25.8 C
Jakarta
Kamis, 6 Oktober, 2022

Karakteristik Bitcoin, “Emas Digital” yang Jadi Investasi Populer 

JAKARTA, duniafintech.com – Pada dasarnya, karakteristik Bitcoin (BTC) yaitu sebagai alat instrumen investasi. 

Bitcoin saat ini populer menjadi pilihan investasi masyarakat dunia. Di Indonesia, jumlah investor bitcoin terus tumbuh. 

Banyak para trader memilih bitcoin sebagai instrumen investasi lantaran membawa keuntungan. Namun Anda juga mesti memahami risiko tersebut. Kenali yuk karakteristik Bitcoin tersebut. 

Mengenal Apa Itu Bitcoin

Bitcoin populer berkat Satoshi Nakamoto yang menerbitkan Bitcoin pada tahun 2009. Nakamoto sendiri sosok yang tidak diketahui kebenaran identitasnya. 

Ketika diterbitkan, Bitcoin adalah mata uang digital dengan jumlah yang masih minim, sekitar 50 unit di seluruh dunia. Kini, Bitcoin telah meledak hingga mencapai 21 juta unit. Sebagai mata uang digital, Bitcoin digunakan untuk transaksi pembayaran yang tercatat dalam blockchain.

Apa itu blockchain? 

Blockchain adalah teknologi untuk menyimpan data secara digital melalui sistem kriptografi. Melalui blockchain, semua transaksi Bitcoin bisa dilihat dan diperiksa semua orang karena adanya sistem open source. 

Misalnya, kamu melakukan transaksi digital yang disebut sebagai block, catatan kamu ini akan dihubungkan ke dalam sebuah daftar bernama chain. Blockchain tidak dimiliki oleh suatu entitas, sebaliknya setiap orang bisa melihat daftar transaksi yang terhubung satu sama lain.

Karakteristik Bitcoin

Tiga Karakteristik Bitcoin

Dengan sistem blockchain, Bitcoin adalah sistem pencatatan transaksi global yang terdesentralisasi. Kamu dapat bebas mengakses catatan transaksi dari seluruh dunia kapanpun dan dimanapun.

Hal ini menjadikan Bitcoin sebagai aset kripto dengan prospek tinggi yang memiliki tiga karakteristik unik. Yaitu, karakter Bitcoin sebagai sistem pembayaran, emas digital, dan karakter mirip internet. Apa maksudnya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Karakteristik Bitcoin sebagai Sistem Pembayaran

Rumitnya sistem pembayaran secara online sering menjadi kendala bagi para nasabah perbankan. Hal ini bahkan akan semakin rumit jika kamu membutuhkan transaksi keuangan antar negara, baik itu pembelanjaan maupun sekedar transfer antarbank dan antarnegara. 

Baca jugaWaktu Terbaik untuk Trading Kripto Agar Profit, Ternyata Begini Lho! 

Proses ini akan membutuhkan waktu dan biaya yang tidak bisa dianggap kecil. Namun kehadiran bitcoin bisa menjadi solusi untuk berbagai transaksi keuangan ini.

Pasalnya, Bitcoin adalah mata uang digital yang memungkinkan sistem kas tersinkronisasi dalam layanan internet, sehingga berbagai transaksi bisa berlangsung secara real time. 

Pengguna Bitcoin bisa melakukan transaksi pembayaran, pengiriman uang dan yang lainnya dengan cepat dan hemat biaya. Beberapa perusahaan besar dunia telah menggunakan Bitcoin untuk pembayaran produknya, misalnya pembayaran aplikasi dan game di Microsoft.

2. Karakteristik Bitcoin sebagai Emas Digital

Hingga saat ini, emas masih menjadi salah satu aset dengan nilai tertinggi dan banyak dicari. Peminat emas sangat tinggi, meski produk ini terbilang mahal di pasaran. 

Sebagai instrumen investasi, emas memang terbilang likuid sehingga investor tidak khawatir untuk menyimpannya dalam jumlah yang besar. Ketika keberadaannya semakin langka, maka akan semakin dicari dan harga di pasar akan melonjak.

Baca jugaSering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Trading Kripto dan Forex

Di dalam prakteknya, Bitcoin juga memiliki karakter seperti emas. Nilai Bitcoin diprediksi masih akan terus meningkat di masa depan. Bitcoin adalah aset kripto yang juga sering disebut sebagai emas digital. Berikut ini adalah beberapa karakteristik bitcoin yang mirip dengan karakter emas:

– Bitcoin memiliki jumlah yang terbatas, hanya 21 juta di seluruh dunia.

– Bitcoin bisa dibagi menjadi unit yang kecil tanpa menghilangkan nilai dari unit itu sendiri (1 Bitcoin = 100 juta Satoshi). Pembelian Bitcoin bisa dilakukan dengan satuan unit ini, tanpa harus membeli 1 Bitcoin sekaligus.

– Teknologi Bitcoin sangat stabil dan dirancang agar tidak mengalami degradasi.

– Memalsukan Bitcoin akan sangat sulit karena adanya sistem blockchain.

– Bitcoin bisa dipindahkan dengan mudah dan cepat secara online.

3. Bitcoin yang Mirip Internet

Kehadiran internet membawa banyak perubahan dalam kehidupan manusia dan layanan internet akan terus berkembang. Tidak ada yang mengontrol internet, artinya internet bebas diakses oleh siapa saja dan di mana saja. 

Bitcoin juga memiliki karakter yang sama. Siapapun bisa memiliki dan menggunakan Bitcoin di mana saja dan kapan saja melalui jaringan internet yang menghubungkan ke blockchain.

Bitcoin adalah mata uang yang desentralisasi. Karena pada dasarnya Bitcoin memang tidak dimiliki siapapun. Dengan sifat interoperable, Bitcoin berada dalam sebuah sistem yang sama dan menjadi kas transaksi berskala global. Dengan semua karakter ini, Bitcoin bisa disebut sebagai mata uang global yang pertama di dunia.

Itulah penjelasan mengenai karakteristik Bitcoin. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda.

Baca jugaTeknik Trading Kripto yang Menguntungkan, Inilah Langkahnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Online Terbaik – Tips Jaga Diri Kala Pancaroba Datang

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi online terbaik menjadi salah satu solusi memproteksi diri kala musim pancaroba datang kerap membawa penyakit. Perubahan cuaca dan suhu udara di...

Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM jadi Fokus Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM, jadi fokus pemerintah untuk memacu peningkatan produktivitasnya. Bank Indonesia menyampaikan dalam acara perhelatan internasional Presidensi G20,...

Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA dan BRI, Cek di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, Rabu (5/10/2022), menurut kurs yang tersedia, menguat pada level Rp 15.248 di perdagangan pasar spot. Adapun rupiah...

Pertumbuhan Investor Pasar Modal Asal Sumatera Utara Meningkat 30,41 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Pertumbuhan investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai  memiliki potensi. Terbukti, investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara...

Berita Bitcoin Hari Ini: Wuih, Bitcoin Kembali ke US$20.000!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini datang dengan kabar menggembirakan. Pasalnya, Bitcoin kembali menyentuh level US$20.000. Sebagai informasi, harga mayoritas kripto utama kembali pada...
LANGUAGE