31.5 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

Patut Dicoba! Inilah 15 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mendapatkan uang dari TikTok sejatinya penting diketahui oleh para pengguna aplikasi media sosial yang sedang populer ini. Aplikasi ini bahkan sudah diunduh sebanyak lebih dari 666 juta secara global.

Hal itu mengindikasi bahwa aplikasi berbagi video ini kian mendapatkan tempat di kalangan penggunanya. Dengan popularitas sebesar ini, tentu saja Anda bisa menggunakan platform ini sebagai cara mendapatkan uang.

Bagaimana sih caranya? Yuk, intip di sini.

  1. Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dengan Menjadi Influencer

Pertama, Anda bisa mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan menjadi influencer. Akun TikTok ini bisa Anda kembangkan dengan tekun agar nantinya Anda bisa menjadi influencer dan dapat menerima endorse.

Baca juga: Melek Teknologi, NFT Jadi Metode Lain untuk Populerkan Karya Musisi Tanah Air

Menjadi influencer memang menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mendapatkan uang dari internet dan media sosial, tidak terkecuali TikTok. 

  1. Menggandeng Sponsor Potensial sebagai Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Ini adalah cara yang paling umum dilakukan oleh pencipta konten untuk menghasilkan uang. Melalui kehadiran sponsor yang akan masuk ke dalam video dan membiayai konten, tentunya akan memberikan penghasilan bagi Anda sebagai pengguna TikTok.

Ada beberapa cara unik untuk mencari atensi sponsor supaya tertarik beriklan di akun TikTok yang Anda kembangkan, yakni:

  • Mengunggah atau upload konten tiap hari atau secara rutin
  • Melakukan misi mengundang teman untuk mendapat saldo dan voucher DANA
  1. Mengundang Teman ke TikTok

Melakukan misi mengundang teman di TikTok akan membuat Anda memperoleh kesempatan mengumpulkan koin yang akan ditukarkan dengan saldo DANA. Cara ini dinilai mudah jika dilakukan dengan konsisten.

Baca juga: Punya Pengasilan dari TikTok? Begini Hitung-hitungan Pajaknya

Kalau teman Anda mengunduh aplikasi TikTok melalui tautan yang diberikan dengan kode undangannya maka Anda akan mendapatkan bonus uang tunai setelah teman itu bergabung. Syarat dan ketentuan mendapatkan uang dari misi mengundang teman adalah sebagai berikut:

  • Hari ke-3, menonton video TikTok selama 10 menit = Rp1.000
  • Hari ke-4, menonton video TikTok selama 10 menit = Rp5.000
  • Hari ke-7, menonton video TikTok selama 10 menit = Rp10.000

Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat kode undangan yang bisa kamu sebarkan ke teman-teman adalah:

  • Buka aplikasi TikTok, lalu pilih menu Me, lalu pilih ikon Koin yang ada di pojok kiri atas.
  • Pilih Undang, lalu pilih platform yang ingin dibagikan, misalnya WhatsApp.
  • Pilih kontak Whatsapp yang ingin dibagikan kode undangan
  • Kirimkan kode undangan, dan pastikan teman tersebut membuka tautan yang dibagikan.
  • Salin kode undangan, dan pilih Unduh dan Gabung TikTok.
  • Instal aplikasi TikTok di smartphone.
  • Tempelkan kode undangan dan pilih Konfirmasi.
  • Buat akun TikTok dan mulai beraktivitas di TikTok.
  1. Melakukan Misi Menonton Video untuk Mendapatkan Koin

Cara lainnya adalah dengan melakukan misi menonton video. Jika ingin menikmati penghasilan dari misi menonton video TikTok maka inilah beberapa peraturan yang perlu Anda ketahui:

  • 5 menit = 2.000 koin
  • 15 menit = 7.000 koin
  • 30 menit = 15.000 koin

Koin yang didapatkan itu nantinya akan dikonversi menjadi rupiah dengan ketentuan setiap 10 koin menjadi 1 rupiah.

  1. Menonton TikTok untuk Mendapatkan Uang

Anda pun bisa mempraktekkan cara memperoleh uang dari nonton video yang ada di TikTok. Dengan melakukan aktivitas menonton dengan durasi yang telah ditentukan, Anda bakal mendapatkan koin yang nantinya juga bisa dikonversi menjadi saldo DANA. Inilah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi TikTok, lalu pilih Me, lalu Pilih ikon Koin di pojok kiri atas
  • Pilih Klik di pojok kanan bawah, lalu tonton video TikTok selama yang Anda bisa.
  • Nantinya setelah selesai menonton, Anda akan mendapatkan pemberitahuan berapa koin yang sudah dikumpulkan.
  1. Saling Menyumbang Koin

Berikutnya, cara mendapatkan uang dari TikTok bisa juga dengan saling menyumbang koin. Dalam hal ini, para pengguna TikTok bisa berkontribusi untuk mendukung pengguna TikTok lain dengan cara menyumbangkan koin atau semacam Gift.

Baca juga: TikTok Cina Masuki Ranah Pembayaran Digital

Pengikut atau followers Anda  bisa memberikan gift itu dan menjadikan koin yang bisa Anda konversi ke rupiah. Oleh sebab itu, pastikan bahwa konten yang Anda buat berkualitas sehingga banyak followers yang akan menyumbangkan gift dan koin untuk mendukung Anda.

  1. Melakukan Live Streaming dan Mendapatkan Gift di TikTok

Anda pun bisa mendapatkan koin yang bisa dikonversi menjadi rupiah dengan melakukan live streaming di TikTok. Jika Anda sudah mendapatkan minimal 1.000 followers maka Anda akan mendapatkan kesempatan untuk mencoba fitur live streaming.

Hal ini memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan para followers dan berbagi konten yang lebih personal lagi sebab Anda bisa membaca setiap komen secara realtime dan menjalin kedekatan dengan para followers.

Para fans ini nantinya akan memberikan gift yang bisa dikonversi menjadi koin. Hasil dari koin inilah yang bisa ditukarkan menjadi saldo yang bisa dicairkan dalam bentuk rupiah.

  1. Mempromosikan Video Orang Lain

Cara berikutnya adalah dengan mempromosikan video orang lain. Dengan menjalin hubungan baik dengan sesama pengguna TikTok lainnya, Anda pun bisa mendapatkan uang dari misi mempromosikan video orang lain. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan bagi Anda pemilik akun TikTok yang sudah mempunyai 25.000 followers.

TikTok tentu saja akan menganggap Anda adalah influencer yang siap memberikan promosi efektif dengan jumlah followers sebanyak itu. Kian banyak followers, kian besar pua kemungkinan penghasilan yang akan Anda dapat dari kegiatan mempromosikan video orang lain.

  1. Berkolaborasi dengan Content Creator Ternama di TikTok

Cara lainnya adalah dengan berkolaborasi. Dalam hal ini, Anda bisa mencari pencipta konten ternama di TikTok dan lihatlah apa yang menarik dan sesuai dengan karakter Anda. Ajaklah untuk berkolaborasi agar terjadi pertukaran followers.

  1. Menjual Merchandise

Dengan adanya followers, Anda bisa menjual berbagai merchandise eksklusif, misalnya pakaian atau pernak-pernik. Hal itu kian dimudahkan dengan adanya fitur tautan link di video dan bio profil. Nah, Anda bisa menautkan link toko online Anda agar followers bisa mendapatkan barang yang kamu promosikan di TikTok.

  1. Menghubungkan ke Sosial Media Lainnya

Jika ingin engagement dari akun TikTok yang sedang dibangun ini meningkat maka sebaiknya Anda mempromosikannya ke media sosial lainnya yang sudah dikembangkan. Menghubungkan TikTok dengan akun media sosial lainnya berarti Anda tengah menarik perhatian pengguna media sosial lain untuk berkunjung ke akun TikTok dengan konten yang berbeda.

Cobalah bagikan video TikTok di Youtube, Facebook, Instagram, dan Twitter. Lihatlah hasilnya bagaimana penonton lintas platform tersebut akan menjadi followers Anda di TikTok.

  1. Mengunggah Video TikTok ke Platform YouTube

Cara mendapatkan uang dari TikTok juga bisa dilakukan dengan mengunggah video TikTok ke Youtube. Konten kreatif yang dibuat di TikTok bisa Anda unggah di Youtube untuk mendapatkan keuntungan lain.

Di samping terekspos di ekosistem Youtube dan Google, Anda juga bisa mendapatkan uang dari adsense yang disematkan pada konten tersebut. Cara monetisasi akun Tiktok juga bisa dilakukan saat sudah terhubung dengan Youtube.

Akan tetapi, perhatikan bagaimana konten yang dibuat bisa masuk ke dalam persyaratan monetisasi Youtube, seperti musik dan footage bebas hak cipta. Kalau konten yang dibuat di TikTok bisa menjadi hiburan lintas platform maka bisa saja nantinya juga akan mendapatkan adsense di Youtube.

  1. Membuka Jasa Layanan Pengelolaan Konten TikTok

Adapun perkembangan TikTok sebagai salah satu platform pencipta konten semakin marak dan ini adalah potensi bisnis yang harus dimanfaatkan. Cara memperoleh uang dari TikTok selanjutnya bisa juga dengan membuka jasa pengelolaan TikTok.

Anda bisa menawarkan jasa layananan pengelolaan konten TikTok, mulai dari video berkualitas, strategi kreatif, dan juga cara konsisten mengelola followers. Banyak pengguna pemula yang membutuhkan arahan dan juga pengembangan secara profesional agar akun TikTok bisa berkembang besar dengan caranya sendiri.

  1. Melakukan Jual-Beli Akun TikTok yang sudah Dikelola

Cara lainnya yang bisa dicoba adalah dengan melakukan jual beli akun TikTok. Setelah Anda berhasil mengembangkan akun TikTok hingga mendapatkan atensi dan ribuan followers, tentunya Anda bisa menjualnya kembali kepada orang lain dengan harga yang sesuai.

Banyak orang yang ingin membeli akun TikTok yang sudah jadi, mengingat betapa sulitnya mengembangkan akun dari nol hingga mendapatkan ribuan followers dan ratusan konten. Oleh sebab itu, akun TikTok yang sudah memiliki ribuan followers sangat potensial untuk dijual kembali.

  1. Membuat Agency Influencer

TikTok sendiri tidak memberikan gaji, tetapi Anda bisa mendapatkan penghasilan jika memanfaatkan TikTok dengan baik. Nah, jika Anda sedang menjadi cara mendapatkan uang dari TikTok maka Anda bisa menjadi agen influencer.

Dalam hal ini, Anda menghubungkan para influencer TikTok dengan brand dan merek yang akan beriklan. Dengan begitu, Anda akan menjadi penengah yang akan membuat perjanjian, menghubungkan kedua belah pihak, mengkoordinasi, hingga terjadi bisnis antara influencer TikTok dan pemilik brand.

 

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Seberapa Penting Asuransi Persalinan? Cari Tahu Yuk di Sini!

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi persalinan atau asuransi melahirkan punya banyak manfaat sehingga tentunya sangat penting untuk dimiliki. Asuransi ini adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat...

Cara Top Up OVO lewat Panin Bank, Pasti Praktis dan Aman!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Panin Bank berikut ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna kedua layanan keuangan ini. Kemajuan teknologi seperti...

Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Mandiri, Gampang Kok!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengaktifkan rekening pasif Mandiri berikut ini tentu penting untuk diketahui oleh para nasabah Bank Mandiri. Pasalnya, hal ini diperlukan, terutama ketika...

Pajak Fintech Berikan Kontribusi Rp83,15 Miliar

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Keuangan mencatat sektor keuangan digital atau financial technology (fintech) memberikan kontribusi (pajak) sebesar Rp83,15 miliar dari capaian bulan Juni 2022...

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Lanjutkan Penguatan Harga

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Bitcoin hari ini datang dari pergerakan aset kripto yang masih menguat dan menunjukkan pergerakan yang cukup signifikan.  Belakangan ini, harga Bitcoin...
LANGUAGE