25 C
Jakarta
Selasa, 4 Oktober, 2022

Manfaat Mengambil Kredit Kepemilikan Rumah yang Harus Diketahui

Ternyata ada sejumlah manfaat mengambil kredit kepemilikan rumah, lho. Kredit kepemilikan rumah atau yang biasa dikenal sebagai KPR menjadi solusi tepat bagi beberapa kalangan. Pasalnya, di era sekarang rumah menjadi salah satu kebutuhan primer. Apalagi sudah banyak desain yang menarik dengan desain minimalis dan modern.

KPR mempunyai beberapa jenis di dalamnya. Mulai dari KPR subsidi, KPR konvensional, KPR syariah, dan masih banyak lagi. Namun, di antara itu semua, yang paling banyak diminati adalah KPR subsidi dan KPR konvensional. Kalau kamu sendiri tim yang mana?

Manfaat Mengambil Kredit Kepemilikan Rumah 

Beberapa orang mungkin lebih suka membeli rumah secara cash, tapi ada juga yang lebih suka membeli dengan cicilan. Pasalnya, tidak semua orang mempunyai banyak uang lebih. Belum lagi harga properti yang selalu mengalami peningkatan. Lalu, apa saja manfaat pengambilan KPR?

1. Bisa Menjadi Investasi Jangka Panjang

Tidak banyak yang tahu jika membeli rumah secara KPR bisa menjadi ajang investasi jangka panjang. Hal ini karena kamu bisa menjual kembali rumah tersebut setelah melunasi cicilan KPR. Harga yang kamu berikan pun bisa dua kali lipat dari harga yang kamu lakukan untuk cicilan. Apalagi jika rumah tersebut berada di lokasi strategis.

Jika kamu mempunyai jiwa bisnis, tentunya bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai tambahan uang bulanan. Apalagi bisnis properti tidak akan pernah mati mengingat rumah adalah kebutuhan primer setiap orang.

2. Tidak Membutuhkan DP yang Besar

Beberapa orang mungkin bingung antara memilih KPR atau nabung. Bayangkan saja, jika rumah idaman kamu harganya kisaran 1 miliar, pastinya membutuhkan waktu lama untuk mengumpulkannya, bukan? Belum lagi jika sewaktu-waktu rumah tersebut mengalami peningkatan harga.

Alhasil, kamu harus membutuhkan waktu lagi untuk bisa membeli rumah idaman. Kalau begitu terus, kapan kamu secara pastinya mendapatkan rumah tersebut? Namun, jika kamu menggunakan KPR, tentu tidak akan khawatir akan masalah tersebut. Apalagi jika jenis bunga yang dipilih adalah bunga tetap. 

Selain itu, menggunakan sistem KPR, kamu hanya perlu menyiapkan uang DP saja dengan kisaran 15-20%. Jadi, kamu bisa berfokus untuk menyiapkan uang DP saja terlebih dahulu baru memikirkan uang cicilan.

3. Mendapat Perlindungan Asuransi

Salah satu keuntungan atau manfaat mengambil kredit kepemilikan rumah adalah mendapat perlindungan asuransi. Asuransi tersebut biasanya didapatkan dari bank. Biasanya, cicilan yang dibayarkan setiap bulan sudah termasuk biaya asuransi di dalamnya. Asuransi yang akan didapat adalah asuransi jika terjadi kebakaran.

4. Solusi untuk Mendapatkan Passive Income

Manfaat pengambilan KPR subsidi adalah menjadikannya sebagai ajang bisnis. Dengan kata lain, kamu bisa menjadikan rumah untuk mendapatkan passive income. Caranya dengan menyewakan rumah tersebut. 

Paling tidak, kamu bisa mendapatkan uang setiap bulannya. Sewakan rumah tersebut dengan range keuntungan 30-40% dan hindari memberi harga terlalu tinggi dari harga sewa umumnya. Meski di awal-awal kamu harus mencari orang yang mau sewa, tapi jika lokasi rumah strategis, maka mudah untuk mendapatkan keuntungan.

5. Legalitas Terjamin

Salah satu keuntungan mengambil KPR adalah legalitasnya terjamin. Hal ini karena bank hanya membiayai pembelian rumah yang dilengkapi dengan sertifikat. Nantinya, sertifikat tersebut akan dicek ke BPN. Jadi, kamu juga bisa tahu apakah rumah yang diincar memang bagus atau tidaknya.

Selain itu, pihak bank juga mencari pengembang properti dengan reputasi bagus. Pihak bank juga mencari pengembang properti yang bekerja sama dengan bank. Alhasil, legalitas bisa terjamin, begitu pula dengan reputasi pengembang. Selain itu, tentunya kamu sudah bisa menempati rumah tersebut meski cicilan belum lunas. Jadi, tidak perlu khawatir untuk mencari banyak uang dalam waktu cepat untuk membayar rumah agar bisa dihuni.

Kesimpulan

Meski mempunyai banyak manfaat, bukan berarti mengambil KPR tidak ada ruginya. Tentu saja terdapat kerugian, tapi lebih banyak manfaat yang akan dirasakan saat kredit rumah. Beberapa kerugiannya seperti 

Melihat beberapa manfaat mengambil kredit kepemilikan rumah, apakah kamu juga berniat untuk mengambilnya? Saat ini rumah kontrakan atau perumahan menjadi salah satu jenis yang tinggi peminatnya, lho. Jadi, kamu bisa mengambil jenis rumah idaman melalui KPR.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Blibli.com Kembali Ajukan Rencana IPO di Tahun Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali buka suara terkait rencana Blibli.com untuk IPO/Initial Public Offering tahun ini. Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK...

Bulog Endus Perusahaan Swasta Rusak Harga Beras di Pasar

JAKARTA, duniafintech.com - Perum Bulog/Badan Urusan Logistik mengendus adanya permainan perusahaan swasta yang menyebabkan harga beras melonjak. Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan perusahaan...

BSU Tahap 4 Sudah Cair, Begini Cara Cek Status Pencairannya

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah memastikan program bantuan subsidi upah (BSU) tahap 4 akan diberikan kepada para pekerja atau buruh. Bantuan sebesar Rp600.000 ini akan sampai...

Cara Tarik Tunai GoPay di Alfamart, ATM BCA, & Bank Lainnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara tarik tunai GoPay di ATM BCA, BRI, Indomaret, dan Alfamart berikut ini tentu sangat penting diketahui. Seperti diketahui juga, GoPay merupakan...

Cara Menabung di Bank Mandiri lewat ATM dan Teller

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menabung di Bank Mandiri pada ulasan berikut ini sangat penting untuk diketahui oleh para nasabah Mandiri. Seperti diketahui bersama, Bank Mandiri...
LANGUAGE