34.5 C
Jakarta
Sabtu, 1 Oktober, 2022

Cara Belanja di Shopee COD Beserta Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara belanja di Shopee COD atau Shopee Cash On Delivery penting diketahui oleh kamu yang doyan belanja online.

Seperti diketahui, belakangan ini tend belanja online memang sangat booming dan hype. Bahkan, boleh disebut bahwa tren ini sudahi mulai mengalahkan belanja secara offline ke toko-toko, mal, maupun supermarket, terlebih lagi sejak pandemi Covid-19 mewabah.

Adapun salah satu e-commerce yang cukup besar di Indonesia adalah Shopee. Tentu saja, kamu pun sudah mengenal apa itu Shopee dan bahkan barangkali juga sudah sering menggunakan Shopee untuk berbelanja berbagai macam keperluan dan kebutuhan.

Baca juga: Cara Bayar Shopee PayLater Pakai DANA dan Biaya Adminnya

Shopee sendiri memang berkembang sangat pesat di tanah air dalam kurun waktu 5 tahun belakangan. Bahkan, Shopee sudah disebut sebagai e-commerce dengan status unicorn, yang punya nilai transaksi melebihi Rp1 triliun.

Itu semua tentu saja dijalankan oleh Shopee dengan menggunakan banyak strategi, mulai dari pemberian promo yang melimpah, cashback besar, diskon, hingga gratis ongkir. Perlu juga kamu ketahui, bukan hanya memberikan promo, Shopee pun mampu berkembang berkat layanan terbaik yang mereka berikan kepada para pengguna Shopee.

Dalam hal ini, mereka juga punya layanan yang namanya belanja yang diberi nama Shopee COD. Nah, untuk mengetahui lebih jauh soal fitur Shopee yang satu ini, simak yuk ulasannya di bawah ini!

Apa Itu Shopee COD?

Shopee COD adalah layanan terbaru dari Shopee dan paling banyak digunakan pada saat ini. Sejalan denga namanya, Shopee COD atau Shopee Cash On Delivery adalah sebutan untuk aktivitas belanja dengan metode bayar di tempat.

Tren belanja bayar di tempat ini memang demikian menguntungkan bagi para pembeli yang memiliki cash atau uang berlebih. Di sini, kamu pun tidak perlu repot repot untuk ke ATM untuk bayar secara online.

Pasalnya, tinggal tunggu kurir datang membawa barang, kamu pun bisa membayarnya pada saat itu juga. Tentu saja, belanja di Shopee COD ini punya ketentuan tersendiri yang sudah ditetapkan langsung oleh Shopee. Ketentuan dan syarat itu sudah tidak bisa diganggu gugat oleh pihak mana pun. Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikutnya di bawah ini.

cara belanja di shopee cod

Syarat dan Ketentuan Shopee COD

Adapun sebelum kamu masuk ke proses pembelian barang melalui COD, kamu harus tahu terlebih dahulu tahu apa saja persyaratan belanja di Shopee COD. Syaratnya memang telah ditetapkan langsung oleh pihak Shopee untuk menjaga kedua belah pihak dari hal apa pun, termasuk penipuan dan pemerasan harga COD.

Berikut ini beberapa persyaratan belanja dengan metode COD dari Shopee.

1. Penjual Mendukung Sistem COD

Pertama adalah penjual harus sudah mendukung metode pembayaran yang satu ini. Kalau sudah maka barang yang akan dibeli dapat dipilih dengan metode pembayaran COD. Biasanya, dalam katalog pun telah mencantumkan metode COD dalam pembayaran.

Nah, sekiranya penjual belum mendukung sistem COD dari Shopee, kamu sebagai pembeli tidak akan berbelanja dengan COD ini ya. Oleh sebab itu, silakan cari dan pilih penjual yang sudah mendukung metode pembayaran ini.

2. Minimal Belanja di Shopee COD

Kedua, pihak Shopee juga telah menetapkan minimal belanja di Shopee COD. Per tanggal 4 Januari 2021 lalu, Shopee sudah memberikan syarat minimal belanja COD adalah Rp0 dan maksimal belanja COD adalah Rp3.000.000.

Dengan demikian, kalau nominalnya di atas Rp3.000.000 maka kamu tidak akan bisa menggunakan metode COD ini ya. Lantas, nominal pembelian yang tidak bulat seperti Rp1.000.900, bagaimana ya? Di sini, kamu bisa melakukan kesepakatan dengan kurir untuk membulatkan pembayarannya.

3. Pastikan Alamat Pengirim Termasuk dalam Area Jangkauan COD

Syarat berikutnya adalah kamu harus memastikan bahwa alamat pengirim telah masuk dalam area jangkauan sistem pembayaran Shopee COD. Hal itu memang menjadi sebuah keharusan agar pesanan kamu bisa sampai dengan cepat dan aman.

Berikut ini adalah area yang dijangkau berdasarkan jasa kirim yang menggunakan metode pembayaran COD:

a. J&T Express: Seluruh Indonesia

b. Shopee Express

– Sameday: Banten, DKI, Jawa Barat

– Standard: Bali, Banten, DKI, Jawa Barat, dan lainnya

c. Standar Ekspres: Banten, DKI, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah

d. ID Express: Bengkulu, Jambi, Jawa Tengah, Lampung, Kalimantan Utara

Baca juga: Cara Restrukturisasi Tagihan Shopee PayLater & Keuntungannya

4. Metode Jasa Kirim

Selanjutnya, untuk berbelanja di Shopee COD juga mensyaratkan metode jasa kirim yang sudah ditentukan. Di sini, kamu bisa menggunakan kurir J&T Express, Shopee Express dan JNE (Pengiriman dari luar negeri), serta ID Express.

5. Biaya Belanja Shopee COD

Mulai tanggal 9 April 2021 lalu, Shopee telah mengenakan biaya penanganan yang berlaku untuk semua pengguna Shopee. Inilah detail biaya penanganan Shopee COD:

– Untuk pesanan COD pertama s/d ke-6 kali akan dikenakan biaya penanganan sebesar 0%.

– Untuk pesanan COD ke-7 kali dan seterusnya akan dikenakan biaya penanganan sebesar 3%.

– Penjual yang teridentifikasi secara sistem memiliki pesanan dropship melebihi pesanan normal, maka seluruh pesanannya akan dikenakan biaya penanganan sebesar 9%.

– Pembeli yang teridentifikasi menggunakan Browser PC/Komputer maupun Mobile Web saat melakukan checkout akan dikenakan biaya penanganan sebesar 9%.

– Penjual yang teridentifikasi secara sistem memiliki pesanan dropship melebihi pesanan normal, seluruh pesanannya akan dikenakan biaya penanganan sebesar 9%.

Cara Mencari Penjual Shopee COD (Bayar Ditempat)

Seperti disinggung di atas, kamu pun harus tahu mana penjual Shopee yang mendukung COD dan yang tidak. Pasalnya, kalau belum mendukung sistem COD maka kamu tidak bisa menggunakan metode bayar ditempat. Berikut ini cara mencari penjual Shopee COD.

1. Melihat Detail Barang

Sebelum membeli, kamu perlu mengecek detail barang tersebut. Kalau ada tulisan COD Bayar Ditempat maka berarti barang itu sudah bisa dibeli menggunakan metode ini. Kalau tidak ada maka kamu tidak bisa menggunakan sistem COD.

2. Mencari dari Kotak Search

Cara termudah untuk menemukan penjual COD adalah menggunakan kotak search aplikasi Shopee. Kamu bisa mengetik COD bayar di tempat lalu enter di kotak search. Nantinya, kamu akan memperoleh daftar barang yang dapat dibeli dengan sistem ini.

3. Menggunakan Tab Filter

Ketiga, untuk mengecek penjual yang telah mendukung COD, kamu bisa mencarinya di tab filter. Silakan cari barang yang ingin dibeli lalu klik tab COD. Secara otomatis, barang akan terfilter, yang telah mendukung fitur COD Shopee.

Cara Belanja di Shopee COD

Proses belanja di Shopee COD ini bisa dilakukan dengan mudah dan tidak jauh berbeda dengan belanja biasa. Berikut ini panduannya:

– Download dan instal aplikasi Shopee di PlayStore maupun AppStore

– Login menggunakan ID dan Password kamu

– Cari barang yang ingin kamu beli

– Jika sudah menemukan barangnya maka klik Beli Sekarang

– Lanjutkan dengan klik Checkout

– Masukkan alamat pengiriman

– Gunakan voucher gratis ongkir atau voucher lainnya

– Pilih Opsi Pengiriman COD

– Pilih Metode Pembayaran Bayar di tempat (COD)

– Klik Buat Pesanan

– Belanja di Shopee COD Berhasil

– Kamu hanya perlu menunggu barang dikirim oleh kurir

– Saat barang sampai di alamat kamu, silakan bayar sesuai  dengan nominal belanjaan

– Selesai!

Sekian ulasan tentang Cara Belanja Di Shopee COD yang perlu kamu ketahui. Yuk, belanja sekarang juga dan bayar di tempat!

Baca juga: Cara Bayar SPinjam Pakai ShopeePay, tanpa Biaya Admin!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Isi Saldo DANA via ATM BCA hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara isi saldo DANA via ATM BCA ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna layanan keuangan tersebut. Seperti diketahui bersama, dompet digital...

Cara Bayar Akulaku via Mandiri Online serta Persyaratannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Akulaku via Mandiri Online berikut persyaratannya perlu diketahui oleh para pengguna layanan ini. Seperti diketahui pula, hadirnya aplikasi kredit online...

Asuransi Kecelakaan Kerja: Manfaat hingga Rekomendasi Produk

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kecelakaan kerja adalah bentuk proteksi yang sangat diperlukan oleh seorang pekerja atau karyawan. Asuransi sendiri adalah bentuk perlindungan yang penting bagi...

AIA Call Center, Email, hingga Alamat Kantornya

JAKARTA, duniafintech.com – AIA Call Center adalah salah satu cara termudah untuk bisa menghubungi atau mencari tahu soal beragam layanan AIA. Adapun layanan yang dimaksud...

Menteri Erick Dorong Perempuan dan Generasi Muda Duduki Jabatan Direksi BUMN

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong transformasi perusahaan BUMN dengan mendukung keterwakilan perempuan di jajaran direksi dan pemimpin dari generasi...
LANGUAGE