29 C
Jakarta
Senin, 15 April, 2024

Cara Beli Tanah di Metaverse Gampang Kok, Begini Tutorialnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara beli tanah di Metaverse tidak sulit. Anda hanya perlu mencari penyedianya dan mengikuti langkah-langkah agar punya aset virtual ini. 

Metaverse adalah dunia komunitas virtual yang saling terhubung. Saat ini, Metaverse sedang banyak digandrungi masyarakat dunia. Teknologi jagad virtual ini telah banyak penggunanya, bahkan sudah banyak juga orang yang melakukan pembelian tanah di Metaverse, mulai publik figur, miliarder hingga perusahaan besar seperti Samsung.

Cara beli tanah di Metaverse mungkin terdengar aneh dan asing, namun sebenarnya hal ini diprediksi akan menjadi hal biasa di masa depan. Terlebih nilainya akan semakin tinggi dalam kurun waktu 10 sampai 20 tahun ke depan. 

Baca juga: Apa Itu Metaverse? Ini Pengertian, Cara Kerja hingga Pelaku Industrinya

Jika Anda penasaran bagaimana cara beli tanah di metaverse, langsung saja simak ulasan berikut ini. 

Apa itu Metaverse? 

Pada ulasan sebelumnya, metaverse adalah dunia komunitas virtual yang dibangun untuk saling terhubung antara satu dengan lain. Dalam komunitas dunia virtual ini, orang dapat bertemu, bermain, bekerja bahkan bertransaksi jual beli seperti pada dunia nyata dengan bantuan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). 

Transaksi dalam komunitas virtual ini biasanya menggunakan mata uang crypto sehingga banyak diartikan sebagai pengertian metaverse kripto.

Secara bahasa metaverse berasal dari kata ‘meta’ dan ‘verse’. Meta berarti ‘melampaui’ dan verse yang bermakna ‘alam semesta’. Secara bahasa ini, Metaverse juga bisa diartikan sebagai ruang yang berisi materi yang melampaui semua hal yang terlihat pada dunia nyata. 

Sebenarnya, konsep itu sendiri pertama kali dikenalkan pada novel Snow Crash tahun 1992 yang merupakan karya Neal Stephenson. 

Sementara itu pengertian Metaverse menurut para ahli, adalah seperti dari penulis esai Matthew Ball memprediksi bahwa Metaverse merupakan gerbang yang membawa manusia untuk bisa merasakan berbagai pengalaman digital dan bahkan akan menjadi platform yang bisa menyerap tenaga kerja baru.

cara beli tanah di metaverse

Cara Beli Tanah di Metaverse

Cara beli tanah di Metaverse dapat dilakukan dengan langkah-langkah ini. Salah satunya adalah mengunjungi situs atau platform Metaverse yang sudah ada seperti The Sandbox, Decentraland, hingga Axie Infinity. 

Platform ini adalah tiga dari sekian banyak marketplace properti yang menawarkan penjualan tanah di Metaverse.

Jika Anda tertarik untuk memiliki tanah di Metaverse, berikut ini caranya:

1. Kunjungi marketplace properti Metaverse seperti Decentraland, Axie Infinity, atau The Sandbox. Lalu login atau register pada akun marketplace yang Anda pilih.

2. Cari bidang tanah yang ada dan bandingkan harganya.

3. Setelah memilih tanah yang akan dibeli, klik untuk membaca lebih lanjut. Perlu diingat, platform properti Metaverse hanya memungkinkan pembelian dari platform dengan menggunakan cryptocurrency yang disetujui. Misalnya Decentraland mengizinkan untuk membeli dan menjual properti dengan MANA, buatan platform itu sendiri.

4. Berikutnya menghubungkan dompet digital Anda ke akun platform properti. Anda harus lebih dulu mendapatkan digital wallet yang kompatibel.

5. Anda bisa menggunakan salah satu dompet digital paling populer yang ada yakni Metamask. Dompet digital ini kompatibel dan hampir bisa digunakan di seluruh platform properti di Metaverse.

6. Catatan berikutnya isi dana dompet digital dengan uang kripto yang sesuai dengan platform properti tersebut. Anda bisa dengan mudah membelinya melalui bursa dan toko kripto. Setelah selesai langkah tersebut, tekan tombol ‘buy‘ atau ‘bid’.

7. Setelah menyelesaikan transaksi, sebidang tanah digital yang beli disimpan dalam NFT di dompet yang terhubung tersebut. Anda juga bisa melihat tanah yang dibeli dengan tab NTFs di dompet.

Baca juga: Tenang Saja, Metaverse Akan Tetap Bertahan saat Crypto Crash

Sebagai informasi, Anda tidak bisa langsung memboyong tanah yang dijual meski Anda sudah menyelesaikan transaksi. Sebab, Anda harus memasukkan jumlah penawaran atau bid terlebih dahulu kepada penjual. Setelah itu tetapkan tanggal kapan Anda ingin penawaran Anda kedaluwarsa.

Kemudian penawaran dapat dibuka tidak lebih dari enam bulan. Setelah enam bulan, Anda harus mengajukan tawaran itu lagi. Penjual pun belum tentu menerima penawaran Anda, bisa saja penawaran dibatalkan. Tapi Anda selalu dapat mengajukan tawaran lain pada bidang atau tanah yang sama. 

Platform Penyedia Tanah di Metaverse

Saat ini ada banyak sekali platform yang menawarkan penjualan properti atau tanah di Metaverse. Dari tiga yang sudah disebutkan sebelumnya, masih ada banyak lagi platform yang menawarkan pilihan dengan harga yang variatif. 

Namun sebelum Anda memutuskan untuk membeli tanah di Metaverse, ada baiknya bila mengecek terlebih dahulu keabsahan platform tersebut.

Salah satu yang paling terkenal yaitu Decentraland yang berhasil mencatatkan penjualan tanah virtual termahal dan juga banyak selebriti dunia yang membeli tanah di marketplace tersebut. 

Setidaknya ada 5 platform properti yang sudah dikenal dan menawarkan tanah di Metaverse, di antaranya:

1. Decentraland

2. The Sandbox

3. Axie Infinity

4. Bloktopia

5. Enjin

Baca juga: Koin Metaverse di Indodax, Pilihan Investasi Menggiurkan!

Itulah ulasan mengenai cara beli tanah di Metaverse. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE