25.6 C
Jakarta
Senin, 15 April, 2024

Asyik dan Seru, Begini Cara Masuk ke Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com – Pertanyaan mengenai cara masuk ke metaverse seringkali tebersit di benak masyarakat, terutama generasi Z yang akrab dengan teknologi internet.

Jika dipahami, cara untuk terhubung ke jagad virtual tersebut sangat mudah dan gampang. 

Teknologi kekinian tersebut akan menawarkan sensasi dunia virtual yang tampak seperti nyata. Potensi teknologi metaverse kini terus dilirik, kemajuannya juga bertumbuh pesat dari tahun ke tahun. 

Namun juga masih banyak masyarakat atau target pasar digital sendiri yang belum memahami teknologi metaverse itu seutuhnya. Untuk itu, berikut ini ulasan mengenai cara masuk ke metaverse yang mesti Anda pahami. 

Cara Masuk ke Metaverse 

Beberapa orang mengatakan bahwa cara masuk ke metaverse itu cukuplah sederhana. Buang pola pikir bahwa Anda membutuhkan berbagai perlengkapan yang serba mahal, tentu tidak, masuk ke metaverse juga bisa dilakukan hanya dengan memakai smartphone saja. 

Baca juga: Apa Itu Metaverse? Ini Pengertian, Cara Kerja hingga Pelaku Industrinya

Berikut ini langkah-langkah yang perlu dipersiapkan sebelum mengetahui cara masuk ke metaverse step by step:

1. Siapkan perlengkapan yang mendukung, seperti smartphone, laptop, atau PC, serta internet dengan kecepatan tinggi. Cara masuk ke metaverse akan lebih mudah dengan koneksi internet yang cepat dan mendukung. 

2. Pilih platform yang ingin Anda gunakan untuk memasuki dunia metaverse. Beberapa platform yang bisa dicoba akan dijelaskan lebih lanjut di bawah.

3. Gunakan perangkat tambahan untuk merasakan sensasi senyata mungkin, misalnya headphone atau kacamata AR & VR. 

cara masuk ke metaverse

Cara Masuk ke Metaverse di Decentraland dan SandBox

Pada dasarnya, ada beberapa platform yang bisa dipilih untuk masuk ke dunia metaverse. Berikut ini beberapa platform populer yang bisa digunakan sebagai cara masuk ke metaverse, di antaranya:

Decentraland 

Decentraland memungkinkan Anda membuat avatar untuk merepresentasikan diri di dunia virtual tersebut. Konsepnya hampir mirip dengan game populer The Sims, di mana penggunanya menciptakan avatar sesuai preferensi, mulai dari memilih bentuk wajah, warna rambut, hingga tampilan fashion sekalipun. 

Di platform Decentraland ini, pengguna juga bisa melakukan hal yang sama sebagai cara masuk ke metaverse. Sebelum memutuskan membuat avatar di Decentraland tersebut, pengguna harus menyediakan akses lengkap menuju ke sana dengan cara mengunduh dan terhubung ke browser ekstensi metamask. 

Setelah terhubung, pengguna dapat menavigasi metaverse di Decentraland dan melihat perkembangan yang ada di dunia virtual tersebut. 

Semakin banyak orang mendaftar dan membuat avatar di sana, maka semakin banyak populasi dan ragam aktivitas yang dapat dilakukan.

Berikut ini tahap yang perlu Anda lakukan untuk bisa masuk ke metaverse Decentraland. Namun sebelum itu, Anda perlu menginstal lebih dulu metamask di google Chrome. 

1. Pertama, buka Chrome terlebih dahulu.

2. Klik 3 titik di pojok kanan atas. 

3. Pilih More Tools > Extensions. 

4. Klik ikon garis tiga di bagian kanan atas > pilih opsi Open Chrome Web Store > cari toko MetaMask. 

5. Pilih MetaMask dengan logo kepala rubah orange.

6. Klik Add to Chrome. 

7. Anda perlu mengatur dompet dan membuat akun Ethereum. 

8. Klik ekstensi jika belum dibuka, lalu ikuti instruksi selanjutnya. 

Setelah berhasil menginstal ekstensi Metamask di Chrome, langkah selanjutnya adalah membuat akun di Decentraland tersebut. 

1. Buka situs https://decentraland.org/.

2. Klik Start Exploring pada bagian kanan atas. Anda dapat memilih untuk menjelajah dalam mode Guest atau dengan login ke akun dompet kripto.

3. Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik, disarankan Anda login dengan dompet kripto terlebih dahulu.

4. Jika belum memiliki Akun, Anda akan diarahkan untuk membuat paspor dan mendesain avatar.

5. Jangan lupa sambungkan dompet kripto Metamask untuk digunakan sebagai ID paspor di Decentraland.

6. Setelah memiliki dompet Metamask, klik tombol Jelajah Dunia di halaman Decentraland. 

Sampai di tahap ini, Anda sudah berhasil memasuki dunia virtual metaverse ini. Sebelum mulai menjelajah, Anda juga dapat menyimak berbagai panduan untuk mempelajari keterampilan dasar seperti berjalan, melompat, dan sebagainya.

Baca juga: Sama-Sama Mengusung Konsep Metaverse, Ini 4 Perbedaan Decentraland dan Sandbox

The Sandbox 

The Sandbox menjadi platform metaverse paling populer sesi selanjutnya. Dalam platform ini, pengguna dapat membuat, membangun, dan memonetisasi dunia virtual tersebut. Salah satu fitur yang paling banyak diminati adalah membeli tanah di The Sandbox, yang menjadi cara instan untuk masuk ke dunia metaverse. 

Hal ini karena begitu kamu membeli tanah di sana, otomatis akan dapat mengakses dunia metaverse. Beberapa brand besar juga sudah mulai membeli tanah untuk menciptakan dunia virtual mereka, contohnya Adidas yang mulai menciptakan metaversenya yaituy Adi-verse. 

Di The Sandbox, Anda juga bisa mendapatkan reward, sampai berkesempatan membuat game demo secara gratis, serta menyediakan tutorialnya. Asyik bukan. Namun sebelum itu, tentu Anda harus mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu di The Sandbox. Berikut langkah-langkah yang perlu dipahami. 

1. Buka situs resmi The Sandbox di https://www.sandbox.game/en/

2. Klik tombol Sign Up, lalu buat akun seperti biasa. 

3. Anda juga bisa masuk dengan menggunakan akun Google, Facebook, atau dompet kripto. 

4. Hubungkan dompet kripto Anda dengan akun The Sandbox. 

5. Akun pun sudah berhasil dibuat. 

Baca juga: Mudah Banget! 5 Cara Menghasilkan Uang dari Sandbox

Demikianlah penjelasan tentang cara masuk ke metaverse yang simpel dan bisa dicoba. Perlu diketahui bahwa sampai saat ini metaverse masih terus dalam tahap pengembangan. Namun diprediksi, teknologi metaverse ini dapat merajai dunia digitalisasi di masa mendatang. 

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE