28.4 C
Jakarta
Minggu, 2 Oktober, 2022

Cara Cek Nomor Rekening Mandiri, Bisa Online Juga Kok!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cek nomor rekening Mandiri berikut ini tentunya sangat penting untuk diketahui oleh para nasabah Bank Mandiri.

Seperti diketahui, adakalanya nasabah bank terpaksa batal melakukan transaksi perbankan lantaran lupa nomor rekeningnya. Adapun kesulitan dalam mengingat nomor rekening ini wajar dialami oleh nasabah karena panjangnya digit unik nomor rekening. Apalagi, jika nasabah itu punya lebih dari satu rekening.

Ditambah pula, buku tabungan yang mencantumkan nomor rekening jarang sekali tersimpan di dalam tas. Nah, saat sewaktu-waktu mesti bertransaksi, lupa nomor rekening ini dapat menjadi masalah yang menjengkelkan.

Dalam hal ini, untuk mengetahui nomor rekening Mandiri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari cara konvensional melalui buku tabungan hingga memanfaatkan kemudahan teknologi.

Sebelumnya, penting juga diingat kembali bahwa nomor rekening ini berbeda dengan nomor ATM. Pasalnya, nomor rekening berfungsi sebagai alat transaksi pembayaran, penyimpanan, transfer, hingga syarat pengajuan kredit, sedangkan nomor ATM adalah nomor identifikasi bank penerbit dan pemilik sah ATM.

Di samping itu, nomor rekening pun tercantum di buku tabungan, sementara nomor ATM tertera di kartu ATM. Adapun nasabah yang memiliki nomor ATM pastinya memiliki nomor rekening, tetapi tidak sebaliknya.

Baca jugaCara Top Up OVO via Mandiri, dari ATM sampai Kartu Debit

Nah, berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui nomor rekening Mandiri supaya tidak kewalahan lagi ketika hendak bertransaksi perbankan akibat keteledoran lupa nomor.

Cara Cek Nomor Rekening Mandiri

Cara Cek Nomor Rekening Mandiri di Buku Tabungan

Adapun cara umum untuk mengetahui nomor rekening Mandiri, yakni melalui catatan di buku tabungan. Pada buku tabungan tercantum berbagai transaksi perbankan dan informasi nasabah. Transaksi perbankan yang tercatat adalah saldo rekening, penarikan tunai, transfer, pembayaran bunga, setoran, dan biaya administrasi.

Sementara itu, informasi nasabah lazimnya berupa nama pemilik rekening, nama cabang bank, tandatangan pemilik rekening yang dilindungi dengan spectroline, dan nomor rekening. Informasi nasabah ini tercantum di lembaran pertama buku tabungan. Oleh sebab itu, kalau kamu lupa nomor rekening Mandiri maka silakan cek lembaran pertama buku tabungan Bank Mandiri dan masalah pun akan terselesaikan.

Cara Cek Nomor Rekening Mandiri melalui Mesin ATM

Biasanya, buku tabungan memang jarang dibawa sehari-hari, lain halnya dengan kartu ATM yang bentuknya yang kecil sehingga mudah disimpan di dompet dan fungsinya yang signifikan untuk proses transaksi dengan mudah melalui mesin ATM yang tersebar di banyak tempat. Jika demikian adanya maka kamu bisa juga mengecek nomor rekening Mandiri menggunakan kartu ATM.

Adapun kebanyakan orang memang belum mengenal fungsi kartu ATM untuk pengecekan identitas rekening. Kartu ATM ini lazimnya hanya digunakan untuk penarikan uang tunai, transfer uang, pembayaran tagihan, dan aktivitas perbankan lainnya. Untuk cara pengecekannya pun mudah, seperti halnya transaksi perbankan lainnya di mesin ATM. Inilah langkah-langkahnya:

– Masukkan kartu ATM.

– Ketik nomor PIN.

– Pilih menu Informasi Saldo.

– Sisa saldo tabungan akan ditampilkan, termasuk nomor rekening.

Via Mandiri Online

Cara mudah lainnya untuk mengecek nomor rekening Mandiri secara online adalah via HP atau ponsel. Metode yang satu ini juga efisien sebab kamu tidak perlu mencari mesin ATM. Namun, untuk menggunakan cara ini, kamu harus mengunduh aplikasi Mandiri Online App di Google PlayStore atau AppStore.

Sebagai informasi, Mandiri punya fitur aplikasi online bernama Livin’ by Mandiri yang mempermudah transaksi secara online. Nah, untuk mengetahui nomor rekening Mandiri melalui Livin’ by Mandiri, kamu hanya perlu masuk atau login lalu pilih menu informasi rekening di halaman utama. Menu informasi rekening ini akan menampilkan nomor rekening kamu. 

Baca jugaCara Daftar Internet Banking Mandiri, Mudah Banget Loh!

Di samping menggunakan aplikasi Livin’ by Mandiri, kamu pun bisa mengecek nomor rekening Mandiri secara online via situs internet banking Bank Mandiri. Silakan masuk ke akun internet banking kamu lalu cek nomor rekening pada menu informasi rekening di halaman depan.

Cara Cek Nomor Rekening Mandiri melalui Struk Transfer

Sekiranya kamu adalah tipe orang yang selalu menyimpan bukti transaksi, seperti struk transfer, kamu pun tidak perlu khawatir akan kewalahan ketika lupa nomor rekening Mandiri. Pasalnya, kamu bisa mengecek nomor rekening lewat struk transfer yang memuat informasi nomor rekening, di samping informasi transaksi, sisa saldo, serta tanggal dan jam transaksi. Masalah lupa nomor rekening pun bisa teratasi dengan mudah.

Melalui Rekening Koran

Rekening koran merupakan ringkasan transaksi keuangan dari sebuah rekening individu maupun badan usaha yang dikeluarkan oleh bank. Rekening koran ini akan mencatat rincian alur debit dan kredit. Untuk mendapatkan rekening koran, beberapa bank ada yang mengirimkan secara rutin kepada nasabahnya, tetapi juga ada yang mengharuskan nasabah untuk mengajukan permohonan cetak rekening koran.

Saat ini, kamu bisa mencetak rekening koran secara online melalui aplikasi mobile banking. Bukan hanya memuat informasi alur debit dan kredit, rekening koran ini pun mencantumkan nomor rekening nasabah. Rekaman rekening koran tersebut dapat menjadi penyelamat kamu saat lupa nomor rekening Mandiri.

Melalui Call Center

Untuk mengecek nomor rekening Mandiri yang lupa juga bisa dilakukan dengan cara mudah lainnya, yakni melalui bantuan layanan call center. Metode yang satu ini bisa kamu tempuh jika kamu tidak punya waktu untuk mencari ATM atau terjadi kendala jaringan internet untuk mengecek secara online.

Di sini, kamu hanya perlu menghubungi call center Mandiri lewat sambungan telepon. Petugas call center nantinya akan membantu kamu mengecek nomor rekening setelah mengkonfirmasi bahwa kamu adalah pemilik rekening sah melalui beberapa pertanyaan.

Di Kantor Cabang

Terakhir, untuk mengetahui nomor rekening Mandiri, kamu pun bisa mengunjungi kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Kamu bisa menggunakan cara ini jika buku tabungan hilang dan tidak memungkinkan untuk mengecek dengan kartu ATM atau mengalami kendala dengan ponsel.

Nantinya, customer service di kantor cabang Mandiri akan membantu kamu mengecek nomor rekening. Pastikan bahwa kamu datang membawa kartu identitas sebagai proses validasi.

Sekian ulasan tentang cara cek nomor rekening Mandiri yang bisa kamu lakukan sekarang juga. Selamat mencoba ya!

Baca jugaCara Daftar SMS Banking Mandiri, Bisa via Smartphone Loh!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Kartu Debit Mandiri: Jenis-jenis hingga Cara Membuatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu debit Mandiri senantiasa memberikan kemudahan dalam bertransaksi di banyak tempat dan di waktu kapan saja. Sebagai informasi, kalau dibandingkan dengan uang...

Call Center Allianz Asuransi dan Layanan Pengaduannya

JAKARTA, duniafintech.com – Call Center Allianz asuransi dan layanan pengaduannya tentu penting diketahui oleh para pemilik polis/nasabahnya. Seperti diketahui bersama, Allianz Indonesia menjadi salah satu...

Jenis-jenis Mining Bitcoin, Bisa Dilakoni Buat Mendulang Cuan! 

JAKARTA, duniafintech.com - Mining atau menambang bitcoin ada berbagai jenis juga lho. Ini perlu diketahui bagi seorang investor crypto. Karena selain trading, ada cara...

Wow, Hampir Rp 1 Triliun Bitcoin Dibekukan Terkait Kasus Bos Terra Luna

JAKARTA, duniafintech.com – Otoritas Korea Selatan meminta dua platform jual beli kripto untuk membekukan Bitcoin senilai US 60 juta dollar yang terkait dengan Bos...

Asuransi Rumah Tinggal Terbaik, Ini 5 Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi rumah tinggal, apa itu? Adapun rumah tinggal adalah tempat beristirahat hingga berkumpul bersama keluarga. Fungsi rumah tinggal ini membuat siapa pun...
LANGUAGE