25.6 C
Jakarta
Sabtu, 2 Maret, 2024

Persija Masih Ragu Jadikan JIS Sebagai Markas Meski Anies Merestui

JAKARTA, duniafintech.com – Klub sepak bola kebanggaan Ibukota, Persija Jakarta, masih menimbang untuk menggunakan Jakarta International Stadium (JIS), meski sudah dapat restu dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah memberi lampu hijau kepada klub sepak bola Persija untuk menjadikan Jakarta International Stadium (JIS) sebagai markas mereka.

Baca juga: Alamak! Robot Trading Bodong Sponsori Salah Satu Klub Sepakbola Indonesia

Pernyataan tersebut dikatakan Anies saat menghadiri laga eksibisi yang mempertemukan legenda Persija bertajuk Trofeo Silaturahmi Jakarta di Jakarta International Stadium (JIS), pada Sabtu, 7 Mei malam.

“Hari ini adalah hari penting, karena hari ini janji itu dilunasi. Janji untuk membangun stadion bertaraf internasional yang akan bisa digunakan sebagai home based bagi Persija dan juga home based bagi The Jak, di mana kita semua merasa selama bertahun-tahun penantian dalam kesabaran,” kata Anies, dikutip dari Tempo.

Baca juga: Persija Jakarta Terseret Kasus Viral Blast, Diduga Terima Uang Haram

Namun, Persija Jakarta belum memutuskan stadion mana yang akan jadi markas mereka untuk Liga 1 2022/2023. Presiden Klub Persija Jakarta, Mohamad Prapanca, mengakui JIS bisa jadi kandang timnya. Namun, hal itu belum bisa dipastikan.

“Kami lagi memfinalisasi kontrak dengan PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Ini urusan bisnis ke bisnis (B2B), jadi tidak ada urusannnya dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai pemilik Jakpro,” ujar Prapanca.

Menurut Prapanca, salah satu hal yang masih terus dibicarakan oleh Persija dan Jakpro adalah soal harga. Manajemen Macan Kemayoran menilai, pembiayaan untuk menggunakan JIS seharusnya tidak merugikan salah satu pihak.

“Contohnya, andai mahal karena harus untuk menutup return of investment-nya Jakpro, yang nantinya harus dikorbankan The Jakmania (suporter Persija-red). Kami tidak mau seperti itu,” tutur Prapanca.

“Kami mesti mencapai harga tertentu yang menguntungkan semua pihak. Itu yang sedang kami negosiasikan,” tambahnya.

Selain itu, dia melanjutkan, Persija sebagai tim sepak bola memiliki standar untuk stadion kandang. Untuk hal ini, JIS yang baru digunakan pada April 2022 belum diverifikasi oleh PSSI atau PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Baca juga: Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta, Hartanya Naik 2 Kali Lipat

Pemeriksaan itu sangat vital lantaran Persija merupakan klub profesional yang berlisensi AFC.

“Kalau berdasarkan verifikasi JIS memenuhi syarat sebagai home base, maka JIS siap menjadi kandang Persija,” kata Prapanca.

Andai pembicaraan Persija dan Jakpro mandek, Prapanca menegaskan bahwa pihaknya akan mengajukan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, atau Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, menjadi opsi kandang Persija di musim 2022-2023.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE