga diberlakukan tanggal jatuh tempo hingga denda keterlambatan. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak yuk ulasan di bawah ini.

Persyaratan Terkait Cara Bayar Tagihan Air PDAM di Akulaku

Nah, sebelum masuk ke cara bayarnya, sebaiknya terlebih dahulu kamu perlu tahu apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku pada penggunaan layanan Akulaku untuk bayar Air PDAM. Bukan hanya saldo yang mencukupi, inilah sejumlah syarat lainnya yang wajib dipenuhi untuk melakukan transaksi dimaksud.

1. Menjangkau Wilayah Pembayaran Jadi Syarat Cara Bayar Tagihan Air PDAM di Akulaku

Pertama, wilayah tempat tinggalmu wajib sudah terjangkau area pembayaran Air PDAM di Akulaku. Adapun sejauh ini, Akulaku telah mendukung lebih dari 50 wilayah yang bisa menggunakan fasilitas tersebut, antara lain, Jakarta, Batam, Kalimantan, Sukabumi, Bandung, Banyumas, Blora, Bogor, dan seterusnya.

2. Tidak Memiliki Tagihan Pinjaman Akulaku

Kemudian, supaya transaksi ini dapat dilakukan, kamu pun tidak boleh memiliki tagihan di Pinjaman Akulaku dengan nominal diatas Rp1.000.000, baik KTA Asetku maupun Dana Cicil. Itu berarti, saat kamu memiliki tagihan, kamu wajib untuk melunasinya terlebih dahulu jika ingin membayar tagihan Air PDAM via Akulaku.

3. Kredit Poin Lebih dari 700 Poin

Terakhir, kredit poin Akulaku sudah melebihi batas minimal, yakni 700 poin. Apabila kurang dari jumlah itu maka limit Akulaku tidak dapat dipakai untuk transaksi apa pun, termasuk melunasi tagihan Air PDAM.

Cara Bayar Tagihan Air PDAM di Akulaku

Sekiranya kamu sudah memenuhi semua syarat tadi, pelunasan tagihan Air PDAM melalui Akulaku bisa segera dilakukan. Waktu yang dibutuhkan untuk transaksi ini hanyalah 2 menit. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Jalankan Aplikasi Akulaku: buka aplikasi Akulaku di smartphone. Pastikan juga perangkat yang digunakan telah terkoneksi dengan internet.
  • Pilih Menu Air PDAM: tap menu Air PDAM di halaman utama.
  • Pilih Wilayah Pembayaran: klik kolom Wilayah Pembayaran, kemudian cari Kabupaten tempat tinggalmu.
  • Masukkan Nomor Pelanggan: selanjutnya, masukkan ID Pengguna di kolom Nomor Pelanggan.

Baca juga: Cara Bayar Akulaku lewat OVO serta Tarif Transaksinya

  • Pilih Aku Cicil: untuk metode pembayaran, pilih Aku Cicil. Kemudian, klik Selanjutnya untuk menyelesaikan pembayaran.

Sebagai informasi, sebelum mengakhiri transaksi, kamu dapat memeriksa rincian tagihan terlebih dahulu, yakni dengan cara tap Informasi Tambahan. Nantinya, akan muncul informasi terkait nomor pelanggan, jumlah tagihan, dan hal lainnya.

cara bayar tagihan air pdam di akulaku

Biaya Admin Pembayaran Air PDAM di Akulaku

Sudah tahu kan cara bayar tagihan Air PDAM via Akulaku? Sekarang, kamu pun perlu tahu bahwa transaksi ini menerapkan biaya admin. Meski demikian, untuk jumlah pastinya memang tidak tertera di halaman konfirmasi.

Pada intinya, besaran biaya admin ini akan menyesuaikan dengan jumlah tagihan Air PDAM yang dimiliki dan langsung dimasukkan ke dalam total tagihan Akulaku.

Kebijakan yang sama berlaku untuk pembayaran tagihan lainnya, misalnya listrik pascabayar dan pembelian token listrik dengan menggunakan saldo Akulaku.

Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran Air PDAM via Akulaku

Baik Akulaku maupun PDAM punya ketentuan tersendiri soal batas waktu pembayaran tagihan. Adapun PDAM sendiri telah mewajibkan semua pelanggan untuk melunasi tagihannya setiap awal bulan. Lazimnya, ada petugas survei yang datang ke rumah ketika telah masuk waktu pembayaran.

Di lain sisi, Akulaku menyediakan tiga pilihan batas waktu pembayaran, di antaranya pada tanggal 2, 10, dan 25. Pilihan ini disesuaikan dengan tanggal cetak tagihan yang digunakan. Berikut ini rincian selengkapnya:

  • Tanggal Cetak Tagihan: 15, 26, 11
  • Tanggal Pembayaran: 2, 10, 25

Denda Keterlambatan Bayar Tagihan Air PDAM

Perlu juga diketahui, Akulaku pun menerapkan sanksi berupa denda bagi pengguna yang tidak melunasi tagihan tepat waktu. Seperti ketentuan pada biaya admin, besaran denda keterlambatan bayar Akulaku ini pun bergantung pada jumlah tagihan Air PDAM.

Dalam arti, kian besar nominal tagihan, kian besar pula denda yang harus dibayarkan. Informasi ini pun tertera secara jelas di halaman konfirmasi.

Sekian ulasan tentang cara bayar tagihan air PDAM di Akulaku yang bisa kamu coba sekarang juga. Semoga sukses!

Baca juga: Cara Mengembalikan Akun Akulaku yang Di-hack dengan Mudah

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pinjol Cepat Cair 2022 Legal, Simak Daftarnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair merupakan layanan finansial yang sangat dibutuhkan oleh mereka mereka yang sedang terdesak dana cepat. Adapun pinjaman online langsung cair...

Payment Gateway: Definisi, Cara Kerja, hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway pada dasarnya merupakan solusi bagi pembayaran pada bisnis online yang kian marak belakangan ini. Hal ini penting sebagai upaya memberikan...

Dampak Fintech di Indonesia hingga Sederet Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Dampak fintech di Indonesia tentunya sangat besar. Adapun fintech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat. Seperti diketahui, saat ini penggunaaan teknologi informasi...

Pinjol Bunga Rendah 2022 Cepat Cair, Nih 6 Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol bunga rendah 2022 cepat cair tentunya sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang tengah kepepet dana talangan. Meski saat ini ada...

Bisnis Fintech di Indonesia: Ini 11 Startup Fintech Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Bisnis fintech atau financial technology di Indonesia tampak bertumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terjadi sebagai dampak dari perkembangan globalisasi,...
LANGUAGE