31.2 C
Jakarta
Minggu, 14 April, 2024

Simak Yuk, Deretan Tips Ampuh Cara Menagih Utang Teman

JAKARTA, duniafintech.com – Bagaimana cara menagih utang teman, apalagi yang sudah lama tidak dibayar alih-alih diangsur?

Tentu saja, hal ini kadang kala menjadi beban pikiran bagi banyak orang. Pasalnya, sebagai pemberi pinjaman, Anda tentunya berhak untuk menerima kembali uang yang dipinjam dalam jangka waktu sesuai perjanjian itu.

Di luar hubungan pertemanan itu, Anda tetap berhak akan uang Anda, pastinya. Namun, kesulitannya adalah bagaimana cara menagih utang itu kepada yang lupa melunasinya, padahal sudah ada tenggat waktu yang dijanjikan atau bahkan sudah melewati batasnya.

Baca juga: Viral Negara Sri Lanka Gagal Bayar Utang, Apa Sebab dan Dampaknya?

Nah, pasti banyak alasan yang terkadang membuat Anda jengkel dengan teman seperti itu. Tidak usah khawatir karena beginilah deretan tips dan trik untuk menagihnya.

  1. Cara Menagih Utang Teman: Buat Janji Bertemu dan Ingatkan Tenggat Waktu Pembayaran

Ini adalah cara yang paling mudah dan paling banyak digunakan saat menagih utang. Dalam hal ini, Anda dapat membuat sebuah pertemuan dengan orang itu. Lalu, ajaklah untuk bertemu di sebuah kafe atau tempat mana saja yang cocok untuk bertemu dengan dalih sekadar nongkrong dan minum kopi atau makan makanan ringan.

Ingatlah untuk sebisa mungkin pilihlah tempat yang punya suasana pembawaan yang santai dan terkesan tidak mencekam supaya orang itu bisa merasa tetap nyaman saat Anda mengajukan pertanyaan atau memberikan kalimat penagihan utang tersebut.

Di samping itu, juga jangan lupa untuk menentukan deadline pelunasan pinjaman. Di antara Anda dan teman Anda mestinya sudah mengetahui akibat dari keterlambatan pengembalian. Dari sisi Anda tentunya pasti merasa dirugikan, terlebih saat itu kebetulan Anda sedang membutuhkan uang juga.

Jika perlu, buatah perjanjian tertulis antara Anda dengan teman Anda sebagai bukti bahwa teman Anda sudah melewati deadline yang sudah disepakati bersama. Di lain sisi, cobalah bicara baik-baik dengan teman Anda dan ingatkan tentang hal itu secara sopan.

  1. Beri Tahukan soal Kebutuhan Anda—Cara Menagih Utang Teman

Kalau cara pertama diabaikan maka Anda dapat memulai percakapan lagi dengan teman Anda di kemudian hari. Ceritakanlah kebutuhan Anda saat itu bahwa Anda sangat mengharapkan pelunasan secepatnya.

Uang Anda merupakan hak Anda. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir bakal menyinggung perasaan teman Anda selaku peminjam. Sebisa mungkin, Anda menyampaikannya dengan baik dan sopan. Hilangkan ya rasa tidak enak Anda.

Baca juga: Harapan Sri Mulyani Terhadap Tiongkok, Minta Keringanan Utang?

  1. Minta Bantuan Pihak Ketiga

Ketiga, Anda juga bisa meminta bantuan kepada pihak ketiga alias teman dekat, sahabat, atau pacar dari teman Anda. Minta tolonglah kepada salah satu dari mereka untuk menagih utang teman Anda tersebut.

Hal itu dilakukan usai tidak ada kemajuan dari teman Anda yang punya sangkutan atau utang. Pasalnya, pada umumnya, seseorang bakal cepat menyadari kesalahannya saat ada teman dekat atau pacar yang mengingatkannya secara langsung.

  1. Hubungi Keluarga Dekatnya

Cara berikut ini sudah masuk ke tahap serius. Kalau mulai ada tanda-tanda menjauh dan akan menghilang dari teman Anda maka sebaiknya langsung saja Anda hubungi keluarga dekatnya yang tinggal satu rumah dengannya.

Jangan takut untuk hal ini. Pasalnya, Anda mesti berusaha keras mendapatkan hak Anda kembali. Akan tetapi, tetaplah berbicara sopan dengan keluarganya. Jangan sampai juga Anda dianggap sebagai penagih utang yang jahat atau kejam.

  1. Mendatangi Rumahnya

Opsi selanjutnya adalah dengan mendatangi rumahnya—di mana pun ia tinggal. Karena itu, dalam hal ini, penting sekali untuk punya bukti perjanjian dalam pinjam-meminjam. Pasalnya, kalau ada permasalahan seperti ini maka  Anda tidak kebingungan mencari di mana alamat rumahnya.

Jika teman Anda tidak ada keinginan untuk membayar maka Anda bisa membawa permasalahan ini ke ranah hukum, tetapi dengan syarat bahwa utang teman Anda itu ada pada nominal yang besar dan perlu pertanggungjawaban.

  1. Minta Pelunasan dengan Cara Dicicil

Berikutnya, kalau Anda tidak mau ke ranah hukum dan orang itu sudah mau membayar utangnya yang dibuat dengan Anda, tetapi ia ternyata belum punya dana yang cukup untuk membayarnya secara keseluruhan, Anda bisa membuat penawaran atau permintaan kepadanya untuk membayar dengan cara mencicil.

Meski akan berlangsung lama,setidaknya uang Anda akan kembali. Besar-kecilnya nominal yang dibayarkan si peminjam ini bukanlah masalah sebab yang penting adalah bahwa utang orang itu kepada Anda segera terlunaskan dan terselesaikan.

Demikianlah ulasan mengenai tips ampuh terkait cara menagih utang teman yang bisa Anda terapkan. Jangan ragu untuk meminta uang Anda kembali ya karena itu memang hak Anda. Meski demikian, ingatlah kembali bahwa cara-cara di atas tadi hanya berlaku untuk nominal yang cukup besar.

Baca juga: Jalan Tol Jokowi Kerap Dibangun, Tapi Dijual Untuk Bayar Utang?

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE