28.4 C
Jakarta
Minggu, 2 Oktober, 2022

Cara Mencairkan Asuransi Sun Life Beserta Syaratnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mencairkan Asuransi Sun Life beserta syaratnya berikut ini perlu diketahui oleh calon/nasabah asuransi ini.

Sebagaimana jamak diketahui, asuransi sendiri merupakan sebuah upaya dalam melindungi diri sendiri serta orang-orang tersayang dari berbagai risiko yang mungkin terjadi. Bukan hanya untuk individu, juga ada asuransi yang diperuntukkan bagi kelompok atau korporasi, misalnya saja yang ditawarkan oleh Sun Life.

Nah, ketika memilih penyedia asuransi yang satu ini, tentunya masyarakat ingin tahu cara mencairkan asuransi tersebut. Berikut ini ulasan selengkapnya, seperti disadur dari Qoala.

Baca juga: Asuransi Bringin Life, Ini Daftar Produk dan Manfaatnya

Mengenal Asuransi Sun Life

Apakah investasi di asuransi Sun Life ini bagus, semuanya akan bergantung pada kebutuhan individu yang berbeda-beda. Namun, pada dasarnya, setiap asuransi bagus sebab perusahaan asuransi punya ciri khas masing-masing. Mereka pun pastinya menawarkan kelebihan yang tidak ditawarkan oleh perusahaan kompetitor.

Adapun Sun Life Indonesia atau PT Sun Life Financial Indonesia diketahui menyediakan berbagai produk perlindungan dan pengelolaan kekayaan sejak tahun 1995 silam. Sejumlah produk asuransi yang dapat masyarakat sesuaikan dengan kebutuhan mereka, yakni asuransi pendidikan, kesehatan, jiwa, dan perencanaan hari tua.

Tujuan dari keberadaan penyedia asuransi ini, yaitu guna mencapai kemapanan finansial dan menjalani hidup yang lebih sehat. Sun Life sendiri menjadi perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional. Perusahaan ternama ini pun menawarkan berbagai produk asuransi dan solusi pengelolaan aset untuk individu serta korporasi. Dengan demikian, sangat bisa nasabah sesuaikan dengan kebutuhan mereka. 

Sun Life juga sudah beroperasi di beberapa pasar utama di seluruh dunia, di antaranya Indonesia, Kanada, Amerika Serikat, Hong Kong, Inggris, dan masih banyak lagi yang lainnya.

cara mencairkan asuransi sun life

Cara Mencairkan Asuransi Sun Life

Cara mencairkan asuransi Sun Life menjadi salah satu hal penting yang mesti diketahui oleh calon/nasabah sebelum membeli polis asuransi jenis tertentu sehingga mereka akan tahu tahapan dan cara mendapatkan manfaat proteksi dari asuransi yang dimiliki, baik asuransi jiwa, kesehatan, maupun jenis lainnya. Inilah penjelasan selengkapnya.

1. Asuransi Jiwa Sun Life

Untuk cara klaim asuransi jiwa dari Sun Life ini agaknya tidak berbeda jauh dengan asuransi yang sama dari penyedia asuransi lainnya. Saat ingin mengajukan klaim, pastikan kamu sudah melengkapi semua dokumen dan formulir permohonan asuransi jiwa.

Bukan itu saja, kamu pun mesti menjadi peserta asuransi aktif yang tidak pernah telat membayar polis. Supaya lebih yakin asuransi kamu dapat dicairkan, silakan cek polis dalam kondisi aktif atau tidak.

Dalam hal ini, ada beberapa dokumen yang mesti dipenuhi untuk mengajukan klaim asuransi jiwa, yakni polis asuransi, hasil rekam medis atau lab, salinan kartu identitas, buku tabungan, dan persyaratan lainnya sesuai dengan ketentuan perusahaan asuransi.

Di samping mengajukan klaim ke kantor asuransi Sun Life terdekat, peserta pun dapat menikmati fasilitas seperti aplikasi My Sun Life. Layanan e-klaim juga akan memudahkan peserta asuransi mendapatkan santunan sesuai dengan kesepakatan antara perusahaan dan peserta asuransi.

2. Asuransi Kesehatan Sun Life

Jika ingin mencairkan asuransi kesehatan dari Sun Life maka nasabah harus melakukannya melalui berbagai tahapan dan prosedur. Berikut ini tahapannya:

  • Segera hubungi pihak asuransi saat terjadi risiko kesehatan kepada tertanggung.
  • Siapkan dokumen persyaratan sesuai dengan ketentuan Sun Life.
  • Hubungi rumah sakit rekanan Sun Life terdekat supaya tertanggung segera mendapatkan perawatan.
  • Ajukan klaim dan tunggu hingga perusahaan asuransi menyetujui aplikasi klaim asuransi kesehatan.

Persyaratan

Adapun bagian terpenting dari asuransi, yaitu manfaat berupa pertanggungan dari penyedia asuransi. Namun, peserta asuransi atau tertanggung akan begitu saja menerima manfaat tersebut.

Pasalnya, ada serangkaian proses dan tahapan untuk memperoleh manfaat yang biasanya melalui pengajuan klaim. Tentunya, klaim disesuaikan dengan jenis perlindungan asuransi yang dimiliki oleh peserta asuransi.

Terkait klaim, terdapat sejumlah persyaratan yang mesti dipenuhi supaya klaim diterima dan cair tepat waktu. Berikut ini penjabarannya.

1. Klaim Meninggal Dunia

Ketika mengajukan klaim meninggal dunia karena sakit, inilah beberapa dokumen persyaratan yang harus dipenuhi:

  • Form pengajuan klaim yang bisa diunduh di website Sun Life.
  • Kartu identitas pengaju klaim, baik asli maupun fotokopi.
  • Kartu identitas peserta asuransi berupa fotokopi yang dilegalisir.
  • Surat keterangan meninggal dunia dari pemerintah setempat, misalnya kelurahan.
  • Surat keterangan dokter yang menjelaskan penyebab meninggal dunia jika meninggal dalam perawatan dokter atau rumah sakit.
  • Daftar pertanyaan untuk klaim meninggal dunia yang diisi oleh ahli waris.
  • Polis asuransi.
  • Jika peserta asuransi meninggal dunia karena kecelakaan maka harus ada surat keterangan yang menjelaskan sebab kecelakaan dari kepolisian.

Baca juga: Cara Klaim Asuransi Mobil Sinarmas, Inilah Persyaratannya

2. Klaim Cacat Tetap

Manfaat asuransi pun dapat diperoleh ketika tertanggung mengalami cacat tetap. Nah, supaya bisa mendapatkan manfaat itu, pastikan bahwa kamu sudah melengkapi beberapa persyaratan berikut ini:

  • Formulir klaim asuransi cacat tetap yang sudah diisi dan ditandatangani.
  • Polis asuransi.
  • Kartu identitas berupa KTP peserta asuransi dan pihak yang diberi kuasa apabila klaim diwakili oleh penerima kuasa.
  • Surat kuasa asli yang ditandatangani oleh peserta asuransi atau penerima manfaat.
  • Surat keterangan dari pihak terkait seperti dokter atau rumah sakit terkait kondisi cacat tetap tertanggung.
  • Surat keterangan dari kepolisian apabila kecelakaan menjadi penyebab cacat tetap tertanggung.
  • Dokumen penting lainnya.

3. Klaim Penyakit Kritis

Adapun penyakit kritis adalah perlindungan tambahan yang dapat diperoleh peserta asuransi Sun Life setelah membeli asuransi konvensional. Namun, terdapat persyaratan yang mesti dilengkapi terlebih dahulu supaya klaim bisa cair, yakni:

  • Formulir pengajuan klaim penyakit kritis yang diisi dengan benar lengkap dengan tanda tangan penerima manfaat atau pemilik polis.
  • Apabila asuransi dikuasakan maka harus ada tanda bukti diri yang masih berlaku dari pihak yang mengajukan klaim dan kuasanya berupa fotokopi.
  • Surat kuasa mengajukan klaim asli jika diajukan oleh penerima kuasa.
  • Surat keterangan dokter ahli yang menyatakan bahwa tertanggung menderita penyakit kritis yang dicover oleh asuransi Sun Life.
  • Fotokopi hasil pemeriksaan lab dan radiologi serta medical record dari dokter pemeriksa atau merawat.
  • Surat berita acara dari kepolisian apabila penyakit kritis disebabkan oleh kecelakaan.
  • Polis dan perubahannya dalam bentuk fotokopi.
  • Dokumen pendukung penting lainnya.

Sebagai informasi, sejumlah penyakit kritis yang ditanggung oleh asuransi dari Sun Life, di antaranya pembedahan pembuluh arteri koroner, serangan jantung, stroke, kanker, kelumpuhan, penyakit terminal, tumor otak jinak, radang otak, dan lain sebagainya. Informasi selengkapnya dapat diperoleh dengan menghubungi pihak Sun Life.

Tips Pencairan

Setiap nasabah pun harus mengetahui cara mengajukan klaim. Nah, supaya klaim disetujui dan segera dicairkan, inilah beberapa tips yang perlu kamu coba.

1. Persiapkan Dokumen yang Diperlukan

Yang paling utama dalam pengajuan klaim dan pencairan asuransi, yakni kelengkapan dokumen persyaratan. Jika ada dokumen yang kurang maka pihak asuransi akan menghubungi peserta dan memintanya untuk segera melengkapi dokumen itu.

Hal itu akan memakan waktu sehingga asuransi tidak dapat segera cair. Dengan demikian, kalau ingin asuransi bisa cair tanpa harus menunggu waktu yang lama maka pastikan semua dokumen telah dipersiapkan dengan baik ya.

Jika ada yang masih kurang kamu pahami maka jangan sungkan untuk bertanya kepada pegawai asuransi yang berada di kantor cabang terdekat atau juga kamu bisa langsung menghubungi call center Sun Life.

2. Informasikan Data yang Sebenarnya

Berikutnya, berikan informasi atau data yang benar. Jangan pernah berpikir untuk memalsukan data hanya karena ingin mendapatkan manfaat yang lebih dari yang seharusnya kamu terima ya!

Nah, supaya perusahaan asuransi menyetujui aplikasi klaim yang diajukan, informasikanlah data yang sesungguhnya, misalnya identitas diri dan yang lainnya.

3. Pastikan Tidak Ada Tunggakan Premi

Meski asuransi akan memberikan perlindungan terhadap para pesertanya, tetapi tentu ada persyaratan dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh peserta untuk bisa mendapatkan manfaat itu.

Oleh sebab itu, sebelum mengajukan klaim asuransi, pastikan bahwa tidak ada tunggakan pembayaran premi. Masalah semacam ini dapat menghambat proses pencairan asuransi loh. Maka dari itu, kamu mesti memeriksa kembali riwayat pembayaran premi.

Sekiranya kamu pernah ada tunggakan sebelumnya, tetapi sudah dibayar, hal itu dapat kamu tanyakan kepada pegawai asuransi, apakah akan menghambat proses klaim atau tidak.

4. Lakukan Pemantauan Berkala

Sekalipun telah mengajukan klaim, bukan berarti akan segera cair ya. Penyebabnya, perusahaan asuransi mesti memeriksa dokumen kelengkapan klaim dan membuat keputusan untuk menyetujui atau menolak klaim.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa kamu terus memantau pengajuan klaim secara berkala hingga akhirnya mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan bahwa Sun Life menerima klaim yang diajukan.

Sekian ulasan tentang Cara Mencairkan Asuransi Sun Life berikut persyaratannya yang perlu kamu ketahui. Selamat membeli produknya ya!

Baca juga: Cari Perusahaan Asuransi Jiwa Kredit Terbaik? Ini Daftarnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Kartu Debit Mandiri: Jenis-jenis hingga Cara Membuatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu debit Mandiri senantiasa memberikan kemudahan dalam bertransaksi di banyak tempat dan di waktu kapan saja. Sebagai informasi, kalau dibandingkan dengan uang...

Call Center Allianz Asuransi dan Layanan Pengaduannya

JAKARTA, duniafintech.com – Call Center Allianz asuransi dan layanan pengaduannya tentu penting diketahui oleh para pemilik polis/nasabahnya. Seperti diketahui bersama, Allianz Indonesia menjadi salah satu...

Jenis-jenis Mining Bitcoin, Bisa Dilakoni Buat Mendulang Cuan! 

JAKARTA, duniafintech.com - Mining atau menambang bitcoin ada berbagai jenis juga lho. Ini perlu diketahui bagi seorang investor crypto. Karena selain trading, ada cara...

Wow, Hampir Rp 1 Triliun Bitcoin Dibekukan Terkait Kasus Bos Terra Luna

JAKARTA, duniafintech.com – Otoritas Korea Selatan meminta dua platform jual beli kripto untuk membekukan Bitcoin senilai US 60 juta dollar yang terkait dengan Bos...

Asuransi Rumah Tinggal Terbaik, Ini 5 Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi rumah tinggal, apa itu? Adapun rumah tinggal adalah tempat beristirahat hingga berkumpul bersama keluarga. Fungsi rumah tinggal ini membuat siapa pun...
LANGUAGE