26.8 C
Jakarta
Jumat, 14 Juni, 2024

Cara Bayar Tambah Daya PLN Lewat Mandiri, Bikin Rumah Terang

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar tambah daya PLN lewat Mandiri ketika kebutuhan akan daya listrik semakin meningkat, penambahan daya PLN menjadi langkah penting untuk memenuhi kebutuhan energi sehari-hari.

Salah satu cara yang praktis dan efisien untuk melakukan pembayaran tambah daya PLN adalah melalui Bank Mandiri. Berikut adalah panduan lengkapnya:

Akses Langsung ke Website PLN atau Kunjungi Kantor PLN Terdekat

Langkah pertama yang perlu diambil adalah mengakses situs resmi PLN di web.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/perubahan-daya-migrasi. Alternatif lainnya adalah dengan mendatangi kantor PLN terdekat untuk mengajukan penambahan daya secara langsung.

Baca juga: Cara Bayar Tambah Daya PLN lewat Mandiri, Bisa Online Loh!

Dapatkan Kode Bayar dari PLN

Setelah pengajuan penambahan daya, PLN akan memberikan kode bayar sebagai langkah awal untuk melunasi tagihan peningkatan daya yang diajukan. Pastikan untuk mencatat atau menyimpan kode bayar tersebut.

Pilih Bank Mandiri sebagai Pilihan Pembayaran

Bank Mandiri menyediakan layanan pembayaran tagihan tambah daya PLN melalui berbagai kanal, seperti ATM, Mobile Banking, dan Internet Banking. Pilih Bank Mandiri sebagai pilihan pembayaran untuk kemudahan proses.

ATM Mandiri

  • Kunjungi mesin ATM Bank Mandiri terdekat.
  • Pilih menu “Bayar/Beli”.
  • Pilih kategori “Listrik PLN”.
  • Masukkan kode bayar yang telah diberikan oleh PLN.
  • Ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan pembayaran.

Baca juga: Setor Tunai Mandiri di ATM dan Teller, Begini Caranya

Mobile Banking dan Internet Banking Mandiri

1. Buka Aplikasi Mandiri Mobile

Mulailah dengan membuka aplikasi Mandiri Mobile di smartphone Anda. Pastikan aplikasi sudah terpasang dan diperbarui ke versi terbaru.

2. Login ke Akun Mandiri

Selanjutnya, login ke akun Mandiri Anda menggunakan username dan password. Pastikan koneksi internet Anda stabil agar proses login berjalan lancar.

3. Pilih Menu Pembayaran

Setelah masuk ke akun, cari dan pilih menu pembayaran atau tagihan. Di dalam menu ini, akan ada opsi untuk membayar tagihan PLN atau listrik.

Baca juga: Cara Bayar Listrik lewat Mandiri ATM hingga Internet Banking

4. Pilih Pembayaran PLN Prabayar atau Pascabayar

Sesuaikan opsi pembayaran dengan jenis layanan PLN yang Anda miliki, apakah itu PLN prabayar atau pascabayar. Pastikan untuk memilih opsi yang sesuai dengan jenis layanan listrik Anda.

5. Masukkan Nomor Meter atau ID Pelanggan

Selanjutnya, masukkan nomor meter atau ID pelanggan PLN Anda dengan benar. Pastikan untuk memeriksa kembali data yang dimasukkan agar tidak terjadi kesalahan.

6. Pilih Jumlah Tambahan Daya yang Diinginkan

Jika Anda menambah daya, pilih jumlah daya tambahan yang diinginkan sesuai kebutuhan Anda. Pastikan untuk memahami tarif tambahan daya yang berlaku agar pembayaran dapat dilakukan dengan akurat.

7. Pilih Sumber Dana Pembayaran

Pada langkah ini, tentukan sumber dana pembayaran, apakah melalui saldo Mandiri, rekening tabungan, atau rekening giro. Pastikan saldo atau dana yang dipilih mencukupi untuk melakukan pembayaran.

Baca juga: Apa Syarat Pinjaman Bank Mandiri yang Perlu Dipenuhi?

8. Konfirmasi dan Verifikasi Transaksi

Sebelum menyelesaikan transaksi, periksa kembali detail pembayaran Anda. Pastikan nomor meter, jumlah daya tambahan, dan sumber dana pembayaran sudah sesuai. Setelah itu, lakukan konfirmasi dan verifikasi transaksi.

9. Tunggu Konfirmasi Pembayaran

Setelah transaksi berhasil, tunggu konfirmasi pembayaran dari Mandiri dan PLN. Anda akan menerima notifikasi atau struk digital sebagai bukti pembayaran, yang dapat disimpan sebagai referensi.

Syarat-Syarat Tambah Daya PLN lewat Mandiri

  1. Nomor Meter PLN Aktif: Pastikan nomor meter PLN Anda masih aktif dan tidak dalam kondisi padam atau terputus.
  2. ID Pelanggan PLN: Persiapkan ID pelanggan PLN Anda dengan benar. Nomor ini biasanya tertera pada tagihan listrik PLN Anda.
  3. Informasi Tambah Daya: Ketahui besaran daya tambahan yang ingin Anda tambahkan. Informasi ini dapat diperoleh dari petugas PLN atau melalui kantor PLN terdekat.
  4. Saldo atau Dana yang Cukup: Pastikan Anda memiliki saldo atau dana yang cukup di rekening Mandiri untuk menutup biaya tambah daya PLN.
  5. Aplikasi Mandiri Mobile: Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi Mandiri Mobile di smartphone Anda. Pastikan aplikasi dalam kondisi terbaru.
  6. Koneksi Internet: Pastikan koneksi internet Anda stabil saat melakukan transaksi melalui aplikasi Mandiri Mobile untuk menghindari gangguan atau kesalahan.
  7. Memahami Tarif Tambah Daya: Sebelum melakukan tambah daya, pahami tarif tambah daya yang berlaku. Pastikan untuk menyesuaikan jumlah daya dengan kebutuhan Anda.
  8. Periksa Jadwal Layanan PLN: Pastikan Anda melakukan proses tambah daya pada waktu layanan PLN berlangsung. Cek jadwal dan jam operasional kantor PLN terdekat.
  9. Pemahaman Proses Pembayaran: Pahami proses pembayaran tambah daya melalui Mandiri, termasuk langkah-langkahnya dan konfirmasi pembayaran.

Baca juga: Mengaktifkan ATM Mandiri yang Mati Ternyata Mudah, Inilah Panduannya

Keuntungan Pembayaran Melalui Mandiri

  1. Kemudahan Akses 24/7: Layanan pembayaran tagihan tambah daya PLN melalui Bank Mandiri dapat diakses kapan saja dan di mana saja, tanpa terbatas oleh jam operasional. Nasabah dapat melakukan pembayaran sesuai dengan jadwal yang paling nyaman bagi mereka.
  2. Proses Cepat dan Efisien: Melalui kanal seperti ATM, Mobile Banking, dan Internet Banking Mandiri, proses pembayaran dapat diselesaikan dengan cepat dan tanpa perlu mengantri. Ini memudahkan nasabah untuk menyelesaikan transaksi mereka tanpa waktu yang lama.
  3. Rekam Histori Pembayaran: Bank Mandiri menyediakan fitur rekam histori pembayaran, yang memungkinkan nasabah untuk melacak dan menyimpan riwayat pembayaran tambah daya PLN. Ini berguna sebagai referensi dalam mengelola keuangan dan melacak pola pengeluaran.
  4. Pilihan Kanal Pembayaran: Nasabah dapat memilih kanal pembayaran yang paling sesuai dengan preferensi mereka. Baik melalui ATM, Mobile Banking, atau Internet Banking, semua opsi tersebut memberikan kenyamanan dan fleksibilitas dalam proses pembayaran.
  5. Konfirmasi Pembayaran Instan: Setelah melakukan pembayaran, nasabah akan mendapatkan konfirmasi pembayaran secara instan. Hal ini memberikan kepastian bahwa tagihan tambah daya PLN telah diselesaikan dengan sukses.
  6. Keamanan Transaksi: Bank Mandiri menjamin keamanan transaksi pembayaran, menjaga kerahasiaan data dan informasi nasabah. Ini memberikan rasa aman bagi nasabah dalam melaksanakan transaksi keuangan secara daring.
  7. Integrasi dengan Layanan Lain: Bank Mandiri sebagai bank terkemuka menyediakan integrasi layanan, memungkinkan nasabah untuk mengakses berbagai layanan keuangan dalam satu platform. Ini mencakup pembayaran tagihan listrik seperti tambah daya PLN.

Iklan

ARTIKEL TERBARU