26 C
Jakarta
Rabu, 7 Desember, 2022

Cara Membeli Tanah di Metaverse: Decentraland dan Earth 2.io

JAKARTA, duniafintech.com – Cara membeli tanah di Metaverse, yaitu di Decentraland dan Earth 2.io, tentu sangat penting untuk diketahui.

Pasalnya, di samping NFT, metaverse pun masih menjadi pembicaraan hangat di kalangan peminat aset dan dunia digital.

Nah, untuk mengetahui cara membelinya, simak ulasan berikut ini, seperti dinukil dari Qoala.

Baca juga: Gandeng The SandBox, Bank Raksasa Ini Jajaki Metaverse

Apa Itu Metaverse?

Sebagai informasi, metaverse adalah dunia virtual 3D yang diciptakan dengan menggunakan teknologi augmented reality, virtual reality, dan video. Di sini, penggunanya bisa merasakan hidup dalam dunia virtual.

Adapun tujuan penciptaan metaverse, yaitu untuk menjadi platform komunikasi yang modern dan mempermudah setiap orang untuk melakukan aktivitas sehari-hari, mulai dari bekerja, bermain, bersosialisasi, hingga konser secara virtual.

Metaverse ini sudah pernah dicetuskan oleh Neil Stephenson dalam novel fiksi ilmiahnya “Snow Crash” pada tahun 1992 silam. Stephenson berpendapat, metaverse adalah sebuah ruang digital berbasis virtual yang menggabungkan beberapa teknologi, seperti augmented reality dan virtual reality.

Berselang 30 tahun sejak novel itu terbit, dunia akhirnya menyaksikan teknologi dalam novel fiksi ilmiah itu terwujud. Metaverse saat ini bisa diakses dengan menggunakan kacamata virtual reality (misalnya Oculus atau Playstation VR), smartphone, komputer, dan konsol game.

Cara Masuk ke Dunia Metaverse

Cara masuk ke dunia metaverse yang serba canggih ini bisa kamu lakukan dengan beberapa langkah berikut ini:

  • Pilih platform untuk masuk ke platform metaverse
  • Pastikan kamu sudah menyiapkan headphone atau headset dan kacamata AR atau VR
  • Daftarkan diri kamu untuk masuk ke salah satu platform metaverse
  • Jika sudah terdaftar, masuklah ke dunia metaverse

Marketplace untuk Beli Tanah di Metaverse

Sebagaimana di dunia nyata, terdapat tempat tersendiri untuk membeli tanah di metaverse. Inilah dua marketplace untuk beli tanah di Metaverse yang cukup populer.

  1. Decentraland

Decentraland diprediksi menjadi salah satu yang paling terdampak seiring perkembangan metaverse atau dunia digital yang kian pesat. Decentraland adalah sebuah dunia dan komunitas virtual yang berdiri di atas teknologi blockchain Ethereum.

Di sini, pemain bukan hanya bisa bermain game dan berinteraksi, melainkan juga dapat berbisnis dengan jual beli NFT hingga beli tanah. Decentraland pun menawarkan Decentralized Autonomous Organization (DAO) yang membuat para pengguna bisa berkontribusi membangun tata kelola proyek decentraland.

Ada dua jenis token yang bisa ditemukan di Decentraland, yaitu LAND dan MANA. LAND adalah non-fungible token (NFT) berupa kepemilikan tanah. MANA sendiri adalah mata uang kripto yang digunakan untuk pembayaran berbagai barang virtual, layanan, dan LAND.

Baca juga: Masih Ogah Izinkan Lembaga Keuangan Masuk Metaverse, Ini Kata OJK

Cara Kerja Decentraland

Pada dasarnya, cara kerja Decentraland adalah menyatukan dunia virtual dengan teknologi Blockchain. Lain dari permainan metaverse lainnya, Decentraland memungkinkan pemainnya untuk mengontrol langsung aturan dalam dunia online itu sebab Decentraland berbasis DAO.

Dengan demikian, para pemain berhak untuk melakukan voting terkait dengan kebijakan permainan. Contohnya, pengaturan jenis barang yang diizinkan di dalam Decentraland atau investasi untuk perbendaharaan.

Adapun setiap barang yang ada di Decentraland, misalnya pakaian, tas, masker, hingga tanah virtual, dijual dalam bentuk NFT yang bernama LAND. Pemain menyimpan token itu di dompet kripto-nya dan bisa menjualnya ke pengguna lain melalui Decentraland Marketplace.

  1. Earth 2.io

Earth 2.io dibuat oleh Shane Isaac sebagai sebuah ide untuk menciptakan bumi dengan bentuk virtual yang dapat diakses oleh siapa pun sehingga kamu dapat membeli tanah yang diinginkan di dunia virtual ini. Earth 2.io pun bisa diakses melalui Virtual Reality atau VR.

Cara Kerja Earth 2.io

Di sini, masyarakat dapat memilikinya dengan membeli dan menjualnya kembali dengan harga crypto yang bisa lebih tinggi bergantung harga pasaran tanah virtual saat itu. Pemilik bisa menciptakan masa depan yang lebih menarik dibanding di dunia nyata.

Dengan tanah virtual, siapa pun dapat membangun rumah impian di negara mana kamu ingin memilikinya. Namun, ini tidak bisa ditempati sebab tidak ada wujud fisiknya.

Di samping bisa bikin untung besar lewat harga tanah yang meningkat ketika dijual, pemilik tanah virtual pun dapat memperoleh penghasilan jika ada yang beriklan di tanah virtualnya. Saat ada iklan di tanah yang kamu miliki, kamu bisa memperoleh sebagian pendapatan yang dihasilkan dari iklan itu.

Cara Membeli Tanah di Metaverse

Cara Membeli Tanah di Metaverse

1. Cara Membeli Tanah di Metaverse Decentraland

Untuk membeli tanah virtual di Decentraland, kamu dapat langsung menuju halaman utama situs Decentraland. Inilah cara belinya:

  • Klik builder pada sudut kanan bawah.
  • Klik “LAND” dan akan muncul tanah metaverse di Decentraland. Jika kamu belum memiliki tanah maka akan muncul “Buy Land” atau “Beli Tanah”.
  • Klik pada pilihan “Buy Land” kamu akan masuk padA Official Marketplace-nya Decentraland.
  • Di sini, kamu akan diminta untuk reconnect ke Decentraland, menggunakan akun MetaMask milikmu atau dompet yang tadi.
  • Setelah terhubung, kamu kini menelusuri berbagai properti di Decentraland, termasuk Tanah. Gunakan saldo dengan mata uang MANA yang tadi sudah dijelaskan di atas.
  • Setelah menemukan tanah impian, kamu bisa memberikan penawaran tergantung harga yang dipasang oleh pemilik tanah.
  • Jika sudah DEAL maka tanah itu akan menjadi milikmu dan tercatat dalam jaringan blockchain di Decentraland.

2. Cara Membeli Tanah di Metaverse Earth 2.io

Kamu pun dapat melakukan transaksi jual beli tanah, rumah, dan barang lainnya menggunakan Earth 2.io Marketplace dengan cara sebagai berikut:

  • Silakan kunjungi laman Earth 2.io dan lakukan pendaftaran.
  • Kamu bisa melakukan survei lahan yang akan dibeli.
  • Jika sudah menemukan maka silakan klik buy land pada homepage.
  • Tentukan petak tanah yang kamu inginkan.
  • Tipe petak tanah yang dipilih akan menunjukkan jumlah petak yang bisa dibeli per properti maksimal transaksi 750 petak dengan harga yang bervariasi.
  • Jika sudah pasti maka silakan bayar tanah yang akan dibeli dengan klik Buy Now.
  • Pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan PayPal.

Sekian ulasan tentang cara beli tanah di metaverse yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Canggih! Warga Indonesia Kini Mulai Bisa Bertani di Metaverse

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

RUU PPSK Tidak Semua Koperasi Diawasi Oleh OJK

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) menimbulkan pro dan kontra. Hal itu karena didalamnya membahas tentang keberadaan kerja koperasi...

Presiden Jokowi Instruksikan Kemendag Bangun Ekonomi Digital di Sektor Perdagangan

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada Kementerian Perdagangan agar dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital. Hal itu dilakukan melalui akselerasi transformasi digital pada...

Pinjol Cepat Cair Legal Berizin OJK, Intip Nih Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman melalui aplikasi di smartphone yang proses pencairan dananya sangat cepat. Pinjol atau pinjaman online berizin Otoritas Jasa...

Ini Langkah Strategi Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Didukung dengan kemampuan penanganan pandemi yang baik, percepatan vaksinasi, peran APBN sebagai shock absorber, tingginya harga komoditas unggulan, hingga kesuksesan Presidensi...

Dollar ke Rupiah Hari Ini, Cek Kurs BCA, Mandiri, dan BRI

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.618 di perdagangan pasar spot Selasa (6/12). Diketahui, rupiah melemah 0,99%...
LANGUAGE