29 C
Jakarta
Kamis, 23 Mei, 2024

Gampang Banget! Ini Cara Mengajukan Pembiayaan di P2P Lending Syariah

JAKARTA, duniafintech.com – Untuk memenuhi kebutuhan dana, salah satu solusinya bisa dengan mengambil pembiayaan di lembaga keuangan. Namun salah satu kekurangannya, bunga angsurannya yang tinggi. Rekomendasi terbaik, anda bisa mengajukan pembiayaan di P2P lending syariah.

Beragam lembaga keuangan tersedia, namun solusi yang konkret saat ini sepertinya bisa menggunakan jasa tersebut. Cara mengajukan pembiayaan di P2P Lending Syariah akan kita bahas secara tuntas. Mari disimak guys!

Cara Mengajukan Pembiayaan di P2P Lending Syariah

Cara Mengajukan Pembiayaan di P2P Lending Syariah

P2P lending syariah merupakan platform fintech untuk mempertemukan lender dan borrower dalam penyaluran dana pembiayaan. Untuk proses pengajuannya lebih mudah karena hanya melalui smartphone. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya sebagai berikut.

1.      Melengkapi Dokumen Pendaftaran

Tahap pertama dalam mengajukan pembiayaan P2P lending syariah adalah mengunduh aplikasi fintech P2P lending syariahnya terlebih dahulu. Lakukan registrasi dan lengkapi seluruh dokumen yang dipersyaratkan oleh fintech. Beberapa jenis dokumen yang dipersyaratkan diantaranya NPWP, invoice, e-KTP, berita acara uji teknis dan lain-lain.

2.      Proses Validasi P2P Lending Syariah

Apabila seluruh dokumen pendaftaran pengajuan pembiayaan sudah anda lakukan, anda tinggal menunggu proses validasi dari P2P lending syariah. Proses validasi biasanya memakan waktu 24 jam atau lebih, tergantung kebijakan P2P lending syariah. Jika validasi berhasil, anda akan memperoleh pemberitahuan aktif melalui email terdaftar.

3.      Memperoleh Notifikasi Penawaran

Jika proses validasi sudah berhasil oleh tim P2P lending syariah, selanjutnya anda akan memperoleh notifikasi penawaran pembiayaan melalui aplikasi atau email. Biasanya informasi pengajuan pembiayaan anda akan dirilis di fitur marketplace aplikasi P2P lending syariah. Dimana lender akan memilih pembiayaan yang diajukan oleh para borrower.

Baca juga: Berita Fintech Indonesia: Inilah Produk yang Dilayani Fintech

4.      Persetujuan Penawaran Pembiayaan

Apabila anda menyetujui penawaran pembiayaan dari P2P lending syariah, anda akan bisa dengan segera mendapatkan pembiayaan dari aplikasi P2P lending syariah. Pembiayaan ini dilakukan atas kesepakatan borrower dengan lender yang memilih anda. Karena lender sendiri akan menyeleksi pilihan pembiayaan di marketplace P2P lending syariah.

Baca jugaViral Ajakan UAS untuk Boikot, Pengaruhi Sektor Pariwisata Singapura?

Tips Memilih P2P Lending Syariah

Berkembangnya teknologi digital turut dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan untuk menyediakan pendanaan melalui aplikasi. Bahkan beberapa tahun belakangan, sudah banyak aplikasi P2P lending syariah yang bisa jadi pilihan. Akan tetapi anda perlu mengetahui tips dalam memilih P2P lending syariah terpercaya seperti pembahasan berikut.

1. Sudah Terdaftar OJK

Tips yang pertama dalam memilih P2P lending syariah adalah temukan aplikasi yang sudah terdaftar OJK. Untuk mengetahui perusahaan fintech tersebut apakah sudah terdaftar OJK atau belum, anda bisa mengeceknya di www.ojk.go.id lalu cari nama perusahaan tersebut.

2. Memiliki Kredibilitas yang Baik

P2P lending syariah bisa dikatakan suatu produk teknologi keuangan yang masih asing di telinga masyarakat. Namun tak ada salahnya jika anda mencari perusahaan P2P lending yang memiliki kredibilitas baik. Tentunya perusahaan tersebut aman, legal dan jauh dari masalah hukum.

3. Sudah Banyak Pengguna yang Bergabung

Pada awal perilisan produk fintech P2P lending syariah, masyarakat yang teredukasi mulai mencoba peruntungannya menggunakan P2P lending syariah dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Jadi ketika anda memilih P2P lending syariah, sebaiknya anda bergabung dengan fintech yang memiliki banyak pengguna dengan ulasan yang positif.

4. Menawarkan Produk Minim Biaya dan Keuntungan Imbal Hasil

Jika anda selaku borrower, pilihlah aplikasi P2P lending syariah yang menawarkan produk minim biaya. Biaya disini bisa saja biaya admin atau biaya bagi hasil yang dibayarkan bersama angsuran. Selain itu, jika anda selaku lender, pilih P2P lending syariah yang menawarkan imbal hasil wajar sesuai dengan peritungan sistem.

Baca juga: Iuran BPJS Kesehatan Disesuaikan Gaji, Nasib Pekerja Informal Gimana?

Itulah beberapa tahapan cara mengajukan pembiayaan di P2P lending syariah dengan mudah. Mengajukan pembiayaan P2P lending syariah sangat mudah hanya melalui hp. Jadi anda tak perlu kelamaan mengantri di bank. Apalagi proses validasi lebih cepat dan angsuran bisa dicicil dengan bagi hasil yang ringan.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU