25.6 C
Jakarta
Senin, 15 April, 2024

Cara Withdraw Ethereum ke Rupiah, Bisa Langsung Cair!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara withdraw Ethereum ke rupiah bisa dilakukan dengan mudah. Namun masih banyak trader kripto yang ternyata bingung untuk mencairkannya. 

Ethereum menjadi salah satu aset kripto populer kedua setelah Bitcoin. Saat ini, investasi kripto banyak digandrungi masyarakat. Sehingga volume transaksi aset kripto tersebut cukup besar. 

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti merilis laporan terbaru terkait jumlah investor aset kripto di Indonesia dan transaksi perdagangan yang dihimpun sampai Mei 2022. 

Dalam laporan tersebut, disebutkan dari akhir Desember 2021 sampai Mei 2022, terdapat penambahan 3 juta investor dari 11,2 juta menjadi 14,1 juta investor.

Baca juga: Memahami Apa Itu Ethereum, Sejarah hingga Cara Kerjanya

Sementara untuk jumlah transaksi perdagangan aset kripto di Indonesia, selama periode Januari hingga Mei 2022 sudah mencapai Rp 192 triliun. 

Jika dibandingkan dengan jumlah transaksi pada tahun 2021 dengan masa periode yang sama, terjadi penurunan. Pada Mei 2021, jumlah transaksi aset kripto mencapai Rp 370 triliun.

Apa itu Ethereum? 

Pada ulasan sebelumnya, Ethereum adalah platform perangkat lunak terdesentralisasi yang memungkinkan Smart Contracts and Distributed Applications (DApps) dibangun dan dijalankan tanpa waktu henti (downtime), penipuan, kontrol, atau gangguan dari pihak ketiga. Definisi tersebut tercantum dalam buku Ekonomi dan Bisnis Digital.

Mengutip Dasar Investasi dan Trading Cryptocurrency, Ethereum sendiri membangun sebuah jaringan blockchain yang berfokus pada koin Ethereum (ETH). Para developer koin bisa membuat koinnya masing-masing di atas jaringan Ethereum itu. 

Mengutip buku Ethereum for Dummies, pada 2013, Vitalik Buterin, salah satu pendiri Bitcoin Magazine, merilis laporan resmi yang mengusulkan implementasi blockchain baru yang lebih fungsional. Proposal tersebut merupakan cikal bakal jaringan kripto ini berkembang.

Ethereum saat ini menjadi salah satu aset kripto yang banyak digandrungi investor di Indonesia dan dunia.

Cara Withdraw Ethereum ke Rupiah

Cara Withdraw Ethereum ke Rupiah

Mata uang digital Ethereum (ETH) dapat dicairkan dalam bentuk mata uang fiat, termasuk Rupiah. Namun untuk melakukannya, anda membutuhkan platform perdagangan atau exchange yang resmi dan berlisensi. Salah satunya seperti Indodax. 

Selain Indodax, beberapa rekomendasi bursa untuk mencairkan ETH ke Rupiah di antaranya adalah Zipmex, MetaMask, dan Coinbase. Namun, Anda juga harus memiliki dompet kripto untuk menyimpan ETH yang kamu miliki.

Jika sudah memiliki crypto wallet terbaik yang kompatibel, kamu bisa langsung mencairkan Ethereum (ETH) ke rupiah (IDR) . Jika belum tahu caranya, mari simak cara withdraw Ethereum ke rupiah berikut ini:

1. Pilih Bursa Pertukaran Terbaik

Cari salah satu exchange yang menerima pertukaran ETH ke IDR. Kamu juga bisa memilih bursa yang menerima USD. Beberapa di antaranya seperti seperti platform Indodax, Zipmex, Coinbase, ataupun Kraken.

2. Daftar dan Buat Akun

Biasanya platform bursa kripto akan meminta kamu untuk mengisi alamat email, membuat kata sandi, KTP atau tanda pengenal, nomor rekening bank, dan informasi lainnya.

Proses ini tidak jauh berbeda dengan menyiapkan rekening di perbankan atau akun investasi online lain. Kamu harus memverifikasi identitas sebelum dapat memulai perdagangan. 

Baca juga: Gejolak Pasar Kripto, Pendiri Ethereum Sebut Investor Harus Lebih Pertanian Asetnya

3. Tautkan Rekening Bank

Tautkan rekening bank ke dalam profil akun yang kamu buat untuk dapat menerima dana hasil penjualan Ethereum. Selain rekening bank, kamu juga bisa menggunakan akun PayPal dan sejenisnya.

4. Transfer Ethereum ke Exchange

Buka dompet Ethereum yang sudah kamu buat tadi, lalu pilih opsi kirim Ethereum dan masukkan alamat publik pada bursa pertukaran yang kamu gunakan. Tunggu hingga ETH tersebut berhasil terkirim.

5. Jual ETH ke IDR

Setelah ETH masuk ke akun exchange, masuk ke halaman akun exchange dan cari mata uang yang diinginkan itu. Untuk rupiah, pilih ETH/IDR, lalu ketik jumlah ETH yang ingin dijual dan pilih Jual (Sell).

7. Tarik Uang Tunai ke Rekening Bank

Ketika penjualan ETH berhasil dilakukan, uang dalam mata uang Rupiah akan muncul di akun exchange tersebut. Pilih opsi untuk menarik dana dan tentukan akun bank yang akan kamu gunakan untuk pencairan dana.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Gas Fee Ethereum, Biayanya Kini Turun ke Level Terendah

Itulah cara withdraw Ethereum ke rupiah yang dapat Anda ikuti langkah-langkahnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda terkait dunia cryptocurrency. 

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com.

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE