34.5 C
Jakarta
Sabtu, 1 Oktober, 2022

Cara Bayar Akulaku via ATM BRI, Biaya Adminnya Gratis Loh

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Akulaku via ATM BRI berikut ini penting diketahui oleh para pengguna layanan finansial yang satu ini.

Tentu saja, kamu pun sudah tahu ya soal mengenai layanan Akulaku yang akan membantu kebutuhan masyarakat. Akulaku sendiri bisa memberikan limit kredit hingga jutaan rupiah.

Dengan limit itu, penggunanya bisa membeli barang di Akulaku maupun di merchant lainnya dengan sistem pembayaran secara kredit. Terkait Akulaku, tentunya tidak sedikit orang yang sudah memiliki akun di layanan tersebut.

Lantas, apakah kamu pernah menggunakan limit yang diperoleh untuk belanja online? Kalau jawabannya iya maka kamu akan mempunyai tagihan Akulaku yang wajib untuk dilunasi sebelum tanggal jatuh tempo.

Nah, untuk bayar tagihan Akulaku sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya via ATM BRI. Oleh sebab itu, bagi para pengguna Akulaku yang kebetulan adalah nasabah BRI, kamu wajib untuk menyimak artikel ini. 

Baca juga: Cara Otorisasi Gmail di Akulaku dan Sejumlah Manfaatnya

Di samping itu, kamu pu akan mengetahui soal biaya admin hingga tanggal jatuh tempo/batas waktu pembayaran yang ditentukan oleh Akulaku. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Cara Bayar Akulaku via ATM BRI

Cara Bayar Akulaku via ATM BRI

Adapun sebagai pengguna Akulaku, kamu wajib untuk melunasi tagihan sebelum batas waktu yang ditentukan. Sekiranya tidak membayar cicilan Akulaku, kamu mesti siap menerima konsekuensi berupa penagihan lewat panggilan hingga diproses ke ranah hukum—apabila pelanggaran telah melampaui batas.

Nah, demi menghindari segala risiko yang akan diterima, sebaiknya kamu melunasi tagihan Akulaku ini tepat waku. Adapun saat ini, Akulaku telah mendukung cara bayar lewat ATM BRI. Inilah panduannya.

1. Buka Aplikasi Akulaku

Pertama, silakan buka aplikasi Akulaku di smartphone. Di halaman utama, silakan tap menu Keuangan.

2. Tap Cek Tagihan

Selanjutnya, pilih Cek Tagihan untuk menampilkan jumlah cicilan Akulaku yang dimiliki.

3. Pilih Lunasi Sekarang

Setelah itu, tap Lunasi Sekarang untuk bayar tagihan tersebut.

4. Tentukan Jumlah Pembayaran

Lalu tentukan jumlah pembayaran (minimal Rp50.000). Kalau sudah maka klik Bayar Sekarang.

5. Pilih BRI Virtual Account

Nah, untuk cara pembayarannya, silakan kamu pilih BRI Virtual Account.

Baca jugaPesanan Akulaku tidak Sampai? Intip Yuk Cara Mengatasinya!

6. Salin Kode Pembayaran

Berikutnya, akan muncul informasi Nomor Virtual Account di layar smartphone. Salinlah nomor itu sebagai kode pembayaran Akulaku di ATM BRI.

7. Kunjungi Gerai ATM BRI

Kalau sudah menerima kode pembayaran maka selanjutnya silakan datang ke gerai ATM BRI terdekat. Setibanya di situ, silakan masukkan kartu dan PIN ATM BRI dengan benar.

8. Tekan Menu Lainnya

Kemudian, silakan tekan Menu Lainnya di tampilan utama. Di halaman berikutnya, karena di sini kamu hendak membayar Akulaku, silakan klik menu Pembayaran/Pembelian pada pilihan jenis transaksi. Di halaman selanjutnya, silakan pilih Pembayaran/Pembelian Lain.

9. Pilih BRIVA

Berikutnya, tekan menu BRIVA di pilihan menu yang muncul di layar mesin ATM.

10. Input Kode Bayar Akulaku

Lalu silakan catat nomor VA atau kode pembayaran yang sudah kamu salin melalui aplikasi Akulaku.

11. Periksa Data Transaksi

Nantinya, akan muncul rincian data transaksi. Periksalah data itu dan pastikan nama pengguna, nama merchant (Akulaku), serta jumlah tagihan sudah sesuai. Kalau tidak ada masalah dengan data transaksi maka silakn tekan YA untuk menyelesaikan transaksi.

12. Tentukan Jenis Rekening

Di pilihan jenis rekening, kamu pilih Dari Rekening Tabungan.

13. Transaksi Berhasil

Nantinya, mesin ATM BRI akan mengeluarkan struk bukti transaksi bayar Akulaku via ATM BRI sudah berhasil. Simpan struk itu sebagai bukti pembayaran yang sah.

Sebagai catatan, saat mesin ATM BRI tidak mengeluarkan struk bukti pembayaran, kamu tidak perlu khawatir sebab nantinya di aplikasi Akulaku akan muncul pemberitahuan bahwa sebagai pelanggan, kamu telah membayar cicilan pada bulan itu. Dengan demikian, struk dalam bentuk fisik hanya dipakai jika terjadi masalah penagihan di kemudian hari.

Biaya Admin Pembayaran Akulaku via ATM BRI

Berapa sih biaya admin dengan metode bayar Akulaku lewat ATM BRI di atas? Sebagai pengguna layanan ini, kabar baiknya adalah untuk bayar cicilan Akulaku dengan cara ini tidak berlaku biaya admin dalam bentuk apa pun alias gratis.

Ketentuan yang sama pun berlaku untuk bayar cicilan Akulaku dengan metode lainnya, di antaranya via ATM Mandiri, ATM BCA, Mandiri Online, BRImo, OVO, dan sebagainya.

Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran Tagihan Akulaku

Akulaku diketahui punya sanksi khusus bagi siapa pun pelanggan yang tidak tepat waktu dalam membayar tagihannya. Nah, terkait batas waktu paling akhir untuk bayar tagihan, Akulaku menawarkan tiga pilihan tanggal jatuh tempo bagi setiap pelanggan yang digunakan sebagai batas waktu bayar cicilan, yakni tanggal 2, 10, dan 25 setiap bulannya. Nah, ketiga tanggal itu bisa ditentukan ketika pertama kali melakukan transaksi cicilan di Akulaku.

Sekian ulasan tentang cara bayar Akulaku via ATM BRI yang perlu diketahui. Selamat membayar dan usahakan tidak telat ya!

Baca juga: Cara Otorisasi Akun Gojek di Akulaku dan Sejumlah Manfaatnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Isi Saldo DANA via ATM BCA hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara isi saldo DANA via ATM BCA ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna layanan keuangan tersebut. Seperti diketahui bersama, dompet digital...

Cara Bayar Akulaku via Mandiri Online serta Persyaratannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Akulaku via Mandiri Online berikut persyaratannya perlu diketahui oleh para pengguna layanan ini. Seperti diketahui pula, hadirnya aplikasi kredit online...

Asuransi Kecelakaan Kerja: Manfaat hingga Rekomendasi Produk

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kecelakaan kerja adalah bentuk proteksi yang sangat diperlukan oleh seorang pekerja atau karyawan. Asuransi sendiri adalah bentuk perlindungan yang penting bagi...

AIA Call Center, Email, hingga Alamat Kantornya

JAKARTA, duniafintech.com – AIA Call Center adalah salah satu cara termudah untuk bisa menghubungi atau mencari tahu soal beragam layanan AIA. Adapun layanan yang dimaksud...

Menteri Erick Dorong Perempuan dan Generasi Muda Duduki Jabatan Direksi BUMN

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong transformasi perusahaan BUMN dengan mendukung keterwakilan perempuan di jajaran direksi dan pemimpin dari generasi...
LANGUAGE