31.8 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Pasti Cepat dan Sukses! Beginilah Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun

JAKARTA, duniafintech.com – Ada banyak orang yang ingin tahu cara menabung 50 juta dalam setahun, utamanya karyawan yang memang memiliki begitu banyak pengeluaran. Tujuan menabung sendiri bisa untuk dana menikah, dana darurat, menyisihkan untuk dana pensiun, ibadah haji atau umrah, asuransi, dan lain-lain.

Lantas, bagaimana perhitungannya? Simak yuk di artikel ini.

Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun dengan Teori 50/20/30

Cara pertama yang bisa dicoba adalah membagi penghasilan Anda ke beberapa pos keuangan dengan mengikuti teori 50/20/30. Adapun Elizabeth Warren, seorang pakar keuangan dan juga profesor Harvard, telah mempopulerkan teori ini dengan menyarankan Anda untuk membagi keuangan menjadi tiga pos, yaitu:

Baca juga: Melek Teknologi, NFT Jadi Metode Lain untuk Populerkan Karya Musisi Tanah Air

  • 50 persen dari penghasilan dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari dan membayar cicilan
  • 20 persennya lagi dialihkan ke investasi dan tabungan
  • 30 persen untuk kebutuhan gaya hidup misalnya belanja sampai nongkrong di kafe kekinian

Anda pun mesti menyisihkan uang sebesar Rp3 juta untuk dialokasikan ke investasi dan tabungan, dengan rincian sebagai berikut:

Pos pengeluaran Teori 50/20/30 Penghasilan per bulan Total

Kebutuhan sehari-hari 50 persen Rp15.000.000 Rp7.500.000

Gaya hidup 30 persen Rp15.000.000 Rp4.500.000

Tabungan dan investasi 20 persen Rp15.000.000 Rp3.000.000

Cari Pekerjaan Sampingan sebagai Alternatif Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun

Anda bisa mencari tambahan uang 1 juta atau 2 juta dalam sebulan melalui berbagai cara untuk menabung, salah satunya dengan pekerjaan sampingan. Namun, Anda mesti menentukan minimal uang yang diperoleh per bulannya agar dapat mencapai target 50 juta. Perhitungannya adalah sebagai berikut:

Uang yang dibutuhkan Bulan Total

Rp9.392.000 12 bulan Rp783 ribu

Supaya bisa mencapai Rp9.392.000 dalam setahun, Anda harus bisa mendapat uang tambahan minimal Rp783 ribu. Caranya bisa dengan menjadi penulis atau pekerjaan freelance di akhir pekan.

Menabung dengan Investasi di Peer to Peer (P2P) Lending

Berinvestasi di Investasi P2P juga efektif untuk mendapatkan uang besar dalam jangka waktu pendek. Hal itu karena jenis investasi ini menjanjikan bunga yang signifikan sampai mencapai 21 persen per tahun ketimbang instrumen investasi lainnya.

P2P adalah platform digital yang mempertemukan investor dan peminjam yang membutuhkan modal. Anda bisa berinvestasi di platform ini dengan dana relatif rendah mulai dari Rp100 ribu. Akan tetapi, karena ingin mencapai target Rp50 juta setahun, berarti Anda harus berani investasi lebih banyak.

Investasikan Dana di Asuransi Unit Link

Instrumen investasi asuransi unit link pun dapat menjadi pilihan untuk mengembangkan uang selain P2P lending. Unit link adalah asuransi jiwa yang juga memberikan manfaat investasi. Sebagian premi dialihkan ke investasi yang dikelola unit link, sedangkan sisanya untuk perlindungan asuransi jiwa. Lewat unit link, Anda bakal memperoleh keuntungan ganda, yaitu proteksi jiwa dan investasi. Manfaat unit link adalah:

  • Satu produk memiliki dua manfaat
  • Mengembangkan nilai aset
  • Terdapat beberapa pilihan instrumen investasi
  • Tidak perlu repot mengelola investasi
  • Cocok untuk investasi jangka menengah maupun panjang

Keuntungan dan Manfaat Menabung melalui Pengembangan Dana/Investasi

  • Mampu menahan untuk berhutang
  • Belajar hidup lebih sederhana
  • Belajar merencanakan dan mengelola keuangan
  • Punya dana darurat untuk kebutuhan mendadak

Tips Menabung 50 Juta dalam Setahun bagi Karyawan

  1. Tekan gaya hidup konsumtif

Salah satu tips agar bisa menabung setiap hari bagi karyawan adalah dengan lebih berhemat dan menggunakan uang sesuai kebutuhan. Agar tambah semangat, Anda bisa mencari motivasi menabung yang unik. Contohnya, dengan cara mengalihkan uang rokok sebagai tabungan dan sebagainya.

  1. Cek pengeluaran lain yang bisa dialihkan ke investasi

Anda dapat mengecek anggaran kurang penting dialihkan ke pos investasi. Contohnya, Anda dapat menunda membeli HP baru dan mengalihkan dananya untuk menabung cepat dengan cara berhemat. Kian banyak penanaman modal pada berbagai instrumen investasi, kian besar pula keuntungan yang didapat nantinya.

  1. Berkomitmen

Salah satu faktor terbesar kegagalan orang untuk menabung 50 juta atau 100 juta dalam setahun, yakni kurangnya komitmen. Oleh sebab itu, Anda mesti mematuhi berbagai cara yang terbukti ampuh untuk menabung dan jangan pernah tergoda untuk mengutak atik dana itu. Ingatlah kembali motivasi Anda menabung sehingga dapat berkomitmen sesuai target.

  1. Buka rekening baru untuk menabung

Cara menabung dalam 1 tahun yang berikutnya adalah dengan membuka rekening baru yang khusus untuk menabung. Jika dalam sebulan menghabiskan sekitar 50% gaji untuk kebutuhan maka Anda bisa menyisihkan 50% sisanya ke rekening khusus menabung. Memilih rekening khusus tabungan pun berguna sebagai tips supaya bisa menabung setiap hari sebagai motivasi.

Baca jugaMau Menghentikan Kebiasaan Berhutang? Simak Cara-cara Berikut Ini!

  1. Menjual barang bekas

Di samping berinvestasi, Anda pun dapat menjual barang bekas yang sudah tidak digunakan, tetapi masih punya harga. Anda bisa mengecek lemari sebab mungkin saja ada baju, celana, sepatu yang telah tidak terpakai, tetapi masih layak digunakan.

Lantas, pasanglah iklan jika ingin barang-barang Anda cepat laris, tetapi tetap perhatikan biaya untuk pasang iklan. Alokasikan dana secukupnya untuk promosi, kemudian targetkan nominal yang ingin dicapai dengan menjual barang-barang bekas. 

  1. Menjadi reseller/dropshipper

Anda juga bisa mencoba menambah penghasilan melalui bisnis reseller. Dalam hal ini, jangan sungkan untuk belajar di internet kalau memang belum pernah terjun ke bisnis ini. Pasalnya, saat ini sudah banyak tips menjadi reseller yang tersebar di internet.

Hal yang harus dipertimbangkan di sini, yaitu memilih produk yang tepat dan cepat laris sehingga perputaran uang menjadi cepat. Berbagai produk yang cepat laku, misalnya pakaian wanita, mulai dari pakaian kasual, pakaian kerja sampai pakaian fitness. Kemudian, pahami juga target pasar yang ingin dijangkau.

  1. Menggunakan rumus 80-20

Di samping menggunakan teori 50/20/30, Anda pun dapat menggunakan rumus sederhana untuk menabung, yaitu 80-20. Konsultan manajemen bernama Joseph M Juran memperkenalkan rumus ini, yaitu dengan mengalokasikan 80% dari pendapatan bersih untuk memenuhi kebutuhan dan 20% untuk tabungan.

Baca jugaIni Penyebab Harga Bitcoin Turun, Diprediksi Bakal Menguat Lagi Setelah US$25 Ribu

Jangan menghabiskan lebih dari 80 persen pendapatan Anda untuk keinginan semata atau untuk bersenang-senang. Pasalnya, bisa-bisa Anda akan gali lubang tutup lubang untuk meladeni gaya hidup seperti ini.

  1. Pakai aplikasi budgeting

Cara menabung 50 juta dalam setahun selanjutnya bisa dengan menggunakan aplikasi budgeting. Saat ini, zaman sudah canggih dan ada banyak aplikasi budgeting yang menawarkan kemudahan untuk membuat anggaran bulanan.

Anda pun dapat memanfaatkan produk teknologi ini untuk mencapai target keuangan. Bahkan, beberapa aplikasi tersambung ke nomor rekening bank. Oleh sebab itu, jika ada dana masuk maka Anda bisa mengaktifkan notifikasi untuk mengalihkan sebagian dana ke tabungan.

 

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tak Konsisten, Rusia Batalkan Rencana Pembayaran Ekspor Minyak Pakai Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah Rusia membatalkan rencana sebelumnya untuk menerima pembayaran Bitcoin untuk ekspor minyak. Kementerian keuangan negara itu menganggap bitcoin sebagai opsi pembayaran...

Dijuluki Ratu Kripto, Ternyata Perempuan Ini Tipu Investor Sampai Rp60 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - FBI menambahkan Dr. Ruja Ignatova, yang memproklamirkan diri sebagai 'Cryptoqueen' atau ratu kripto ke dalam daftar Sepuluh buronan Paling Dicari. Bahkan lembaga...

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...

HFIS BPJS Kesehatan, Begini Cara Menggunakannya

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi HFIS BPJS Kesehatan merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghimpun data milik fasilitas kesehatan mitra BPJS. Aplikasi ini adalah akronim dari Health...
LANGUAGE