25.8 C
Jakarta
Kamis, 6 Oktober, 2022

Cara Cetak Rekening Koran BCA via Internet Banking & Offline

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cetak rekening koran BCA dalam ulasan kali ini sangat penting dipahami oleh para nasabah Bank BCA.

Untuk diketahui, cara mencetak rekening koran BCA dapat dilakukan lewat sejumlah cara, yaitu via internet banking BCA dan di kantor cabang BCA terdekat. Adapun masing-masing metode ini punya kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Di lain sisi, perlu diketahui pula bahwa lazimnya rekening koran ini diperlukan sebagai persyaratan pengajuan pinjaman kredit, pembuatan visa ke luar negeri, bukti hukum, maupun audit keuangan perusahaan.

Hal itu karena melalui rekening koran, akan bisa terlihat rincian uang keluar dan masuk di rekening seseorang dalam periode tertentu. Hal ini berbeda dengan mutasi rekening. Pasalnya, rekening koran akan menampilkan data yang lebih lengkap seperti jenis transaksi, nama pengirim atau penerima transfer, keterangan saldo awal dan akhir bulan, serta keterangan mutasi kredit dan debit.

Baca jugaApa Itu Token BCA? Inilah Fungsi hingga Cara Menggunakannya

Nah, buat nasabah baru BCA yang ingin tahu tata cara cetak rekening koran BCA secara online melalui internet banking BCA (KlikBCA) dan di kantor cabang berikut kelebihan dan kekurangannya, inilah ulasan selengkapnya.

Cara Cetak Rekening Koran BCA

Cara Cetak Rekening Koran BCA secara Online via Internet Banking

1. Cara cetak rekening koran BCA secara online via internet banking

Berikut ini panduan cara cetak rekening koran dengan metode online via internet banking atau KlikBCA:

  • Buka laman ibank.klikbca.com. Kalau menggunakan ponsel maka pastikan kamu sudah mencentang opsi “Situs desktop” di menu browser.
  • Masukkan USER ID dan PIN Internet Banking.
  • Klik Login.
  • Pilih menu e-Statement.
  • Pilih Savings and Giro.
  • Pilih periode rekening koran sesuai yang diinginkan pada opsi e-Statement Period.
  • Klik Download.
  • File mutasi rekening BCA akan terunduh secara otomatis.
  • Cetak file mutasi rekening tersebut supaya bisa digunakan sebagai syarat kebutuhan.
  • Selesai!

2. Kekurangan dan kelebihan

Adapun kekurangan dari metode ini adalah untuk bisa mengikuti proses cetaknya, nasabah diwajibkan terdaftar pada layanan internet banking BCA (Klik BCA). Sementara itu, pendaftaran internet banking BCA ini hanya bisa dilakukan di mesin yang ada di kantor cabang BCA. Pendaftaran pun perlu dilakukan untuk mendapatkan USER ID dan PIN Internet Banking.

Baca jugaCara dan Syarat Buat ATM BCA: Tahapan, Xpresi, hingga Gold

Sebagai kelebihannya, nasabah tidak dikenakan biaya pencetakan selayaknya di kantor cabang. Nasabah hanya mendapatkan file rekening koran untuk kemudian dicetak atau di-print sendiri.

Cara Cetak Rekening Koran BCA di Kantor Cabang BCA Terdekat

1. Cara cetak rekening koran BCA di kantor cabang

  • Siapkan dokumen, seperti KTP asli, buku tabungan, dan kartu ATM. Pastikan saldo di rekening cukup.
  • Datangi kantor cabang BCA terdekat dengan membawa dokumen-dokumen tersebut.
  • Ambil nomor antrean di mesin yang sudah disediakan.
  • Tunggu beberapa saat hingga giliran sesuai nomor antrean.
  • Saat sudah giliranmu, silakan datangi tempat Customer Service bank.
  • Serahkan dokumen-dokumen yang sudah dibawa tadi kepada pegawai bank.
  • Lalu ikuti instruksi yang diminta.
  • Biaya cetak rekening koran BCA akan diambil dari kartu debit nasabah.
  • Tunggu proses pencetakan rekening koran.
  • Nasabah akan diberikan rekening koran sesuai dengan periode yang diminta.
  • Selesai.

2. Kelebihan dan kekurangan

Mengingat proses cetak rekening koran ini dilakukan di kantor cabang, dalam hal ini nasabah mesti menyiapkan KTP asli, buku tabungan, dan kartu ATM.

Di samping itu, nasabah juga harus memastikan bahwa di kartu ATM telah tersedia saldo yang cukup untuk pembayaran jasa cetak rekening koran BCA, yakni sebesar Rp2.500 per lembar.

Adapun biaya cetak rekening koran itulah yang menjadi kekurangan dari cara cetak rekening koran di kantor cabang. Pasalnya , kalau proses cetak dilakukan secara online maka tidak dikenakan biaya.

Meski demikian, sebagai kelebihannya, cetak rekening koran di kantor cabang ini cukup nyaman sebab semua proses pencetakan ditangani oleh pegawai bank. Nasabah pun hanya perlu memberikan dokumen-dokumen persyaratan dan mengikuti instruksi pegawai bank.

Untuk dipahami juga, cetak rekening koran di kantor cabang ini merupakan pilihan alternatif apabila nasabah belum terdaftar di layanan internet banking atau KlikBCA.

Sekian ulasan tentang cara cetak rekening koran BCA yang bisa kamu lakukan secara online atau offline di kantor cabang. Mudah kan, caranya? Selamat mencoba!

Baca jugaCara Mengaktifkan ATM BCA yang sudah Mati, Hilang, & Terblokir

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Online Terbaik – Tips Jaga Diri Kala Pancaroba Datang

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi online terbaik menjadi salah satu solusi memproteksi diri kala musim pancaroba datang kerap membawa penyakit. Perubahan cuaca dan suhu udara di...

Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM jadi Fokus Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM, jadi fokus pemerintah untuk memacu peningkatan produktivitasnya. Bank Indonesia menyampaikan dalam acara perhelatan internasional Presidensi G20,...

Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA dan BRI, Cek di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, Rabu (5/10/2022), menurut kurs yang tersedia, menguat pada level Rp 15.248 di perdagangan pasar spot. Adapun rupiah...

Pertumbuhan Investor Pasar Modal Asal Sumatera Utara Meningkat 30,41 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Pertumbuhan investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai  memiliki potensi. Terbukti, investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara...

Berita Bitcoin Hari Ini: Wuih, Bitcoin Kembali ke US$20.000!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini datang dengan kabar menggembirakan. Pasalnya, Bitcoin kembali menyentuh level US$20.000. Sebagai informasi, harga mayoritas kripto utama kembali pada...
LANGUAGE