27.6 C
Jakarta
Jumat, 19 April, 2024

Baik Milik Pribadi Maupun Orang Lain, Ini Panduan Cara Cek Nomor Rekening

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cek nomor rekening penting diketahui, terutama ketika sedang tidak membawa buku rekening. Adapun nomor rekening adalah nomor yang digunakan untuk menarik dan menyetorkan uang di bank.

Nomor rekening sendiri dalam penggunaannya diperlukan untuk semua aktivitas keuangan di bank. Setiap nasabah pun tentu saja punya nomor unik yang membedakan nasabah satu dengan yang lainnya.

Ingin mengetahui nomor rekening sendiri? Berikut ini panduan caranya.

Cara Cek Nomor Rekening di Buku Tabungan Rekening Bank

Buku tabungan akan Anda miliki sebagai nasabah sebuah bank. Lewat buku itu, Anda bisa cek nomor rekening sendiri dengan mudah. Pasalnya, buku rekening akan menampilkan informasi catatan mutasi saldo debit dan kredit serta nomor rekening itu sendiri.\

Baca jugaBerapa Penghasilan YouTuber? Simak di Sini Cara Menghitungnya

Biasanya, nomor rekening ada pada bagian cover buku tabungan. Kalau masih ragu maka Anda bisa membuka buku rekening dan mengeceknya secara langsung. Anda pun bakal menemukan informasi lain seperti nama pemegang rekening di halaman yang sama dengan nomor rekening.

Cara Cek Nomor Rekening Melalui Mesin ATM

Automatic Teller Machine atau ATM atau merupakan sebuah mesin yang didesain untuk mempermudah transaksi perbankan para nasabahnya. ATM sendiri saat ini sangat mudah dijumpai dan menjadi fasilitas perbankan bagi setiap nasabah bank.

Anda pun bisa menggunakan mesin ini untuk melakukan pengecekan nomor rekening. Jika sudah di ATM, Anda bisa memilih menu mutasi rekening. Di situ, histori transaksi bakal ditampilkan.

Selain itu, Anda pun bisa melihat nomor rekening di saat yang bersamaan. Sebagai pengguna baru, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut sebagai panduan cek nomor rekening di ATM:

  • Pastikan Anda membawa kartu ATM.
  • Masukkan kartu ke mesin ATM dan input PIN, tetapi jangan sampai ada pihak lain yang tahu PIN itu.
  • Pilih menu cek saldo dan nomor rekening bakal ditampilkan di layar mesin.

Cek Nomor Rekening melalui E-Banking

Adapun e-banking adalah layanan perbankan yang dapat digunakan dan dinikmati oleh nasabah secara online. Artinya, e-banking hadir untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan.

Lewat layanan ini, Anda tidak perlu pergi ke lokasi bank atau ATM terdekat. Pengecekan dapat Anda lakukan melalui ponsel dengan membuka aplikasi e-banking. Bukalah menu info saldo dan lihat nomor rekening yang ditampilkan.

Cek Nomor Rekening Via Internet Banking

Agar dapat menggunakan layanan perbankan yang satu ini, Anda mesti melakukan aktivasi. Kalau sudah maka Anda bisa mencari menu informasi rekening di halaman awal.

Baca juga: 7 Peluang Kerja Lulusan Farmasi dan Besaran Gajinya

Di situlah nantinya Anda bisa mengecek atau mengetahui nomor rekening. Kalau khawatir lupa di kemudian hari maka cobalah tulis di catatan handphone atau perangkat lain, misalnya laptop.

Cek Nomor Rekening Via Mobile Banking

Selanjutnya, ada mobile banking, yang akan membantu Anda sebagai nasabah bank untuk melakukan transaksi perbankan dalam genggaman. Mobile banking adalah aplikasi yang mengandalkan kecanggihan teknologi dan akses internet.

Namun, teknologi ini berbeda dengan internet banking. Pasalnya, mobile banking adalah sebuah aplikasi sehingga Anda harus terlebih dahulu mengunduh dan memasangnya di smartphone.

Dalam hal ini, aktivasi, ID, dan password diperlukan untuk dapat menggunakan fasilitasnya. Anda bisa melakukan registrasi ketika membuka rekening tabungan di kantor cabang bank terdekat atau bisa juga di kemudian hari ketika benar-benar membutuhkannya.

Biasanya, nomor rekening ini berada di menu informasi akun, info, atau semacamnya. Oleh sebab itu, ketika mencoba cek nomor rekening, silakan login ke aplikasi mobile-nya. Lalu, pilih informasi saldo dan nomor rekening bakal ditampilkan di samping saldo Anda.

Cek Nomor Rekening Via Call Center

Layanan call center perbankan saat ini hadir setiap waktu. Artinya, Anda bisa menghubungi layanan pelanggan 24 jam setiap harinya. Anda dapat menghubungi bank lewat layanan telepon untuk berbagai keperluan, termasuk blokir kartu ATM dan memperoleh informasi produk perbankan.

Di samping itu, Anda pun bisa bertanya soal nomor rekening sehingga tidak perlu lagi bingung mencari nomor rekening ketika buku tabungan tidak bisa segera ditemukan.

Cek Nomor Rekening dengan Datang ke Kantor Bank Terdekat

Sejumlah bank besar dan terkemuka di tanah air punya banyak kantor cabang yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Hal itu tentunya akan memudahkan Anda untuk bisa sampai ke lokasi yang paling dekat dari rumah atau kantor.

Baca juga: Sepuluh Tahun ke Depan, Satu Miliar Penduduk Bumi Diprediksi Bakal Gunakan Mata Uang Kripto

Kendati harus repot antre dan menghabiskan waktu, tetapi Anda perlu informasi yang sedang dicari. Pastikan Anda tidak lupa membawa KTP untuk memperlancar proses validasi data ketika customer service bank mencari data, termasuk nomor rekening Anda.

Cek Nomor Rekening di Bukti Transfer

Jika Anda masih menyimpan bukti transfer maka Anda bisa menemukan nomor rekening dengan mudah. Anda pun tidak perlu lagi repot pergi ke ATM atau ke kantor cabang bank terdekat untuk mengecek nomor rekening bank.

Cek Nomor Rekening di Rekening Koran

Nah, bagi Anda yang merupakan nasabah bank yang sering mencetak rekening koran, Anda tidak perlu lagi repot menemukan panduan mengecek nomor rekening. Pasalnya, di rekening koran, juga terdapat informasi soal pemilik rekening, termasuk di dalamnya nomor rekening.

Perbedaan Nomor Rekening dengan Nomor ATM

  • Nomor rekening diperlukan untuk banyak transaksi, misalnya setoran tunai dan transfer sejumlah uang.
  • Nomor rekening ada di buku tabungan, sementara nomor kartu ATM ada di kartu itu.
  • Orang yang memiliki nomor rekening pasti punya nomor kartu ATM setelah mereka mengajukan pembuatan kartu tersebut. Sebaliknya, pemilik nomor ATM belum tentu memiliki nomor rekening sebab boleh jadi mereka menggunakan kartu itu sebagai pemberian orang terdekat.
  • Kalau nomor rekening bisa Anda gunakan untuk berbagai pembayaran maka nomor yang ada di kartu ATM hanya berfungsi sebagai identifikasi bank pembuat serta pemilik sah kartu itu.

Website untuk Melacak Nomor Rekening

  1. CekRekening.id

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan Anda mengunjungi website yang dapat langsung diakses lewat ponsel atau komputer.
  • Kemudian, pilih nama bank dan masukkan nomor rekening.
  • Lanjutkan dengan mencentang “saya bukan robot” dan cek kembali nomor rekening yang tadi dimasukkan.
  • Pilih periksa rekening dan tunggu hingga hasilnya muncul.
  • Dari informasi itu, Anda pun akan tahu apakah nomor rekening ini sebelumnya pernah dilaporkan atau belum termasuk untuk laporan tindak pidana. Hal itu akan sangat membantu Anda sehingga bisa lebih berhati-hati dalam bertransaksi secara online.
  1. lapor.go.id

Langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  • Pilih tipe laporan, baik itu pengaduan, aspirasi, maupun permintaan informasi.
  • Kemudian, isi judul laporan dan penjelasan laporan yang Anda buat di kolom yang tersedia.
  • Kirim laporan dengan klik LAPOR.
  1. www.kredibel.co.id

Berikut ini cara mengeceknya:

  • Masukkan nomor rekening dan klik check
  • Anda akan tahu apakah pernah ada orang lain yang membuat laporan penipuan.
  • Untuk bisa melihat informasi lebih detail, Anda harus login, baik menggunakan akun Google atau akun Facebook.

Demikianlah panduan cara cek nomor rekening yang bisa Anda terapkan mulai saat ini. Jangan takut lagi ya saat lupa nomor rekening!

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admon: Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE