27.8 C
Jakarta
Selasa, 31 Januari, 2023

Cara Investasi Emas di Shopee Plus Kelebihan & Kekurangannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi emas di Shopee bisa menjadi salah satu investasi jangka panjang yang mudah, praktis, dan aman.

Saat ini di Shopee memang telah tersedia layanan tabungan emas online, yang merupakan hasil kolaborasi dengan Pegadaian yang diluncurkan sejak Oktober 2020.

Tujuan dari fitur ini adalah untuk memudahkan setiap orang untuk investasi emas dan juga memperluas jangkauan produk emas di kalangan masyarakat.

Agar bisa menabung emas di sini, pengguna Shopee harus memenuhi syarat dan ketentuan untuk dapat memiliki tabungan emas sebagai langkah awal investasi.

Nah, bagaimana ya caranya? Simak yuk ulasannya selengkapnya berikut ini, seperti dinukil dari Plugin Ongkos Kirim.

Baca juga: Simulasi Tabungan Emas Pegadaian dan Daftar Biayanya

Apa Itu Investasi Emas di Shopee

Layanan tabungan emas ini memungkinkan pengguna Shopee berinvestasi emas secara online di fitur Tabungan Emas yang tersedia di aplikasi Shopee mulai dari Rp500. Di samping itu, layanan ini pun telah resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sehingga menabung emas di Shopee dapat dipercaya dan dipastikan sangat aman.

Mengingat ini masuk dalam kategori investasi emas digital, Tabungan Emas Shopee pun terbilang sangat praktis. Pasalnya, pengguna bisa berinvestasi secara online di mana dan kapan saja selagi ia terhubung internet dan dapat mengakses Shopee.

Lebih jauh, fasilitas ini pun sangat memudahkan sebab melayani pembelian dengan tarif rendah, mulai dari Rp500. Hal itu sengaja dilakukan oleh pihak Shopee untuk mempermudah pelanggannya dalam berinvestasi emas.

Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Emas Shopee

Kelebihan Investasi Emas di Shopee

Melangsir shopee.co.id, terdapat beberapa manfaat dan keuntungan menabung emas di Shopee, antara lain:

  • Investasi emas yang mudah dan praktis.
  • Tidak perlu modal besar karena bisa menabung emas dengan cicilan mulai dari Rp500 saja.
  • Tidak dikenakan biaya administrasi.
  • Terdapat bonus dan promo pembelian emas di Shopee.
  • Bisa bebas pilih untuk cetak emas fisik maupun emas digital.
  • Investasi jangka panjang yang terpercaya dan dijamin aman.
  • Aksesnya mudah bisa dimana dan kapan saja.
  • Pembelian dan proses registrasi dan transaksi yang mudah.
  • Proses pencairan emas bisa dilakukan kapanpun dan terjamin aman karena diawasi OJK.
  • Pilihan cetakan emas yang beragam dan lengkap, mulai dari Antam, UBS, dan Galeri 24.

Kekurangan Menabung Emas di Shopee

Mengingat ini hanya tersedia secara online, investasi emas Shopee pun memiliki kekurangan seperti berikut:

  • Kurang bisa menjangkau masyarakat secara luas karena hanya terbatas pada pengguna Shopee.
  • Hanya dapat diakses oleh masyarakat yang memiliki gadget (smartphone maupun pc).
  • Membutuhkan akses internet yang stabil.

Cara Kerja Tabungan Emas Shopee

Cara kerja investasi emas di Shopee sebetulnya sangat sederhana. Fitur ini menawarkan jasa pembelian dan titip emas di Shopee. Dengan begitu, pengguna dapat berinvestasi emas secara mudah, aman, nyaman dan terjangkau.

Bedanya dengan investasi emas konvensional, pembelian dan proses titip emas dilakukan secara online yakni melalui akses aplikasi Shopee di perangkat HP atau komputer. Hal ini tentu lebih praktis karena investasi bisa dilakukan secara lebih fleksibel.

Sementara pengguna bisa memilih untuk menggunakan emas digital atau emas fisik yang dapat dicetak di gerai Pegadaian. Untuk pencetakan emas fisik dapat dilakukan apabila sudah mempunyai saldo minimal emas seberat 1 gram.

Syarat dan Ketentuan

Agar dapat berinvestasi emas di Shopee, syarat utama bagi pengguna baru, yaitu membuka Tabungan Emas yang bisa diaktifkan melalui aplikasi Shopee. Akan tetapi, sebelum membuka tabungan emas, pengguna terlebih dahulu mesti memperhatikan beberapa persyaratan berikut ini:

  • Wajib investasi awal untuk isi saldo dengan minimal pembelian Rp 500.
  • Pembelian emas selanjutnya berlaku mulai dari nominal Rp 5.000.
  • Wajib mempunyai saldo tetap yang tidak dapat ditarik (mengendap) sebesar 0,05 gram.
  • Bisa transfer emas ke pengguna Shopee lainnya dengan minimal transfer 0,01 gram dan maksimal transfer 100 gram.
  • Mendapatkan buku tabungan nasabah dengan cara datang ke kantor Pegadaian yang didaftarkan.

Baca juga: Karakteristik Bitcoin, “Emas Digital” yang Jadi Investasi Populer 

Cara Investasi Emas di Shopee

  • Buka aplikasi Shopee > lakukan login dengan username dan kata sandi.
  • Di halaman Beranda, pilih menu Pulsa, Tagihan dan Hiburan.
  • Klik pilihan Tabungan Emas > klik Beli.
  • Atur jumlah pembelian emas dalam bentuk gram atau Rupiah. Untuk pembelian dalam gram, tersedia pilihan mulai dari 0,0006 gram. Sementara pembelian dalam rupiah mulai dari Rp 500.
  • Lengkapi data diri sesuai identitas agar bisa melanjutkan proses verifikasi KTP. Ikuti instruksi hingga proses registrasi selesai.
  • Lakukan pembayaran sebagai tahap akhir registrasi (menggunakan metode pembayaran yang tersedia di aplikasi).

Usai tahap pembayaran selesai, saldo emas yang sudah dibeli itu akan otomatis tersimpan dan tercatat di menu Tabungan Emas Shopee di akun. Kamu dapat memantaunya setiap saat melalui aplikasi.

Adapun saldo yang masuk akan disesuaikan dengan jumlah pembelian atau konversi saldo ke harga emas ketika melakukan transaksi. Kemudian, kamu bisa lakukan pembelian berikutnya untuk menambah saldo emas.

Penting diingat, kamu akan diberi tenggang waktu selama 6 bulan setelah pendaftaran dan pembelian untuk segera membuka rekening tabungan emas di Shopee.

Untuk cara verifikasi tabungan emas Shopee di Pegadaian pun cukup mudah, yakni silakan datang ke kantor Cabang Pegadaian terdekat dan mengikuti arahan dari customer service.

Cara Investasi Emas di Shopee

Cara Investasi Shopee: Cara Menjual Emas

Di samping untuk membeli dan mengumpulkan emas, fitur Tabungan Emas Shopee ini juga menyediakan layanan untuk jual emas di aplikasi. Di layanan ini, kamu juga bisa mencairkan emas menjadi uang. Cara jual emas di Shopee adalah:

  • Buka aplikasi Shopee > lakukan login dengan username dan kata sandi.
  • Di halaman Beranda, pilih menu Pulsa, Tagihan dan Hiburan.
  • Klik pilihan Tabungan Emas > klik Beli.
  • Tentukan jumlah emas yang hendak dijual. Kamu bisa menjual emas dalam satuan gram ataupun rupiah.
  • Isikan nama bank dan nomor rekening bank. Pastikan nama pemilik rekening sudah sesuai dengan nama yang teregistrasi di Tabungan Emas Shopee.
  • Pencairan/penjualan emas Shopee hanya berlaku untuk rekening bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.
  • Selesaikan proses penjualan dengan mengikuti instruksi yang tampil di aplikasi.

Kalau transaksi sukses maka Shopee akan mengirimkan nominal uang sebesar berat emas/harga emas yang kamu jual. Daan alias uang akan secara otomatis dikirimkan ke nomor rekening yang kamu gunakan di Tabungan Emas Shopee.

Cara Mencetak Emas Fisik di Pegadaian

Jika sudah punya saldo emas maka kamu pun bisa mencetak bentuk fisik emas yang telah dibeli di Shopee. Cetak fisik emas tersedia bagi pengguna yang sudah punya saldo emas minimal 1 gram.

Adapun cara cetak fisik emas Shopee di Pegadaian sangatlah gampang, yakni tinggal mendatangi gerai Pegadaian yang pernah digunakan untuk membuat rekening tabungan emas Shopee, kemudian minta ke customer service untuk mencetak emas fisik.

Pencetakan emas membutuhkan biaya administrasi. Biayanya bervariasi, bergantung pada jenis cetakan yang ingin digunakan, misal UBS, Antam, atau Galeri 24.

Untuk proses pencetakan memerlukan waktu 10 hari kerja sesudah pembayaran terverifikasi. Selanjutnya, butuh proses selama 15 hingga 40 hari kerja untuk pengiriman emas fisik ke gerai Pegadaian.

Pihak Pegadaian akan menginformasikan jika emas fisik sudah tersedia. Untuk mengambilnya, silakan bawa bukti invoice transaksi pembelian emas Shopee dan juga KTP.

Sekian ulasan tentang cara investasi emas di Shopee yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Kenapa Komisi Shopee Affiliate Bisa Hilang? Ini Penyebabnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Investasi Sektor Manufaktur Naik 52 Persen di Tahun 2022, Tembus Rp497,7 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi pada sektor industri manufaktur di Tanah Air terus meningkat meski di tengah dinamika geopolitik dunia yang menyebabkan ketidakpastian ekonomi global....

Daftar HP Samsung Terbaru 2023 Dari Berbagai Seri

JAKARTA, duniafintech.com - Samsung dikenal sebagai salah satu merek ponsel pintar atau HP favorit banyak orang, terutama bagi para pengguna sistem operasi Android. Pasalnya,...

Sri Mulyani Upayakan Sinergi APBN Kembangkan Produktivitas UMKM

JAKARTA, duniafintech.com - Sinergi APBN sebagai instrumen keuangan negara dengan para pelaku usaha menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat mengamplifikasi pemulihan ekonomi Indonesia. Berkaitan dengan...

Moncer! Ekspor Mobil Surplus Capai 64 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Industri otomotif ekspor mobil surplus merupakan salah satu sektor manufaktur yang strategis karena berperan penting dalam upaya menopang perekonomian nasional.  Juru Bicara...

Berikan PMN, Sri Mulyani Minta BTN Penuhi Kebutuhan Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hak untuk mendapatkan tempat tinggal, termasuk dari BTN, yang layak diatur dalam undang-undang. Namun...
LANGUAGE