25.8 C
Jakarta
Kamis, 6 Oktober, 2022

Cara Daftar SMS Banking Mandiri, Bisa via Smartphone Loh!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara daftar SMS Banking Mandiri sangat mudah untuk dilakukan, bahkan juga bisa via smartphone/HP Android loh.

Sebagai informasi, SMS Banking Mandiri atau yang disebut dengan Mandiri SMS adalah sebuah layanan perbankan elektronik yang digunakan untuk mengakses rekening nasabah dengan menggunakan sarana ponsel atau HP.

Di sini, ada sejumlah persyaratan yang perlu dipenuhi untuk bisa mendaftarkan layanan ini. Oleh sebab itu, sebelum mulai mendaftar Mandiri SMS, sebaiknya kamu terlebih dahulu mempersiapkan syarat-syaratnya.

Baca juga: Cara Mengatasi SMS Banking Mandiri Terblokir dengan Mudah

Simak yuk ulasan selengkapnya berikut ini, seperti disadur dari situs resmi Bank Mandiri.

Syarat Daftar SMS Banking Mandiri

Berikut ini beberapa persyaratannya yang perlu dipenuhi:

– Nasabah bank Mandiri pemilik rekening (perorangan) giro atau tabungan.

– Pelanggan operator GSM: Telkomsel, Indosat dan XL. Pelanggan operator CDMA: Flexi, Fren, dan Esia.

– Memiliki handphone GSM/CDMA.

– Menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan layanan Mandiri SMS yang ada pada form aplikasi Mandiri SMS.

Kalau kamu sudah menyiapkan persyaratan di atas maka selanjutnya kamu bisa langsung melakukan pendaftaran. Di bawah ini adalah ulasan selengkapnya terkait tata cara pendaftaran Mandiri SMS, mulai dari ATM hingga kantor cabang Mandiri.

Cara Daftar SMS Banking Mandiri

1. Cara Daftar SMS Banking Mandiri di ATM lewat HP Android/Smartphone

Pertama, kamu bisa mendaftarkan Mandiri SMS ini via mesin ATM dan melakukan verifikasi lewat HP android kamu, dengan langkah-langkah seperti berikut ini:

– Silakan datang ke ATM Mandiri dan membawa Kartu ATM Mandiri.

– Masukkan Kartu ATM dan ketik PIN ATM dengan benar.

– Pilih menu Transaksi Lainnya.

– Pilih menu Registrasi e-Banking, 

– Kemudian, pilih Pendaftaran Awal SMS Banking.

– Lalu masukkan nomor HP yang digunakan.

– Ketik 6 digit PIN SMS Banking (boleh berbeda dengan PIN ATM), kemudian klik “Lanjut”.

– Kamu akan mendapat notifikasi mandiri SMS dari 3535.

– Masukkan tanggal, bulan, dan tahun lahir kamu lalu silakan klik “Lanjut”.

– Lakukan aktivasi lewat HP android milikmu. SMS yang dikirim dari 3535 isinya adalah kode OTP (One Time Password).

– Masukkan Kode OTP tersebut ke form yang ada di ATM.

– Selesai! Nantinya, kamu akan menerima pemberitahuan bahwa SMS Banking sudah berhasil diverifikasi.

Selanjutnya, layanan Mandiri SMS ini akan langsung AKTIF untuk transaksi non finansial, misalnya cek saldo, cek lima mutasi terakhir, dan yang lainnya. Perlu diketahui, 6 digit PIN Mandiri SMS dibuat sendiri oleh nasabah di ATM ketika pendaftaran.

PIN ini bisa langsung digunakan bertransaksi setelah pendaftaran BERHASIL. Di samping itu, PIN tidak perlu diganti ketika transaksi pertama kali.

cara daftar sms banking mandiri

2. Cara Daftar SMS Banking Mandiri di Kantor Cabang

Di samping lewat mesin ATM, kamu pun bisa mendaftarkan layanan SMS Banking ini melalui kantor cabang Mandiri, dengan cara seperti berikut ini:

– Pergi ke kantor cabang bank Mandiri terdekat.

– Mengisi Formulir Aplikasi Mandiri SMS dan menandatanganinya.

– Menunjukkan bukti diri (KTP/SIM/Paspor) serta Buku Tabungan atau Kartu ATM.

– Selanjutnya, petugas akan memproses pendaftaran.

– Layanan akan AKTIF setelah nasabah menerima SMS dari 3355 berisi info PIN Mandiri SMS.

– Nasabah harus melakukan perubahan PIN Mandiri SMS agar dapat bertransaksi. Caranya adalah ketik: PIN (spasi) PIN lama (spasi) PIN baru (spasi) PIN baru kirim ke 3355. Contoh, PIN lama: 111111 dan PIN baru: 123456. Perintah transaksi sebagai berikut: PIN 111111 123456 123456 kirim ke 3355.

– Selesai!

Baca juga: Cara Buka Rekening Mandiri Giro, Banyak Loh Keuntungannya!

Cara Bertransaksi dengan Mandiri SMS

Dalam hal ini, ada du cara bertransaksi Mandiri SMS, yakni dengan KETIK SMS atau PILIH MENU. Inilah penjelasan selengkapnya:

1. KETIK SMS: cara bertransaksi yang dilakukan nasabah dengan mengetikkan format perintah Mandiri SMS pada menu SMS di ponselnya, kemudian mengirim SMS tersebut ke nomor 3355. Cara transaksi ini dapat digunakan untuk nomor telepon GSM maupun CDMA.

2. PILIH MENU: cara bertransaksi yang dilakukan dengan cara cukup memilih menu Mandiri SMS pada ponselnya. Pilih Menu hanya dapat digunakan untuk nomor telepon GSM.

Format Mandiri SMS Banking

Adapun para nasabah Bank Mandiri dapat melakukan berbagai transaksi SMS Banking lewat HP dengan mengirimkan pesan ke nomor 3355. Inilah sejumlah formatnya:

1. Cek saldo Mandiri: Ketik SAL <kode rekening sendiri> <4 digit terakhir nomor rek>. Contoh: SAL 1 1234.

2. Mutasi rekening: Ketik TRN <kode rekening sendiri> <4 digit terakhir nomor rek>. Contoh: TRN 1 1234.

3. Transfer antar rekening Mandiri ke rekening tujuan lain (tanpa berita): Ketik TRT <kode rekening sendiri> <nomor rekening lain> <jumlah uang yang ingin ditransfer>. Contoh: TRT 1 0700001234567 150000.

4. Transfer antar rekening Mandiri ke rekening tujuan lain (dengan berita): Ketik TRT <kode rekening sendiri> <nomor rekening lain> <jumlah uang yang ingin ditransfer> #BERITA max 20 karakter. Contoh, TRT 1 0700001234567 200000#UNTUK BAYAR SPP.

5. Pembelian pulsa: Ketik ISI <kode rekening sendiri> <nomor handphone> <nilai voucher>. Contoh: ISI 1 08131234567 100000.

6. Pembayaran pascabayar: Ketik BYR <kode rekening sendiri> <nomor handphone>. Contoh: BYR 1 0817234567.

7. Transfer Antar Bank Online: Ketik TRB <kode rekening> <kode bank tujuan> <nomor rekening tujuan> <jumlah transfer> <no referensi>. Contoh: TRB 1 022 0950107890000 100000 1234.

8. Ganti PIN: Ketik PIN <PIN lama> <PIN baru> <PIN baru>. Contoh: PIN 111111 995566 995566.

9. Pembayaran PLN: Ketik BYR PLN <kode rekening sendiri> <12 digit no pelanggan>. Contoh: BYR PLN 1 234567890123

10. Cek jumlah poin pada Fiestapoin: Ketik CEK FP. Contoh: CEK FP.

Cara Transfer Mandiri SMS

Bukan hanya melakukan transfer lewat SMS yang dikirim ke nomor 3355, para nasabah Bank Mandiri pun bisa melakukan panggilan di nomor *141*6# di layanan ini. Adapun transfer lewat SMS Banking ini melalui layanan *141*6#.

Namun, layanan ini hanya bisa digunakan di jaringan Telkomsel, XL, dan Indosat. Kamu bisa ikuti prosedurnya seperti berikut ini:

1. Pilih Menu Panggilan: pilih menu atau panggilan telepon dan ketik *141*6#. Pilih nomor 3 untuk Transfer. Pilih nomor 2 untuk Antar Rekening (sesama Bank Mandiri).

2. Masukkan Data Penerima: masukkan nomor rekening tujuan (rekening Bank Mandiri).

3. Masukkan Nominal Transfer: lanjutkan dengan mengetik nominal uang yang ingin ditransfer. Ketik 2 digit PIN dengan urutan sesuai yang diminta lewat SMS yang telah dikirim ke nomor ponsel kamu.

4. Transfer Berhasil: selanjutnya, kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa transfer berhasil.

Penting digarisbawahi di sini, satu rekening milik nasabah hanya bisa didaftarkan untuk satu nomor HP. Apabila nomor HP sama dengan nomor sebelumnya maka nasabah tidak perlu mendaftar ulang.

Akan tetapi, kalau nomor HP berbeda maka nasabah harus menutup layanan Mandiri SMS miliknya terlebih dahulu dengan menghubungi/dial ke Mandiri Call di nomor 14000 dan selanjutnya mendaftar ulang di ATM atau kantor cabang Mandiri.

Sekian ulasan tentang cara daftar SMS Banking Mandiri yang mudah dilakukan, bahkan cukup lewat smartphone/HP Android. Selamat mencoba dan semoga sukses ya!

Baca juga: Cara Bayar Lazada lewat Mandiri: ATM hingga Internet Banking

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Online Terbaik – Tips Jaga Diri Kala Pancaroba Datang

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi online terbaik menjadi salah satu solusi memproteksi diri kala musim pancaroba datang kerap membawa penyakit. Perubahan cuaca dan suhu udara di...

Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM jadi Fokus Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM, jadi fokus pemerintah untuk memacu peningkatan produktivitasnya. Bank Indonesia menyampaikan dalam acara perhelatan internasional Presidensi G20,...

Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA dan BRI, Cek di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, Rabu (5/10/2022), menurut kurs yang tersedia, menguat pada level Rp 15.248 di perdagangan pasar spot. Adapun rupiah...

Pertumbuhan Investor Pasar Modal Asal Sumatera Utara Meningkat 30,41 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Pertumbuhan investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai  memiliki potensi. Terbukti, investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara...

Berita Bitcoin Hari Ini: Wuih, Bitcoin Kembali ke US$20.000!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini datang dengan kabar menggembirakan. Pasalnya, Bitcoin kembali menyentuh level US$20.000. Sebagai informasi, harga mayoritas kripto utama kembali pada...
LANGUAGE