26.7 C
Jakarta
Minggu, 26 Juni, 2022

Mau Menghentikan Kebiasaan Berhutang? Simak Cara-cara Berikut Ini!

JAKARTA, duniafintech.com – Menghentikan kebiasaan berhutang memang bukan perkara gampang. Namun, perlu disadari bahwa kalau Anda berhutang untuk memenuhi berbagai keperluan yang tidak terlalu penting maka akan sangat mengganggu keuangan pribadi dan keluarga.

Pasalnya, dengan berhutang, Anda diwajibkan untuk membayar beban pokok setiap bulan ditambah dengan bunga. Belum lagi, jika Anda berhutang untuk membeli dan membayar hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan atau sering disebut sebagai “lapar mata”.

Baca juga: Penghasilan Fluktuatif? Ini 7 Strategi Melunasi Utang Perlu Diterapkan

Tentunya, kebiasaan berhutang untuk hal-hal tidak penting ini perlu dihindari. Nah, berikut ini adalah ulasan soal cara-caranya. Simak di sini!

  1. Cara Menghentikan Kebiasaan Berhutang: Buat Daftar Penghasilan dan Beban Setiap Bulan

Pertama, Anda bisa menghentikan kebiasaan ini dengan membuat sebuah daftar penghasilan dan beban yang terjadi setiap bulannya. Catatlah semua beban yang dikeluarkan setiap bulannya, seperti membeli bahan makanan, transportasi, tempat tinggal, utilitas, biaya hiburan, dan sebagainya.

Hal yang mesti dipastikan di sini, yaitu jumlah pengeluaran yang Anda punya harus lebih rendah ketimbang penghasilan yang diperoleh setiap bulan. Memiliki penghasilan yang lebih besar dari jumlah pengeluaran menjadi syarat mutlak yang mesti dipenuhi supaya terbebas dari jeratan hutang.

  1. Buat Sebuah Anggaran Setiap Bulan—Cara Menghentikan Kebiasaan Berhutang

Kalau Anda telah mengetahui berapa penghasilan dan pengeluaran yang dimiliki setiap bulan maka langkah berikutnya, yaitu membuat anggaran. Adapun anggaran yang dibuat itu akan menjadi alat untuk mengontrol pengeluaran setiap bulan dan membantu untuk melacak aliran uang keluar.

Ketika masalah terdapat pada pengeluaran, Anda pun bisa mulai memperbaiki kebiasaan berbelanja dan belajar untuk berhemat di kemudian hari. Kalau Anda telah membatasi pengeluaran dan masih terdapat masalah, itu berarti Anda perlu meningkatkan jumlah penghasilan yang diperoleh per bulannya.

Dalam hal ini, Anda bisa memulai bisnis sampingan atau mengambil jam lembur untuk menambah jumlah penghasilan yang didapatkan setiap bulannya.

  1. Tidak Belanja yang Berlebihan

Banyak hutang yang dimiliki masyarakat sebab mereka tidak mampu mengelola pengeluaran yang diperoleh setiap bulannya. Dalam hal ini, penggunaan kartu kredit menjadi pemicu yang membuat semakin mudah masyarakat untuk berhutang saat belanja.

Oleh sebab itu, mulai saat ini, segera tinggalkan kartu kredit yang dimiliki di rumah. Anda bisa berbelanja dengan menggunakan uang tunai atau menggunakan kartu debit untuk membatasi jumlah pengeluaran yang berlebihan.

  1. Bedakan Mana Kebutuhan dan Keinginan dan Selalu Dahulukan Kebutuhan

Bagi penggila belanja, barangkali Anda merasa ingin membeli semua barang yang dilihat di toko offline dan online. Sesaat, semua tampak bagus dan muncul keinginan untuk memilikinya. Nah, hal yang harus ditanyakan pada diri sendiri, yaitu apakah Anda benar-benar membutuhkan barang itu atau hanya menginginkannya?

Jika Anda membutuhkan sesuatu, itu artinya Anda akan sulit melanjutkan hidup jika benda itu tak ada. Misalnya, makanan pokok, listrik, dan air. Namun, jika Anda hanya menginginkan sesuatu, ada atau tidak ada barang itu, Anda tetap bisa menjalankan hidup seperti biasa dan baik-baik saja, maka keinginan itulah yang mesti dikurangi.

  1. Simpan Dana untuk Kebutuhan Darurat

Hal yang seringkali tidak disadari oleh masyarakat adalah banyak dari mereka yang mengandalkan hutang dan kartu kredit untuk memenuhi berbagai pengeluaran yang tidak terduga.

Padahal, jika memiliki dana darurat, kamu tidak perlu lagi berhutang untuk memenuhi berbagai kebutuhan darurat yang muncul. Jumlah dana darurat yang ideal adalah sebesar 6 kali biaya hidup yang Anda keluarkan setiap bulannya.

  1. Temukan Cara Menambah Uang untuk Melunasi Hutang

Kalau saat ini Anda tengah terlilit dengan hutang yang menumpuk maka prioritaskan pengeluaran untuk segera melunasi hutang yang dimiliki. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menambah uang setiap bulannya.

Contohnya, Anda berhenti berlangganan TV kabel yang jarang digunakan, lebih memilih berolahraga di rumah ketimbang di gym atau bisa juga menjual berbagai barang yang saat ini tidak lagi diperlukan.

Kian banyak biaya yang bisa dihapus, kian besar juga jumlah uang yang dapat digunakan untuk melunasi hutang saat ini. Kian banyak uang yang disisihkan untuk melunasi hutang maka akan semakin cepat juga Anda terbebas dari jeratan hutang.

Baca juga: Jalan Tol Jokowi Kerap Dibangun, Tapi Dijual Untuk Bayar Utang?

  1. Buat Prioritas Keuangan di Masa Depan

Apabila Anda sudah terlepas dari jeratan hutang, inilah saatnya untuk memiliki prioritas dan tujuan keuangan untuk masa depan. Mulai siapkan dana untuk dana pendidikan anak, melunasi rumah, biaya renovasi, dan lain sebagainya.

Bukan itu saja, Anda juga harus mulai menghemat penghasilan untuk mempersiapkan dana darurat. Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, persiapkan dana darurat minimal 5 atau 6 kali biaya hidup bulanan Anda.

  1. Lakukan Hal-hal di Atas dengan Disiplin

Keluar dari jeratan hutang dan mulai membiasakan diri menabung dan berinvestasi mesti dilandasi dengan kemauan dan disiplin untuk menjalaninya. Lakukan 6 poin yang sudah disampaikan di atas secara bertahap dan berkelanjutan.

Ingat, butuh sebuah pengorbanan dan kerja keras untuk bisa keluar dari jeratan hutang. Hal yang lebih penting lagi, yakni setelah keluar dari jeratan hutang, mulailah untuk memprioritaskan berbagai tujuan keuangan untuk masa depan.

5 Alasan tidak Perlu Berhutang

  • Utang membuat Anda menghabiskan lebih daripada yang dihasilkan
  • Terjebak bunga yang mengharuskan membayar lebih tinggi
  • Utang akan menguras penghasilan Anda di masa depan
  • Utang membuat Anda membayar lebih banyak daripada seharusnya
  • Utang akan mempengaruhi skor kredit Anda

4 Karakteristik untuk Menghentikan Kebiasaan Membuat Utang

  • Memiliki tujuan
  • Menghentikan kebiasaan membuat utang dengan mengendalikan diri
  • Sabar akan mampu menghentikan kebiasaan membuat utang
  • Konsisten

Demikianlah ulasan soal cara menghentikan kebiasaan berhutang yang bisa Anda terapkan mulai sekarang juga. Ingat lagi ya, terbebas dari hutang itu disebabkan oleh dedikasi dan konsistensi yang tidak tergoyahkan. Yuk, berjuang mulai detik ini juga!

Baca juga: Simak Yuk, Deretan Tips Ampuh Cara Menagih Utang Teman

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Bursa Kripto Masih Belum Terealisasi, Langkah Mendag Zulkifli Hasan Ditunggu

JAKARTA, duniafintech.com - Keberadaan bursa kripto sebagai bagian dari ekosistem perdagangan legal aset kripto di Indonesia hingga kini belum berujung atau terealisasi.  Meski pucuk pimpinan...

Segera Siapkan Regulasi Investasi Kripto, Zulkifli Hasan Bilang Biar Lebih Aman

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi aset kripto saat ini banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus beradaptasi dengan tren ekosistem ekonomi digital itu. Hal itu...

Harga Volkswagen Polo hingga Daftar Dealernya

JAKARTA, duniafintech.com – Volkswagen Polo hingga kini masih menjadi salah satu mobil asal Jerman yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Baik di Indonesia maupun di...

Estimasi Biaya Laparoskopi, Mahal Enggak Ya?

JAKARTA, duniafintech.com – Estimasi biaya laparoskopi di rumah sakit memang terbilang cukup menguras kantong, bahkan bisa mencapai puluhan juta. Laparoskopi sendiri adalah tindakan medis berupa...

Sesuai Syariat Islam, Begini Prinsip P2P Lending Syariah

JAKARTA, duniafintech.com - Pastinya P2P lending sudah tidak asing lagi di telinga, bukan? Seiring perkembangan zaman dan teknologi, dunia fintech syariah terus mengalami peningkatan....
LANGUAGE