25 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Kelebihan dan Kekurangan COD Shopee [bagi Penjual & Pembeli]

JAKARTA, duniafintech.com – Kelebihan dan kekurangan COD Shopee penting diketahui olehk para penjual dan pembeli di e-commerce populer yang satu ini.

Jika kamu pernah berbelanja menggunakan fitur COD di Shopee maka tentunya akan ada pengalaman unik yang akan kamu rasakan saat harus membayar saat pesanan sudah sampai. 

Akan tetapi, kamu pun perlu tahu bahwa COD di Shopee juga punya keuntungan dan kerugian loh. Nah, untuk mengetahuinya, simak yuk ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Cara Bayar Shopee PayLater lewat ShopeePay & Metode Lainnya

Apa Itu COD?

Pada dasarnya, istilah Cash On Delivery alias COD merujuk kepada sebuah metode pembayaran dalam transaksi saat pembeli dan penjual saling bertatap muka. Istilah yang paling mudah dimengerti untuk metode yang satu ini adalah bayar di tempat.

Adapun mekanisme transaksi dengan metode COD ini sudah ada sejak sebelum adanya marketplace online, seperti Shopee, Tokopedia, dan lain-lain loh. Fitur COD ini sendiri dihadirkan dengan tujuan untuk memudahkan pembeli untuk melakukan pembelian produk di marketplace, termasuk di platform Shopee, tanpa perlu transfer pembayaran.

Akan tetapi, seiring dengan kemunculan marketplace di dunia maya, saat itu metode COD memang masih menjadi salah satu metode pembayaran yang primadona. Hal itu bisa terjadi karena masih banyak orang yang belum sepenuhnya mempercayai marketplace yang saat itu masih tergolong sangat baru sehingga metode pengiriman via ekspedisi yang diselenggarakan pihak ketiga dianggap masih belum terlampau mumpuni.

Lantas, marketplace pun terus mengakomodasi keinginan para penggunanya dengan menyediakan fitur COD di aplikasi mereka sehingga seiring berjalannya waktu, tingkat kepercayaan terhadap marketplace pun kian bertambah.

kelebihan dan kekurangan cod shopee

Kelebihan dan Kekurangan COD Shopee bagi Pembeli

1. Kelebihan COD bagi Pembeli

a. Bebas dari risiko produk tidak sampai

Sebagai contoh, jika ada penjual yang terindikasi penipuan maka risiko tersebut bisa dihindari oleh pembeli. Adapun kebanyakan pembeli merasa lebih nyaman menggunakan metode pembayaran COD ini lantaran khawatir adanya penjual yang tidak jujur.

Kalau pesanan tidak dikirimkan maka pembeli dengan sistem pembayaran COD ini lazimnya tidak akan ambil pusing lantaran tidak akan ada kerugian yang ditanggungnya. Oleh sebab itu, keseriusan penjual dituntut saat memutuskan membuka fitur COD di tokonya.

b. Tidak perlu membayar saat membuat pesanan

Sekalipun sejumlah orang menganggap pembayaran lewat dompet digital atau internet dan mobile banking lebih mudah, tetapi masih banyak loh yang masih lebih menyukai pembayaran tunai dengan menggunakan metode pembayaran COD.

Pasalnya, prosesnya juga lebih mudah lantaran tidak perlu mengantre di ATM atau Indomaret/Alfamart untuk memproses pembayaran tunai. Pembayaran COD ini akan dilakukan saat pesanan diserahkan oleh kurir pengiriman, yang artinya pembeli wajib untuk melakukan pembayaran ketika pesanan diterima.

Maka dari itu, kamu pun harus menyiapkan uang sesuai nominal transaksi di aplikasi Shopee supaya pembayaran pesanan tidak terkendala.

c. Bisa membatalkan pesanan bahkan kalau pesanan sudah sampai

Adapun kebanyakan pembeli akan memilih membatalkan pesanan COD Shopee ini lantaran masalah yang seharusnya dapat dihindari. Pembatalan pesanan ini bisa dilakukan dengan alasan seperti berikut:

– Pembeli tidak berada di lokasi saat pesanan telah sampai

– Pembeli menolak membayar pesanan

Akan tetapi, tindakan pembatalan pesanan COD Shopee ini punya konsekuensi, yakni kalau pesanan COD telah dibatalkan sebanyak dua kali dalam kurun waktu 60 hari terakhir maka akun akan dinonaktifkan sementara oleh Shopee.

Nah, untuk memulihkannya, diperlukan waktu selama 60 hari, terhitung dari tanggal metode COD pembayaran dinonaktifkan.

2. Kekurangan COD bagi Pembeli

a. Risiko penalti akun Shopee

Sejalan dengan kebijakan Shopee, yakni kalau ada dua kali kasus pembatalan sepihak oleh pembeli maka penalti akan diberlakukan dan akun akan dinonaktifkan untuk sementara waktu. Maka dari itu, kalau pembeli jarang berada di rumah saat produk telah sampai maka kurir bisa membatalkan pesanan kalau terjadi beberapa kali pengiriman ulang.

Hal ini tentunya akan berbahaya kalau akun Shopee yang kamu gunakan adalah akun toko/akun yang punya saldo ShopeePay/ShopeePayLater di dalamnya. Di samping penalti akun, membatalkan pesanan ini pun bisa membuat akun Shopee kamu dibatasi atau bahkan dinonaktifkan permanen.

b. Harus menyediakan uang tunai setiap waktu

Lain dengan metode pembayaran lainnya, sistem COD ini mengharuskan pembeli menyediakan uang tunai karena estimasi waktu pengiriman kadang tidak selalu “update”. Kurir pun bisa sewaktu-waktu menelepon penerima, kapan saja saat pesanan sudah sampai.

Baca juga: Cara Belanja di Shopee COD Beserta Syarat dan Ketentuannya

Saat produk akan diantarkan, pembeli harus siap menyediakan uang yang nominalnya pas dengan pesanan. Sebenarnya, hal ini untuk memudahkan dan mempercepat proses transaksi, tetapi adakalanya pembeli selalu lupa akan hal itu dan tidak semua kurir selalu membawa uang kembalian.

Kelebihan dan Kekurangan COD Shopee bagi Penjual

1. Kelebihan COD Shopee bagi Penjual

a. Meningkatkan omzet penjualan

Memakai metode pembayaran via COD ini akan membuat segmen pembeli di toko kamu meningkat. Hal itu karena alternatif pembayaran bertambah, yang diharapkan mampu menggaet calon pembeli baru yang memang sudah nyaman dengan metode COD.

Namun, penjual pun harus memahami keinginan pembeli yang memilih sistem pembayaran COD untuk menghindari pesanan dikembalikan (retur). Adapun salah satu caranya adalah dengan membangun menjelaskan detail spesifikasi produk via live chat Shopee.

b. Menggaet pembeli yang tidak punya rekening bank

Lazimnya, anak-anak muda yang belum punya rekening bank akan sangat menyenangi metode pembayaran COD ini, apalagi saat di daerah mereka tidak ada minimarket dan tidak tersedia metode pembayaran Shopee lainnya.

Sebagai alternatifnya, biasanya mereka akan memilih belanja COD di Shopee. Hal itu tentu saja akan berdampak terhadap peningkatan penjualan sehingga potensi penjualan kian besar.

c. Toko lebih dikenal

Buat sebagian besar orang yang pernah membeli dengan pembayaran COD, mereka akan lebih mengingat dan cenderung kembali lagi ke toko itu. Biasanya, orang-orang ini akan merekomendasikan toko tersebut kepada sanak saudara dan kolega terdekat mereka.

Semakin toko itu dikenal, hal itu akan berdampak pula terhadap peningkatan “exposure” toko, mulai dari peningkatan omzet penjualan, performa chat, hingga followers toko.

d. Biaya pengembalian pesanan gratis

Kalau mendapati pembeli yang mengembalikan pesanan lantaran mereka tidak di lokasi dan pembeli menolak membayar pesanan maka Shopee akan menanggung penuh ongkos kirim yang timbul akibat pembatalan.

Namun, apabila ada alasan lain yang menyebabkan pesanan dikembalikan, misalnya saja produk cacat/rusak, maka biaya pengembalian barang akan ditanggung sepenuhnya oleh penjual.

2. Kekurangan Shopee COD bagi Penjual

a. Mengeluarkan waktu dan tenaga ekstra

Tentunya, memanjakan pelanggan dengan mengaktifkan fitur COD di Shopee ini akan mengeluarkan waktu dan tenaga ekstra. Artinya, penjual harus siap dengan pembatalan produk sehingga secara otomatis waktu dan tenaga yang dikeluarkan pun akan terbuang percuma, padahal barangnya tidak sampai ya!

Nah, kejadian ini lazimnya akan dialami oleh hampir seluruh seller yang mengaktifkan metode pembayaran COD di tokonya. Di samping itu, seller pun akan mengalami kerugian dalam hal “packing” produk.

b. Risiko kerusakan produk

Adapun produk yang dibatalkan juga berpotensi lebih sering terjadi kerusakan lantaran jarak tempuhnya kian panjang sebab setidaknya pada kemasannya akan ada rusak/penyok yang nantinya bisa mengurangi nilai jual produk.

Dalam hal ini, Shopee pun selalu merekomendasikan kepada setiap penjual untuk mengasuransikan produk yang dibeli via COD supaya terbebas dari resiko barang hilang atau rusak. Nah, bagi kamu seorang penjual/seller di Shopee maka sebisa mungkin pilihlah ekspedisi yang menanggung penuh atas kerusakan atau kehilangan barang.

Sekian ulasan tentang kelebihan dan kekurangan COD Shopee bagi penjual dan pembeli yang wajib kamu ketahui. Selamat bertransaksi jual-beli ya!

Baca juga: Cara Bayar Shopee PayLater Pakai DANA dan Biaya Adminnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE