28.4 C
Jakarta
Minggu, 2 Oktober, 2022

Belum Banyak Pesaing, Inilah Jenis Usaha Modal Kecil yang Hits

JAKARTA, duniafintech.com – Usaha modal kecil yang membawa keuntungan besar pastinya diidamkan setiap orang. 

Ada beragam usaha modal kecil yang bisa Anda geluti. Modal tersebut bisa diatur jumlahnya sesuai dengan keinginan anda. Yang pasti, dalam usaha ketekunan dan semangat adalah kunci meraih sukses.

Seiring dengan perkembangan zaman, roda perekonomian juga turut berkembang tentunya. Industri yang sudah bertahan lama semakin maju dan industri-industri baru pun banyak bermunculan seolah tidak ingin kalah saing. 

Walaupun sudah banyak metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha modal kecil, masih banyak orang-orang yang terlalu takut untuk keluar dari zona nyaman. Padahal, dengan membuka usaha rumahan modal kecil, orang-orang akan membuka pintu wiraswasta dengan potensi profitabilitas yang cukup tinggi.

Pengertian Usaha Modal Kecil

Sebelum mengulas lebih jauh, apa sebenarnya yang dimaksud bisnis atau dengan modal kecil? Berapa besar jumlah nominal yang harus disiapkan untuk usaha tersebut? Ya langsung saja. 

Baca juga: Ide Usaha Modal Kecil, dari Hal Sepele Ini Bisa Datangkan Cuan! 

Bisnis modal kecil adalah konsep membuka usaha dengan budget atau modal awal kecil atau nol sekalipun. Tanpa disadari, bisnis ini sudah banyak bermunculan di sekitar Anda.

Ragamnya yang bervariatif memberikan Anda fleksibilitas untuk memilih ide usaha modal kecil sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Usaha Modal Kecil

Usaha Modal Kecil yang Lagi Hits

Inilah daftar ide bisnis atau usaha modal kecil untung besar. Simak beberapa daftar berikut ini sebagai referensi.

1. Usaha Modal Kecil: Online Shop

Sekarang belanja berbagai macam kebutuhan bisa terpenuhi dengan cepat melalui online shop. Seperti namanya, online shop adalah toko yang berbasis dalam jaringan (daring) atau biasa disebut online.

Baca jugaBatumbu, Fintech Pendanaan Usaha Kecil Menengah di Indonesia

Biasanya para pebisnis online shop akan membuka ‘toko’ mereka melalui website ataupun media sosial. Melalui media itulah mereka menawarkan produk yang sekiranya dibutuhkan masyarakat luas. Jika Anda memiliki ide untuk menjual produk serupa, coba pelajari lebih dalam mengenai online shop.

2. Designer

Ide kedua adalah dengan menjadi designer. Jika Anda memiliki skill desain yang mumpuni, coba perdalam kemampuan tersebut dan jadikan sebagai peluang bisnis. Anda cukup mengeluarkan anggaran modal untuk perangkat laptop dan software editor.

3. Influencer atau Content Creator

Contoh bisnis modal kecil yang satu ini mungkin terdengar familiar bagi millennial yang berkecimpung di dunia media dan komunikasi. Influencer adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dengan kapasitas yang ia miliki. Sedangkan content creator adalah seseorang yang membuat konten untuk dinikmati orang.

Kedua contoh ini memang menjadi peluang bisnis yang sedang naik daun. Bagaimana tidak, caranya yang terbilang ‘mudah’ menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat luas. Dengan bermodal smartphone dan kemampuan persuasi yang baik, Anda bisa mencoba untuk menjadi influencer maupun content creator.

4. Freelance

Selain influencer dan juga content creator, millennial pasti kerap mendengar profesi freelance. Pekerja lepas ini seringkali dipilih menjadi pijakan awal karir para fresh graduate.

Dengan bermodal hard dan soft skill yang didapatkan hingga kuliah, menjadi freelancer adalah pilihan yang tepat untuk diambil.

Selain memperoleh bekal pengalaman kerja untuk melamar di perusahaan tertentu, skill yang sesuai dengan pekerjaan freelance juga bisa dikembangkan menjadi peluang bisnis dengan modal yang terbatas.

5. Dropshipper

Apa itu dropshipper? Istilah ini merujuk pada jenis bisnis yang memungkinkan Anda untuk menjual produk orang lain tanpa harus punya stok barang terlebih dahulu. Dengan kata lain, Anda bertindak sebagai perantara antara pemasok produk dan pelanggan. Modal yang dibutuhkan untuk usaha dropshipper adalah berupa smartphone dan koneksi internet.

Itulah ragam jenis usaha modal kecil yang bisa anda geluti. Informasi ini bisa menjadi referensi anda untuk memulai bisnis. Sejatinya, bisnis atau usaha dapat membawa anda dalam memerdekakan finansial, terutama di situasi ekonomi pasca pandemi saat ini. 

Baca jugaMau Investasi yang Menguntungkan Modal Kecil? Begini Caranya

Baca terus fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Kartu Debit Mandiri: Jenis-jenis hingga Cara Membuatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu debit Mandiri senantiasa memberikan kemudahan dalam bertransaksi di banyak tempat dan di waktu kapan saja. Sebagai informasi, kalau dibandingkan dengan uang...

Call Center Allianz Asuransi dan Layanan Pengaduannya

JAKARTA, duniafintech.com – Call Center Allianz asuransi dan layanan pengaduannya tentu penting diketahui oleh para pemilik polis/nasabahnya. Seperti diketahui bersama, Allianz Indonesia menjadi salah satu...

Jenis-jenis Mining Bitcoin, Bisa Dilakoni Buat Mendulang Cuan! 

JAKARTA, duniafintech.com - Mining atau menambang bitcoin ada berbagai jenis juga lho. Ini perlu diketahui bagi seorang investor crypto. Karena selain trading, ada cara...

Wow, Hampir Rp 1 Triliun Bitcoin Dibekukan Terkait Kasus Bos Terra Luna

JAKARTA, duniafintech.com – Otoritas Korea Selatan meminta dua platform jual beli kripto untuk membekukan Bitcoin senilai US 60 juta dollar yang terkait dengan Bos...

Asuransi Rumah Tinggal Terbaik, Ini 5 Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi rumah tinggal, apa itu? Adapun rumah tinggal adalah tempat beristirahat hingga berkumpul bersama keluarga. Fungsi rumah tinggal ini membuat siapa pun...
LANGUAGE