27.2 C
Jakarta
Kamis, 26 Mei, 2022

Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online Terbaru 2021

Perkembangan era teknologi membuat para pelaku usaha sangat bergerak cepat, contohnya cara memulai bisnis kosmetik online yang dapat dilakukan dengan mudah. Sebagaimana kita ketahui, kosmetik sudah menjadi kebutuhan khusus sehari-hari oleh beberapa atau sebagian perempuan, hingga pria pun juga terkadang membutuhkan kosmetik ini. 

Meninjau dari demand atau kebutuhan dari kosmetik, hal tersebut yang mendorong para pelaku usaha ingin terus berada di jalur yang benar dalam membuat bisnis kosmetik. Pasalnya usaha ini sangat menjanjikan dan prospek besar. 

Apalagi saat ini era digital yang dapat membuat kamu berjualan online, oleh sebab itu kami ingin memberikan beberapa tips terkait cara memulai bisnis kosmetik online yang dapat kamu pelajari, selengkapnya simak di bawah ini. 

Cara memulai bisnis kosmetik online dengan mudah

1. Siapkan modal usaha

Hal yang pertama kali harus kamu siapkan dalam usaha jenis apapun yaitu modal, ibarat rumah, modal ini adalah suatu pondasi yang dapat menguatkan struktur bangunan. Tanpa modal yang kuat juga, bisnis kosmetik tidak akan bertahan atau berjalan dengan baik. 

Modal yang harus disiapkan adalah mencari beberapa supplier atau perusahaan yang fokus produksi kosmetik, selain itu kebutuhan modal juga digunakan untuk membuat beberapa instrumen promosi, kebutuhan operasional bisnis, hingga berbagai macam kebutuhan lainnya. 

Saat terbentur modal, untungnya pemerintah sekarang telah berkolaborasi kepada beberapa fintech yang telah memiliki izin OJK untuk membantu delivery unit bisnis dengan baik, terlebih bisa mendapatkan pemodal yang dapat mempertemukan peminjam dan pemodal secara langsung dan tentunya dengan bunga pinjaman sangat rendah. 

2. Menentukan target pasar penjualan

Tahap kedua untuk cara memulai bisnis kosmetik online adalah menentukan target pasar yang ingin kamu tembak, setidaknya ini harus punya beberapa roadmap yang jelas terkait penentuan target, agar produk yang ingin kamu jual bisa dengan mudah. 

Contohnya produk kosmetik A sangat cocok untuk kelompok usia remaja hingga umur 30 tahun ke atas, dan dikhususkan untuk pria, selain itu bisa juga kosmetik untuk anak-anak karena bahan kandungannya sangat ramah di kulit sensitif, dan lain sebagainya.

Pengelompokkan target pasar ini dilakukan dengan cara melakukan survei secara sederhana, untuk mengetahui calon customer yang akan kamu hadapi. Jadi, jangan sampai melenceng dalam menentukan target pasar ya.

3. Memastikan produk kosmetik memiliki kualitas baik

Mengingat barang yang ingin dijual adalah kosmetik, pastikan produk yang dijual sebelum di delivery ke customer memiliki kualitas yang sangat bagus, karena menyangkut dari tingkat sensitivitas kulit dari customer. 

Oleh sebab itu, cara terbaik agar menjamin bahwa produk kosmetik yang kamu jual memiliki kualitas baik adalah dengan mendaftarkan nya ke dalam badan halal Indonesia, hingga memiliki izin edar dari BPOM, dengan syarat seperti di atas sudah dipastikan produknya telah memiliki kualitas, karena dari segi keamanan nya pun terjamin. 

Jadi, akan sangat mudah untuk kamu mendapatkan rekomendasi saat jualan kosmetik online, sisi lain juga customer akan memberikan testimoni dan rekomendasi lanjutan kepada produk tersebut. 

4. Membuat toko online sendiri

Tahapan keempat yang tidak boleh dilewatkan dari cara memulai bisnis kosmetik online adalah membuat toko atau marketplace sendiri, jadi selain kamu membuat akun pada platform jual beli online seperti si hijau, orange, merah, dan lain-lain. Kamu juga harus memiliki website sendiri, setidaknya landing page. 

Untuk membuatnya tidak susah kok, kamu tidak harus memiliki kemampuan programming tingkat tinggi agar bisa publish websitenya, cukup memilih template dan domain, lalu setting deh. 

Namun sebagai catatan penting, dalam membuat website toko online sendiri membutuhkan waktu cukup lama agar bisa terindex di google, harus ada keahlian SEO specialist, tetapi seiring waktu akan populer sendiri dengan banyaknya tingkat closing. 

5. Melakukan promosi secara teratur

Tahapan terakhir dari cara memulai bisnis kosmetik online adalah dengan melakukan promosi secara online maupun offline, tujuannya agar orang tahu akan keberadaan atau eksistensi dari produk yang kamu miliki. 

Dalam promosi, diperlukan metode yang baik dan teratur. Jangan lakukan secara gencar namun tidak memperhatikan jam promosi dan target promosi hingga media promosinya ke mana. Setidaknya, saat promosi semua harus terukur dan rapi.

Untuk promosi secara gratis, kamu bisa memanfaatkan platform media sosial yang sudah besar, seperti facebook, instagram, tiktok, youtube, dan lain-lain. Bisa juga cara promosinya dengan membuat konten reels yang populer dan tips trik.

Sekian informasi yang dapat kami berikan terkait cara memulai bisnis kosmetik online, harapan kami setelah membaca artikel ini, kamu dapat melakukan eksekusi bisnis dengan matang dan tentunya sukses, selamat mencoba!

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Jadi UMKM Binaan Pertamina, Berpeluang Dapat Pinjaman hingga Rp 250 Juta

JAKARTA, duniafintech.com - PT Pertamina (Persero) menegaskan komitmen mendukung pengembangan usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM.  Pelaku usaha kecil yang masih kebingungan mendapatkan modal...

Bujuk Elon Musk, Luhut Sodorkan Kawasan Industri Hijau Kaltara Buat Investasi Tesla

JAKARTA, duniafintech.com - Tesla bakal segera masuk ke ekosistem kendaraan dan baterai listrik Indonesia. Negosiasi investasi dari perusahaan milik miliarder Elon Musk itu dipimpin...

Waspada! Perusahaan Jual Beli Kripto Ini Ilegal, Binance Juga Tak Berizin 

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat mesti waspada, terbaru, ada perusahaan jual beli Kripto di Indonesia yang ilegal alias tak berizin.  Investasi uang kripto saat ini menjadi...

Kasusnya Diusut, Polisi Sebut Ada Karyawan Terraform yang Diduga Gelapkan Dana Perusahaan

JAKARTA, duniafintech.com - Unit Investigasi Kejahatan Dunia Maya Badan Kepolisian Metropolitan Seoul mengumumkan pada Senin, bahwa mereka telah meluncurkan penyelidikan atas kemungkinan penggelapan oleh...

Nilai Kripto Sedang Lesu, Ukraina Putar Otak Cari Dana Perang

JAKARTA, duniafintech.com - Ukraina berencana terus memanfaatkan investor kripto untuk membantu mengumpulkan dana. Meskipun kondisi anjloknya mata uang virtual ini sempat mengganggu upaya penggalangan...
LANGUAGE