27.6 C
Jakarta
Jumat, 19 April, 2024

Cara Cari Uang di Internet tanpa Modal? Bisa Dong dengan 14 Cara Berikut Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cari uang di internet tanpa modal saat ini sangat diminati oleh banyak orang. Pasalnya, hampir semua orang yang melek digital sekarang ini bisa memperoleh apa pun lewat internet, termasuk mencari uang di internet lewat handphone mereka.

Sebagai informasi, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa memperoleh uang dari internet. Modal yang penting di sini adalah koneksi internet dan juga perangkat komputer untuk tersambung dengan internet.

Baca juga: Berapa Penghasilan YouTuber? Simak di Sini Cara Menghitungnya

Berikut ini cara-caranya yang bisa dicoba.

  1. Cara Cari Uang di Internet tanpa Modal dengan Membuat Blog

Pertama, Anda bisa membuat blog. Dengan membuat blog gratisan, Anda akan punya lahan untuk menghasilkan uang. Tugas seorang blogger adalah menulis artikel atau mengisi halaman blog dengan konten yang sudah dipilih dan tentu saja Anda sangat menguasainya. 

Baca jugaSecara Umum, Inilah 7 Perbedaan Kartu Debit dan Kredit

Anda bisa merintis blog itu dengan baik dan tanamkan dalam pikiran bahwa nantinya blog ini akan menghasilkan, baik melalui adsense iklan yang ditempel di setiap halaman maupun dari endorsement yang disisipkan di setiap konten yang dibuat.

  1. Membuka Toko Online sebagai Cara Cari Uang di Internet tanpa Modal

Situs e-commerce saat ini sangat mudah dijumpai. Oleh sebab itu, Anda bisa menjadi pelanggan hanya dengan mengunduh aplikasi toko online di smartphone dan membeli banyak barang-barang yang Anda mau dengan sangat mudah.

Namun, coba pikirkan bahwa Anda bisa mencari uang di internet lewat toko online itu. Caranya adalah Anda menjadi penjual di toko tersebut. Anda bisa menjual apa saja, tetapi utamakan produk yang dijual itu bisa memberikan Anda cuan yang jelas.

  1. Membuka Kursus Online

Bagi Anda yang punya keahlian public speaking dan presentasi sebuah konten, membuka kursus online dapat menjadi salah satu panduan cari uang di internet yang bisa Anda coba. Dalam arti, modal Anda hanyalah kemampuan berbicara dengan sedikit kemasan pembelajaran yang asik dan disukai banyak orang.

Buatlah kelas dengan fitur paling sederhana dan murah hingga ke kelas yang lebih lengkap dan lebih mahal. Siapkan kamera dan rekam semua silabus yang sudah kamu Anda susun untuk mengikuti pilihan kelas yang disediakan.

Selain itu, Anda juga memberikan modul berformat PDF yang dapat diunduh oleh pengguna dan meraup cuan dari situ.

  1. Menulis eBook

Kalau Anda gemar menulis buku maka ini menulis eBook akan menjadi peluang buat Anda menghasilkan uang di internet tanpa modal. Pasalnya, modal Anda hanyalah kreativitas dan kemauan.

Nah, dengan menulis eBook,Anda tidak perlu mencari penerbit untuk dapat menerbitkan buku yang Anda tulis. Cukup Anda tulis saja dalam format digital atau PDF, lalu Anda pun bisa menjualnya di situs penyedia eBook atau platform sejenis, misalnya Google Book.

  1. Menjadi Freelancer

Begitu banyak situs menghasilkan uang lewat internet saat ini yang menyediakan lowongan kerja sebagai freelance. Pekerjaan ini bisa Anda geluti untuk bisa mengumpulkan uang sebagai cara cari uang di internet tanpa modal. Ada banyak keahlian yang dibutuhkan dan tentu saja bayarannya menggiurkan jika Anda cukup konsisten mendalami satu bidang tertentu.

Situs penyedia lowongan kerja yang cukup populer, antara lain, Upwork, Freelancer, Fiverr, atau Guru. Nah, di sini Anda perlu mengemas portofolio sebaik mungkin dan tentu saja tampilkan diri Anda sebagai sosok yang bisa diajak bekerja sama dan bertanggung jawab. 

Jika semuanya sudah siap maka Anda bisa menawarkan jasa dari kemampuan kepada orang-orang yang membutuhkan di dalam situs tadi.

  1. Jual Foto dan Stok Video

Ingin mendapatkan uang di internet dengan gampang? Cara berikutnya adalah dengan memanfaatkan keahlian fotografi dan pengambilan video yang Anda miliki. Anda pun bisa menjual hasil jepretan foto dan juga syutingan video di berbagai website yang memang menerima foto dan video untuk dijual kembali.

Baca jugaJenis KPR Mandiri, Suku Bunga, dan Cara Mengajukannya

Adapun bisa bisa jadi member yang akan menyetorkan foto-foto terbaik yang nantinya akan dibeli oleh orang yang membutuhkan sesuai dengan niche mereka. Sejumlah situs penyedia stok foto dan video yang bisa digeluti, yakni Shutterstock, iStockPhoto, VideoHive, Pond5, VideoBlocks, dan Dissolve.

  1. Jual Produk Kerajinan Tangan

Hasil kerajinan tangan Anda juga bisa kok dijual di situs-situs spesifik semisal Etsy. Website ini merupakan platform jualan terbesar untuk kerajinan tangan, mulai dari casing HP, cincin, keramik, dan lainnya.

Anda pun tidak perlu punya website pribadi untuk menjual semua karya kerajinan Anda sebab Etsy sudah mengumpulkan semua pelanggan yang suka dengan kerajinan tangan dan Anda hanya tinggal membuat satu akun di dalamnya.

  1. Menjadi YouTuber

Profesi YouTuber sempat menjadi trending di kalangan content creator dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, ada banyak selebriti yang saat ini ikut beralih mengisi konten YouTube dan tentu saja menghasilkan uang yang cukup besar. Nah, ini akan menjadi peluang buat Anda yang bisa membuat konten secara konsisten.

  1. Narator Buku Suara

Cara cari uang di internet tanpa modal yang berikutnya adalah dengan menjadi voice talent untuk membacakan sebuah buku supaya bisa didengar oleh banyak orang. Di sini, Anda hanya perlu suara dan intonasi yang tepat dalam membacakan sebuah cerita di dalam buku. Modal ini merupakan yang paling sederhana yang bisa Anda siapkan untuk cari uang di internet.

Adapun tren ini mulai beralih sejak mulai berkembangnya podcast dan audiobook yang menjadi pilihan orang-orang yang tidak sempat membaca buku, tetapi bisa mendengarkan saat isi buku tersebut dibacakan. Anda pun perlu mikrofon yang baik atau hanya berbekal smartphone yang dimiliki dan rasa percaya diri untuk membacakan konten yang telah disediakan.

  1. Illustrator Digital

Ingat ya, keahlian menggambar jangan hanya dibiarkan untuk dinikmati sendiri. Pasalnya, Anda bisa cari uang di internet dengan modal kemampuan menggambar digital.

Ada banyak konten di media sosial dan internet saat ini yang harus punya tampilan visual yang orisinal. Oleh sebab itu, banyak orang membutuhkan jasa ilustrasi dan desain grafis untuk mengisi konten mereka dengan sesuatu yang asli dan tentunya sesuai dengan karakter website dan konten yang dibuat.

Nah, Anda hanya perlu keahlian Photoshop atau illustrator untuk bisa mendesain konten sesuai dengan keinginan konsumen dan siap cari uang di internet tanpa modal.

  1. Selebgram

Seperti diketahui, Instagram telah berhasil menciptakan profesi baru, yakni influencer dan Selebgram. Kunci dari profesi ini adalah punya follower yang banyak sebab itu merupakan aset yang tidak bisa dibeli secara instan.

Nah, Anda bisa mendapatkan uang di internet melalui tawaran endorsement barang atau jasa untuk diposting di akun Instagram tersebut. Kalau konsisten dalam mengembangkan jaringan bisnis dan konten Instagram yang baik maka bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan penghasilan puluhan juta hingga ratusan juta setiap bulannya.

  1. Admin Media Sosial

Tentu saja Anda setidaknya punya satu akun media sosial. Nah, manfaatkanlah akun tersebut sebagai peluang bisnis yang menggiurkan untuk digeluti kalau Anda memang sering bermain di media sosial dan mengetahui semua fitur-fiturnya.

Cara mendapatkan uang di sini adalah dengan menjadi admin media sosial. Pahamilah semua fitur yang ada di media sosial terkenal, misalnya Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube, dan lainnya serta bagaimana membangun interaksi dengan banyak orang.

  1. Penulis Lepas

Sejalan dengan membuat blog serta mengisinya dengan konten artikel tadi, Anda pun bisa bergelut di bidang literasi digital dengan menjadi penulis lepas. Bahkan, untuk penulis lepas yang belum berpengalaman juga dapat memperoleh uang di internet dengan cepat. Yang terpenting di sini adalah Anda punya pengetahuan dasar penulisan dan suka dengan dunia tulis menulis.

  1. Penerjemah

Terakhir, Anda bisa menjadi penerjemah. Pasalnya, kendala bahasa bisa jadi sangat menyulitkan banyak orang untuk menyerap informasi dari sumber asing. Akan tetapi, kendala ini bisa jadi peluang bisnis cara cari uang di internet yang bisa ditekuni.

Pekerjaan ini tentunya bisa digeluti jika Anda punya kemampuan menerjemahkan bahasa asing ke dalam bahasa lainnya, dalam hal ini ke dan dari bahasa Indonesia. Dengan kemampuan penerjemah ini, Anda bisa mendapatkan peluang bisnis menerjemahkan subtitle film atau menerjemahkan sebuah artikel dari bahasa asing untuk bisa diadaptasi ke bahasa lainnya sesuai dengan kemampuan Anda.

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE