25.5 C
Jakarta
Rabu, 30 November, 2022

Simulasi Tabungan Emas Pegadaian dan Daftar Biayanya

JAKARTA, duniafintech.com – Simulasi tabungan emas Pegadaian dan daftar biayanya tentu saja sangat penting diketahui oleh banyak orang.

Salah satu bentuk investasi yang bisa dilakukan adalah membeli emas, yang menjadi investasi yang cukup menguntungkan sebab harga logam mulia ini tidak mudah turun. 

Nah, saat ini, kamu bisa melakukan investasi emas di Pegadaian. Untuk mengetahui  simulasi tabungan emas terkait hal pembukaan rekening, pembelian emas, penjualan emas, dan juga transfer emas ke rekening lainnya di Pegadaian, simak ulasannya berikut ini, seperti dirangkum dari Qoala.

Baca juga: Cara Bayar Pegadaian lewat m Banking BCA hingga ATM

Apa Itu Tabungan Emas Pegadaian?

Pada dasarnya, tabungan emas Pegadaian adalah tempat yang memberikan layanan untuk menitipkan saldo emas agar kamu dapat berinvestasi emas dengan mudah.

Produk yang ada di Pegadaian membantu kamu untuk melakukan investasi emas secara lebih murah, mudah, dan terpercaya. Adapun alasan yang membuatmu perlu memilih tabungan emas, yakni karena layanan ini yang tersedia di semua outlet Pegadaian.

Dalam hal ini, kamu bisa memesan cetak emas mulai dari 1 gram, harga jual dan beli yang cukup kompetitif, biaya pengelolaan dan administrasi yang terjangkau, emas yang pasti 24 karat, kamu bisa melakukan buyback dari 1 gram saja, bisa mentransfer ke rekening tabungan emas hanya dengan 0,1 gram saja, dikelola dengan baik, serta kamu bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram saja.

Simulasi Beli Tabungan Emas di Pegadaian Digital

1. Melakukan pendaftaran di Kantor Pegadaian

Pertama, kamu mesti mendaftarkan rekening terlebih dahulu dan caranya sangat mudah sebab kamu bisa langsung datang ke kantor Pegadaian dan mengisi data-data yang diperlukan sesuai dengan kartu identitas yang kamu miliki.

Nantinya, kamu harus membayar biaya administrasi dan biaya pengelolaan untuk jangka waktu 12 bulan yang nominalnya adalah Rp10.000 dan Rp30.000.

2. Mengunduh aplikasi Pegadaian digital

Usai mendaftar, kamu tinggal mengunduh aplikasi Pegadaian digital yang dapat diunduh di di App Store dan Google Play Store. Aplikasi ini akan membuat kamu bisa melakukan top up secara lebih mudah.

3. Mengisi data pribadi

Pada aplikasi yang sudah diunduh itu, kamu harus mengisi data pribadi secara lengkap, mulai dari nomor CIF, nomor rekening bank, alamat, NPWP, hingga nama lengkap.

4. Melakukan transaksi emas

Kalau sudah mengisi data pribadi dengan lengkap maka aplikasinya nanti dapat digunakan untuk melakukan simulasi tabungan. Adapun pembelian emas di sini bisa dimulai dari Rp6.000 atau setara dengan 0,01 gram.

Di samping itu, pembeliannya pun sangat mudah sebab kamu dapat mengetahui harga jual dan harga beli emas yang terbaru. Kamu pun bisa memasukkan jumlah emas yang ingin dibeli dan mengkonfirmasi pembayaran. Hal yang sama perlu kamu lakukan jika kamu ingin menjual emas.

Simulasi Jual Tabungan Emas di Pegadaian Digital

  • Buka aplikasi Pegadaian digital.
  • Pilihlah menu emas yang ada di halaman depan.
  • Klik pilihan jual.
  • Isi formulir yang diperlukan. Jika semua data sudah diisi maka silakan ceklis kotak untuk melakukan penjualan.
  • Isi data lainnya secara lengkap.
  • Jika semuanya sudah selesai maka tinggal menunggu hingga dana penjualan berhasil masuk ke rekening.

Simulasi Transfer Tabungan Emas di Pegadaian Digital

  • Buka aplikasi Pegadaian digital.
  • Pilihlah menu emas, yang bisa ditemukan di halaman depan.
  • Pilih opsi transfer.
  • Isi formulir yang tersedia. Pastikan sudah menuliskan rekening pengirim dan tujuan dengan akurat.
  • Ikuti semua proses sampai kegiatan transfer tabungan selesai.

Syarat Membuat Tabungan Emas Pegadaian

Bagi kamu yang ingin membuat tabungan emas, kamu mesti punya identitas yang masih berlaku dalam bentuk KTP atau Paspor. Kamu pun perlu mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emas secara benar dan akurat sesuai dengan identitas yang kamu miliki. 

Jika kamu sudah mengisi formulir maka kamu perlu membayar biaya transaksi yang telah dijelaskan tadi.

Baca juga: Cara Gadai Laptop di Pegadaian, Apa Saja Syaratnya?

Cara Buka Tabungan Pegadaian

Agar bisa memiliki tabungan emas di pegadaian maka kamu perlu mengikuti langkah-langkah yang sangatlah mudah, yakni:

  • Pertama, silakan datang ke outlet Pegadaian atau agen Pegadaian. Kamu juga bisa memilih untuk melakukannya secara online lewat aplikasi Pegadaian digital yang bisa diunduh di App Store atau Google Play Store.
  • Setelah itu, isilah formulir permintaan pembukaan rekening tabungan emas dan juga memberikan kartu identitas diri dalam bentuk KTP atau paspor.
  • Kalau sudah disetujui maka kamu harus membayar biaya penyimpanan dan pengelolaan.

Simulasi Tabungan Emas Pegadaian

Daftar Biaya di Tabungan Emas Pegadaian

  1. Biaya Buka Rekening Tabungan Emas
  • Biaya pembukaan rekening jika membuka rekening di outlet Pegadaian dan agen Pegadaian.
  • Biaya fasilitas penitipan emas yang ditarik setiap 1 tahun sekali—jika membuka rekening di outlet Pegadaian, Pegadaian Syariah digital, atau agen Pegadaian. Jika membuka rekening di aplikasi Pegadaian digital maka gratis biaya penitipan untuk 1 tahun pertama.
  • Pembelian emas di setiap platform punya minimal transaksi yang berbeda-beda: di outlet Pegadaian, kamu perlu membeli minimal 0,01 gram, Rp50.000 di Pegadaian digital, Rp70.000 di Pegadaian Syariah digital, dan Rp57.500 di agen Pegadaian.
  • Biaya transaksi hanya akan dikenakan jika kamu menggunakan agen Pegadaian dan biayanya sebesar Rp2.500.
  1. Biaya Transaksi Tabungan Emas
  • Jika mentransfer emas ke rekening lain maka akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp2.000 ketika mentransfernya lewat outlet Pegadaian. Jika mengirimnya lewat Pegadaian digital maka tidak akan dikenakan biaya transfer.
  • Untuk pencetakan rekening koran, akan dikenakan biaya sebesar Rp2.000 per lembar—jika kamu mencetaknya di outlet Pegadaian.
  • Penggantian buku tabungan dikenakan biaya sebesar Rp10.000 per buku—ini harus dilakukan di outlet Pegadaian.
  • Ada biaya di muka sebesar Rp30.000 untuk menitip emas dan dibayarkan setiap tahun.
  • Jika berniat untuk menutup rekening maka kamu perlu membayar sebesar Rp30.000 per rekening yang tutup.
  1. Biaya Cetak Emas Batangan
  • Jenis emas yang pertama adalah emas Antam, dengan jumlah minimal yang bisa dicetak adalah 1 gram dan maksimal adalah 1.000 gram. 1 gram emas seharga Rp120.000 dan yang paling mahal, yaitu 1.000 gram, dihargai Rp25 juta.
  • Ada juga cetakan Antam retro yang hanya bisa dicetak dalam ukuran 1.000 gram dan biayanya Rp15 juta.
  • Kamu pun bisa mencetak emas dalam bentuk UBS. Di sini, kamu harus mencetak minimal 1 gram dan maksimal 1.000 gram. Rentang biayanya mulai dari Rp80.000 hingga Rp7.500.000.
  • Juga ada cetakan galeri 24. Di sini, kamu hanya bisa mencetak emas mulai dari 1 gram hingga 10 gram, sedangkan rentang harganya mulai dari Rp60.000 hingga Rp300.000.
  • Untuk cetakan UBS Disney, bisa dicetak mulai dari 2 gram hingga 10 gram, dengan rentang harganya ada di Rp125.000 hingga Rp350.000.
  • Kemudian, ada cetakan Lotus Archi yang hanya bisa dicetak pada tiga ukuran, yaitu 1 gram, 5 gram, dan 10 gram. Ketiga ukuran ini punya harga berturut-turut sebesar Rp90.000, Rp250.000, dan Rp350.000.
  • Terakhir, ada Dinar yang bisa dicetak dengan ukuran ¼, ½, dan 1 dinar, dengan harga berturut-turut sebesar Rp110.000, Rp210.000, dan Rp380.000.
  1. Pembatasan Transaksi (Per Hari per Nasabah)
  • Ada sejumlah batasan yang dimiliki nasabah untuk melakukan transaksi per harinya. Misalnya, untuk membeli emas. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan pembelian dengan jumlah minimal 0,01 gram dan maksimal 100 gram per CIF.
  • Kemudian, juga ada batasan saat kamu ingin menjual, dengan jumlah minimal yang dijual adalah 1 gram dan maksimal 100 gram per CIF.
  • Kamu pun bisa mencetak dengan jumlah minimal 1 gram dan maksimal 100 gram per CIF.
  • Di samping itu, bisa juga mentransfer saldo 4 kamu ke rekening lainnya dengan jumlah minimal 0,1 gram dan maksimal 100 gram per CIF.
  • Saldo rekening kamu harus setidaknya ada sebesar 0,1 gram per rekening supaya rekening tidak ditutup.

Sekian ulasan tentang simulasi tabungan emas Pegadaian yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cocok Dijadikan Pilihan Investasi, Begini Cara Menabung Emas di Pegadaian

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Payment Gateway  Gratis Terbaik, Simak di Sini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway adalah penyedia layanan pembayaran dan transaksi online yang membantu proses pembayaran bisnis. Adapun gerbang pembayaran ini bertugas menghubungkan pembeli dengan...

Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA hingga BRI, Intip Kurs-nya

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.673 di perdagangan pasar spot Senin (28/11). Adapun Rupiah melemah 0,39%...

Berita Kripto Hari Ini: FTX Lanjutkan Bayar Gaji Pegawainya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini mengulas pertukaran/bursa kripto yang bangkrut, yaitu FTX, dan perusahaan afiliasinya. Pada Senin, 28 November 2022, FTX yang sudah...

Modal Usaha UMKM jadi Fokus Amartha Kolaborasi dengan eFishery

JAKARTA, duniafintech.com -  PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) sebagai perusahaan teknologi finansial yang berfokus pada penyaluran modal usaha bagi UMKM, menjalin kolaborasi dengan eFishery. eFishery...

Keunggulan Mekanisme Blockchain, Aman & Transparan!

JAKARTA, duniafintech.com - Keunggulan mekanisme Blockchain tentunya memiliki keamanan yang kuat dan transparan dalam setiap transaksi. Teknologi ini merupakan teknologi pendukung yang diterapkan dalam aset kripto atau...
LANGUAGE