25 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Pesanan Akulaku tidak Sampai? Intip Yuk Cara Mengatasinya!

JAKARTA, duniafintech.com – Pesanan Akulaku tidak sampai? Tidak perlu panik ya karena dalam ulasan kali ini kamu akan mengetahui cara mengatasinya.

Seperti diketahui bersama, setiap pelanggan Akulaku tentunya pernah membeli barang di Akulaku dengan limit yang tersedia. Nah, untuk pembelian barang non-digital, pesanan akan dikirim melalui berbagai jasa pengiriman, misalnya JNE, J&T, Ninja Express, SiCepat, dan yang lainnya.

Namun, pernahkah ketika kamu membeli barang di Akulaku dan setelah beberapa hari, bahkan sampai beberapa minggu, pesanan itu tidak kunjung tiba? Nah, buat yang pernah mengalami masalah itu tentunya kamu pasti akan merasa sangat jengkel ya.

Baca juga: Apa Itu Akulaku Pay? Beginilah Cara Mengajukannya

Pasalnya, di samping limit sudah terpotong, beberapa barang pun terkadang mewajibkan pengguna untuk bayar DP sekian persen dari harga barang. Lantas, apakah masalah pesanan Akulaku tidak kunjung tiba ini berkaitan penuh dengan jasa pengiriman yang digunakan? Tentunya tidak.

Dalam hal ini, terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan kendala pada pengiriman pesanan Akulaku yang tidak kunjung tiba ke tujuan sampai dengan berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan. Simak yuk ulasan di bawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Pesanan Akulaku tidak Sampai

Akulaku yang merupakan salah satu layanan kredit online terbaik di Indonesia telah menyediakan limit hingga jutaan rupiah bagi setiap penggunanya. Dengan adanya limit ini, para pelanggan Akulaku bisa berbelanja produk impian mereka lewat aplikasi Akulaku atau juga via e-commerce lainnya, seperti Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Tokopedia.

Produk yang dibeli itu nantinya akan tercatat sebagai pesanan dan pembayarannya memotong limit Akulaku yang dimiliki. Nah, setelah produk dipesan, selanjutnya tinggal melewati proses pengemasan dan pengiriman oleh jasa-jasa seperti JNE, J&T, dan sejenisnya.

Akan tetapi, ada juga kasus ketika produk yang dipesan ini tidak sampai ke rumah atau alamat tujuan. Kalau demikian kondisinya maka kamu jangan berburuk sangka ya karena masalah itu boleh jadi disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini.

1. Paket pesanan mengalami transit sehingga pesanan Akulaku tidak sampai

Penyebab yang pertama adalah karena paket berisi pesanan Akulaku kamu sedang mengalami transit dalam perjalanan. Ketentuan itu memang secara mutlak berasal dari pihak jasa pengiriman ya. Lazimnya, status pesanan yang tengah transit akan muncul saat kamu melakukan cek resi.

2. Pengiriman overload penyebab pesanan Akulaku tidak sampai

Alasan berikutnya, yakni paket kalian mungkin juga memang belum dikirim lantaran masih menunggu antrean. Biasanya, hal itu terjadi saat jasa pengiriman yang digunakan sedang mengalami overload atau terlalu banyak pengiriman sehingga beberapa barang mengalami keterlambatan.

pesanan akulaku tidak sampai

3. Alamat tidak lengkap

Selanjutnya, boleh jadi juga pesanan sudah sampai di counter jasa pengiriman terdekat, tetapi karena alamat yang tercantum di pesanan Akulaku tidak lengkap, petugas kurir pun kesulitan untuk mengantarkan paket tersebut sehingga pesanan Akulaku kamu tidak kunjung tiba.

4. Kontak penerima tidak aktif

Bukan hanya karena alamat, nomor HP yang bisa dihubungi sudah tidak aktif pun ikut menjadi penyebabnya loh. Contohnya kamu memberikan alamat kantor/tempat kerja sebagai tujuan pesanan Akulaku, tetapi sebelum paket tersebut sampai, kamu sudah tidak lagi bekerja di tempat tersebut.

Dengan demikian, petugas akan segera melakukan konfirmasi dengan cara menghubungi nomor HP yang tercantum. Akan tetapi, lantaran nomor itu tidak aktif, petugas kurir akan meninggalkan paket di agen hingga yang bersangkutan melakukan konfirmasi.

5. Terjadi kasus penipuan

Penyebab masalah paket Akulaku tidak kunjung tiba berikutnya adalah lantaran terjadi kasus penipuan. Yang namanya transaksi belanja online kan memang tidak lepas dari kasus-kasus seperti itu ya. Nah, kalau benar terjadi seperti itu maka pesanan Akulaku tidak mungkin tiba karena si pelaku hanya mengincar uang pembayaran.

Baca juga: Minimum Pembayaran Akulaku per Transaksi, Segini Besarannya

Cara Mengatasi Pesanan Akulaku tidak Sampai

1. Lacak pesanan Akulaku

Pertama, kamu bisa mengecek resi Akulaku untuk memastikan lokasi pesanan saat ini. Kalau sedang transit atau terjadi overload maka kamu bisa merasa aman sebab pesanan itu pastinya akan tiba sekalipun agak terlambat.

2. Ambil langsung ke agen pengiriman

Kalau pesanan tidak sampai disebabkan oleh informasi alamat maupun kontak yang tidak sesuai maka sebaiknya kamu menjemput paket itu di agen. Metode ini bisa kamu lakukan jika setelah dicek resi ternyata status pengiriman sudah berada di agen atau counter dari ekspedisi pengiriman yang digunakan.

3. Hubungi pihak penjual/pengirim

Selanjutnya, kamu pun bisa menghubungi pihak penjual, baik itu toko di Akulaku maupun e-commerce lain. Di sini, silakan sebutkan nomor resi dan tanggal transaksi, kemudian mintalah kejelasan terkait pesanan itu. Pihak terkait ini nantinya akan membantu kamu untuk melacak dan memantau pesanan agar barang itu bisa segera tiba.

4. Minta bantuan call center

Jika setelah menghubungi pihak penjual, tetapi tidak ada respons dan pesanan pun tidak kunjung datang, maka cara lainnya adalah kamu bisa meminta bantuan call center Akulaku via telepon.

Di sini, silakan sebutkan data pesanan, mulai dari nomor resi, jasa pengiriman yang digunakan, jenis produk, hingga nama toko. Nah, kalau pesanan itu tetap tidak dapat diproses maka biasanya CS Akulaku akan membatalkan pesanan dari sistem dan meminta kamu untuk mengajukan refund alias pengembalian dana.

5. Lapor kepada pihak berwajib

Cara yang paling akhir adalah kamu bisa melaporkan hal itu pada pihak berwajib/berwenang, yakni kepolisian. Pasalnya, boleh jadi pesanan kamu tidak terkirim lantaran adanya tindak penipuan.

Nah, silakan kamu datang ke kantor polisi terdekat dan jelaskan kasus penipuan yang sedang dialami. Jangan lupa juga untuk menunjukkan barang bukti berupa riwayat pesanan, tanggal transaksi dan bukti transfer.

Sekian ulasan tentang pesanan Akulaku tidak sampai yang perlu kamu ketahui. Jangan panik ya sebab kamu bisa mencoba beragam cara mengatasinya di atas. Semoga berhasil!

Baca juga: Cara Beli Tiket Pesawat di Akulaku, Bisa Nyicil Bayarnya!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE