26.3 C
Jakarta
Selasa, 21 Mei, 2024

Cara Investasi Bitcoin dan Daftar Platform Terbaiknya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi Bitcoin untuk pemula sangat wajib dipahami oleh seorang investor pemula di dunia aset kripto.

Adapun investasi mata uang kripto, di antaranya Bitcoin, memang tengah naik daun.  Sejalan bertambahnya waktu, keberadaan Bitcoin juga terasa kian populer.

Di Indonesia, Bitcoin dan mayoritas kripto lainnya saat ini sudah mendapat lampu hijau dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sebagai instrumen investasi yang sah di Indonesia.

Oleh sebab itu, semakin banyak pula orang yang mulai berinvestasi di aset yang satu ini, mulai dari kecil-kecilan bahkan hingga mencapai lebih dari ratusan juta rupiah.

Berikut ini ulasan selengkap terkait cara investasi bitcoin yang perlu diketahui.

Baca juga: Cryptocurrency Hari Ini: Bitcoin Cs di Zona Merah, Ini Daftar Harganya

Cara Investasi Bitcoin

  1. Pelajari Bitcoin

Pelajari lebih lanjut tentang Bitcoin dan teknologi blockchain yang mendasarinya, serta risiko dan potensi keuntungan yang terkait dengan investasi ini. Baca buku dan artikel, ikuti kursus online, dan ikuti perkembangan pasar secara teratur.

  1. Buat Wallet Bitcoin

Buat wallet Bitcoin untuk menyimpan bitcoin yang dibeli. Ada beberapa jenis wallet Bitcoin, seperti wallet desktop, mobile, online, dan hardware wallet. Pilihlah wallet yang aman dan dapat diandalkan.

  1. Pilih Platform Trading

Pilih platform trading Bitcoin yang terpercaya dan aman untuk melakukan pembelian dan penjualan Bitcoin. Pastikan untuk memahami kebijakan biaya dan aturan transaksi di platform tersebut.

  1. Beli Bitcoin

Masuk ke platform trading yang dipilih, lalu beli Bitcoin menggunakan mata uang fiat seperti Rupiah. Pilih jumlah Bitcoin yang ingin dibeli dan bayar menggunakan metode pembayaran yang tersedia di platform trading.

  1. Tetapkan Strategi Investasi

Tetapkan strategi investasi Bitcoin yang jelas, seperti jangka waktu investasi, target profit, dan tingkat risiko yang dapat ditoleransi. Pastikan untuk diversifikasi portofolio dengan berinvestasi pada beberapa jenis aset kripto.

  1. Pertimbangkan Keamanan

Pastikan untuk mengamankan Bitcoin dan informasi keamanan lainnya dengan menggunakan fitur seperti 2FA (Two-Factor Authentication) dan enkripsi wallet. Jangan pernah memberikan informasi pribadi atau rahasia kepada orang yang tidak dikenal.

  1. Pantau Pasar secara Teratur

Pantau pasar Bitcoin secara teratur untuk memantau tren pasar yang terbaru dan melakukan analisis pasar. Ini dapat membantu Anda membuat keputusan trading yang lebih baik dan meningkatkan peluang keuntungan.

Daftar Platform Investasi Bicoin Terbaik

1. INDODAX

Rekomendasi pertama di daftar ini adalah INDODAX yang merupakan platform trading aset kripto pertama buatan Indonesia yang memperoleh tiga sertifikasi internasional.

INDODAX juga punya lebih dari 5,5 juta user member dan juga telah terverifikasi Bappebti.

Bagi kamu yang penasaran ingin mencoba trading di INDODAX, kamu bisa mengunduh aplikasinya agar kamu dapat segera melakukan transaksi jual beli bitcoin dan koin kripto lainnya.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa melakukan transaksi jual beli aset kripto dengan mudah dan aman.

Di sini, memperdagangkan Bitcoin, Ethereum, dan jenis aset kripto lainnya bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, baik bagi pengguna iOS maupun Android.

Di sisi lain, dengan komitmen untuk menjadi yang terpercaya dan teraman, INDODAX juga menjadi pionir aplikasi trading kripto terbesar di Indonesia.

Adapun layanan trading bitcoin dan aset kripto lainnya selama 24 jam nonstop menjadi nilai lebih INDODAX daripada beberapa kompetitornya.

Uniknya lagi, INDODAX pun menawarkan fitur chat khusus antar sesama trader yang ingin berdiskusi menyoal dunia kripto.

Pastinya hal tersebut akan menguntungkan sebab dapat menambah pengetahuan dan pengalaman baru yang dapat dibagikan untuk menghasilkan keuntungan.

  1. TokoCrypto

Telah ada sejak 2017 lalu dan berada di bawah naungan perusahaan Crypto Indonesia, aplikasi yang satu ini terafiliasi dengan Binance Cloud.

TokoCrypto sejauh ini memiliki lebih dari 2 juta lebih pengguna yang terdaftar. Pertumbuhan penggunanya pun cukup signifikan.

Hal itu karena proses akses yang simpel sehingga pengguna dibantu supaya bisa menggunakan aplikasi trading yang satu ini dengan mudah.

Baca juga: Game Penghasil Bitcoin Gratis Terbukti Membayar, Intip Rekomendasinya

  1. Pintu

Selanjutnya ada aplikasi Pintu, yang merupakan sebuah platform jual beli aset kripto yang memiliki desain pengguna yang simpel sehingga gampang digunakan dan sangat pas bagi untuk pemula.

Platform ini adalah aplikasi trading yang juga mudah digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Di platform ini, nasabah hanya perlu melakukan deposit dengan nominal yang tidak terlampau besar sehingga dapat lebih terjangkau oleh masyarakat umum

Keunggulannya terletak pada desain UI dan UX yang intuitif, tersedia pilihan token atau koin beragam, dan proses deposit awal serta penarikannya sangat mudah.

  1. Zipmex

Aplikasi trading kripto yang satu ini bisa membuat kamu nyaman untuk mendapatkan cuan. Juga tersedia di Singapura, Australia, dan Thailand, aplikasi Zipmex di Indonesia telah terdaftar di Bappebti.

Maka dari itu, aplikasi ini pastinya aman untuk digunakan oleh para trader. Zipmex pun menyediakan asuransi dengan nominal hingga mencapai USD100.

  1. Luno

Aplikasi bitcoin berikut ini dapat menjadi salah satu rekomendasi aplikasi kripto terbaik sekarang ini.

Luno merupakan sebuah aplikasi trading yang memberikan beberapa penawaran yang menarik yang dapat menggoda para trader, di antaranya deposit dengan jumlah terjangkau, mulai dari Rp50 ribu.

Namun, penting diperhatikan oleh kamu yang menginginkan transaksi di Luno bahwa di sini proses transfer bank yang sedikit tidak mudah.

Pasalnya, prosesnya akan sedikit memakan waktu, yang mungkin saja menjadikan aktivitas transaksi kamu agak terganggu.

  1. Rekeningku

Rekomendasi selanjutnya di daftar ini adalah salah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang memperdagangkan beragam aset crypto.

Rekeningku menyediakan lebih dari 40 jenis koin kripto, di antaranya Bitcoin, Ethereum, Stellar, dan yang lainnya.

Dengan pola keamanan two factor authentication dan deposit yang sangat ringan, pengguna aplikasi ini bisa lebih aman dan nyaman saat menggunakannya.

Rekeningku juga sudah terdaftar di Bappebti dan Kominfo sehingga pasti terjamin keamanannya.

  1. Triv

Aplikasi berikut ini  menawarkan layanan transaksi aset digital 24 jam non stop. Di platform ini, saat kamu memasukkan dana ke aplikasi ini, biasanya akan dikonversikan ke mata uang rupiah.

Triv pun bisa membantumu untuk melakukan proses penarikan secara cepat, kapan dan di mana saja.

Nah, untuk jenis koin yang diperdagangkan, Triv pun menyediakan variasi koin kripto yang beragam dan memiliki nilai tukar yang cukup kompetitif.

Cara Investasi Bitcoin

Cara Investasi Bitcoin di Indodax

Berikut ini cara beli bitcoin di Indodax yang perlu kamu ketahui

  1. Masuk ke Menu Marketplace

Masuk ke menu “Marketplace” lalu lihat daftar aset kripto yang dijual.

  1. Pilih Bitcoin

Temukan dan pilih BTC dari menu drop-down untuk menyelesaikan proses pembelian kamu.

  1. Pilih Metode Pembelian

Di bagian “Jenis Pesanan”, kamu bisa memilih “Salinan Pasar” atau “Batas”.

Jika memilih “Market Instance” maka kamu akan membeli BTC dengan harga terendah saat itu dan membayar biaya 0,3%.

Kalau memilih “Batas”maka kamu bisa memasukkan harga BTC yang diinginkan.

  1. Konfirmasi Pembelian

Pembelian diproses ketika harga BTC sesuai dengan harga yang dimasukkan.

Pembelian dengan pendekatan “Batas” lazimnya akan memakan waktu lebih lama daripada Instans Pasar.

Kalau sudah memilih “Market Instance” atau “Limit” maka lanjutkan dengan mengeklik “Beli Bitcoin”.

  1. Pilih Tempatkan Pesanan

Klik tombol “Pesan tempat” untuk mengkonfirmasi pembelian BTC di Indodax. Selesai!

Baca juga: Cryptocurrency Hari Ini: Bitcoin Loyo, Solana Pimpin Penguatan, Cek Harganya di Sini

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU