28.4 C
Jakarta
Minggu, 2 Oktober, 2022

Cara Mengembalikan Akun Akulaku yang Di-hack dengan Mudah

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengembalikan akun Akulaku yang di-hack sangat penting diketahui oleh mereka yang mengalami masalah ini.

Seperti diketahui bersama, kehadiran layanan kredit online Akulaku memang telah memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membeli barang impian tanpa harus mengumpulkan uang terlebih dahulu.

Dengan adanya limit Akulaku yang bisa mencapai jutaan rupiah, setiap pengguna akan berkesempatan untuk memiliki barang dengan sistem pembayaran cicilan. Di samping itu, Akulaku pun dapat dipakai untuk membeli barang lewat sejumlah e-commerce ternama, seperti Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia.

Baca juga: Cara Otorisasi Akun Gojek di Akulaku dan Sejumlah Manfaatnya

Bukan itu saja, kalau kamu membutuhkan pinjaman uang tunai dengan syarat mudah dan cepat cair maka Akulaku pun menyediakan fitur bernama KTA Asetku dan Dana Cicil. Akan tetapi, berbicara lebih jauh soal Akulaku, sebagai pengguna, kamu pun wajib untuk berhati-hati dalam menggunakan layanan ini.

Pasalnya, ada catatan kasus berupa akun Akulaku di-hack oleh orang lain sehingga si pengguna akun mengalami kerugian cukup besar. Buat kamu yang sedang mengalami hal  tersebut dan mencari solusinya, simak yuk ulasan selengkapnya di bawah ini.

Ciri Akun yang Di-hack—Cara Mengembalikan Akun Akulaku yang Di-hack

Adapun hacker atau para pelaku kejahatan yang melancarkan aksinya lewat internet memang masih menjadi momok mengerikan bagi banyak orang yang berselancar di jagat maya. Para pelaku tindak kejahatan cyber ini biasanya mengincar data-data pribadi dari sebuah akun penting, misalnya Gmail, media sosial, dan platform keuangan seperti Akulaku.

Nah, saat si hacker berhasil meretas akun Akulaku, pelaku ini bisa melakukan transaksi apa saja menggunakan limit yang tersedia tanpa harus memikirkan tagihan setiap bulannya. Inilah beberapa indikasi yang mungkin menandakan bahwa akun Akulaku kamu sedang coba di-hack.

1. Muncul SMS Kode OTP

Ciri pertama, secara tiba-tiba, biasanya kamu sering menerima SMS dari nomor yang tidak dikenal berisi kode OTP. Di SMS itu akan tertera instruksi untuk memberi balasan tertentu agar si pelaku bisa mengetahui kode OTP dimaksud.

2. Tidak Bisa Login Akulaku

Ciri selanjutnya, kamu tidak bisa login ke Akulaku, padahal kamu tidak merasa melakukan logout. Lantas, ketika memasukkan email dan password, akan muncul informasi bahwa data yang dimasukkan salah.

3. Muncul Tagihan Baru

Terakhir, sebagai puncaknya, akan muncul tagihan baru yang merupakan transaksi dari pelaku menggunakan limit Akulaku milikmu.

cara mengembalikan akun akulaku yang di-hack

Cara Mengembalikan Akun Akulaku yang Di-hack via Call Center

Ketika akun Akulaku di-hack, secara otomatis limit Akulaku yang kamu punya tida bisa digunakan, bahkan untuk masuk ke dalam aplikasinya juga sudah tidak bisa.

Jika akun Akulaku kamu sudah terlanjur di-hack maka kamu bisa menghubungi call center Akulaku dengan panduan seperti berikut ini.

  • Lakukan Panggilan: pertama, silakan hubungi kontak pusat pelayanan Akulaku di nomor 1500920.
  • Sampaikan Maksud & Tujuan: setelah tersambung dengan petugas, silakan sampaikan bahwa akun Akulaku kamu di-hack dan kamu ingin melakukan blokir limit sementara.
  • Berikan Data Persyaratan: selanjutnya, petugas akan meminta beberapa data persyaratan, seperti nama lengkap, nomor KTP, dan transaksi terakhir yang dilakukan di Akulaku. Sebutkan data itu dengan jelas dan benar.
  • Proses Pemblokiran Sementara: apabila semua data yang disebutkan telah diverifikasi maka petugas akan melakukan pemblokiran limit Akulaku. Hingga di tahap ini, kamu sudah berhasil mengembalikan akun Akulaku yang di-hack. Artinya, sekarang kamu bisa tenang sebab si pelaku tidak lagi bisa menggunakan limit untuk transaksi.

Baca juga: Demi Keamanan Akun, Begini Cara Mengaktifkan PIN Pembayaran Akulaku

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Akulaku dengan Mengganti Password

Kasus seperti ini juga bisa kamu atasi dengan mengganti password baru. Pasalnya, boleh jadi hacker sebenarnya sudah mengetahui kata sandimu, tetapi berhubung pada saat masuk login harus memasukkan nomor HP, akunmu belum bisa terbuka.

Nah, sebaiknya kamu segera mengganti password dengan tata cara sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Akulaku kamu
  • Selanjutnya, di bagian personal, pilih klik tombol masuk
  • Kemudian, pilih menu forgot password atau lupa passwod
  • Pilih negara, kemudian masukkan nomOR HP
  • Masukkan kode captcha yang ada di layar
  • Klik konfirmasi. Nantinya, akan muncul otorisasi melalui Facebook lalu tekan verifikasi keamanan
  • Selanjutnya, isi nama pengguna email kamu dan password Facebook
  • Klik masuk dan nantinya akan muncul notifikasi Facebook lalu tekan selanjutnya
  • Akan muncul tulisan akses daftar lalu tekan izinkan
  • Jika sampai tahap itu maka kamu harus melakukan verifikasi nomor HP lalu klik kirim
  • Kemudian, cek HP kamu dan tunggu hingga muncul pesan berisi Kode OTP
  • Selanjutnya, simpan atau tulis kode OTP tadi
  • Masukkan kode OTP di kolom yang tersedia lalu klik selanjutnya
  • Masukkan password baru sebanyak dua kali
  • Setelah mengganti password baru, cobalah masuk ke aplikasi Akulaku
  • Selesai!

Tips Aman Menggunakan Akulaku

1. Jaga Kerahasiaan Data Pribadi

Pertama, pastikan untuk selalu menjaga kerahasiaan data pribadi yang tertaut di Akulaku, seperti KTP, nomor HP, email, dan yang lainnya sebab lewat data itulah para Hacker bisa meretas akun Akulaku.

2. Jaga Kerahasiaan PIN

Di samping menjaga kerahasiaan beberapa data di atas, kamu pun tidak boleh memberikan PIN Akulaku kepada siapa pun.

3. Hindari Komplain di Media Sosial

Selanjutnya, bagi kamu yang mengalami masalah pada penggunaan Akulaku, sebaiknya jangan lakukan komplain via media sosial Akulaku, apalagi hingga mencantumkan nomor HP dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, akan lebih baik jika kamu melaporkan masalah tersebut melalui panggilan Call Center sehingga data kamu akan lebih aman dan terjaga.

4. Abaikan Pesan Mencurigakan

Berikutnya, jangan pernah menanggapi pesan-pesan dari nomor asing yang mengatasnamakan pihak Akulaku ya!

Sekian ulasan tentang cara mengembalikan akun Akulaku yang di-hack yang bisa kamu coba sekarang juga. Semoga sukses ya!

Baca juga: Cara Bayar Akulaku via ATM BRI, Biaya Adminnya Gratis Loh

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Kartu Debit Mandiri: Jenis-jenis hingga Cara Membuatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu debit Mandiri senantiasa memberikan kemudahan dalam bertransaksi di banyak tempat dan di waktu kapan saja. Sebagai informasi, kalau dibandingkan dengan uang...

Call Center Allianz Asuransi dan Layanan Pengaduannya

JAKARTA, duniafintech.com – Call Center Allianz asuransi dan layanan pengaduannya tentu penting diketahui oleh para pemilik polis/nasabahnya. Seperti diketahui bersama, Allianz Indonesia menjadi salah satu...

Jenis-jenis Mining Bitcoin, Bisa Dilakoni Buat Mendulang Cuan! 

JAKARTA, duniafintech.com - Mining atau menambang bitcoin ada berbagai jenis juga lho. Ini perlu diketahui bagi seorang investor crypto. Karena selain trading, ada cara...

Wow, Hampir Rp 1 Triliun Bitcoin Dibekukan Terkait Kasus Bos Terra Luna

JAKARTA, duniafintech.com – Otoritas Korea Selatan meminta dua platform jual beli kripto untuk membekukan Bitcoin senilai US 60 juta dollar yang terkait dengan Bos...

Asuransi Rumah Tinggal Terbaik, Ini 5 Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi rumah tinggal, apa itu? Adapun rumah tinggal adalah tempat beristirahat hingga berkumpul bersama keluarga. Fungsi rumah tinggal ini membuat siapa pun...
LANGUAGE