26.9 C
Jakarta
Sabtu, 20 Agustus, 2022

Cara Mengatasi Lupa PIN Pembayaran Akulaku Terlengkap 2022

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengatasi lupa PIN pembayaran Akulaku berikut ini pastilah sangat diperlukan oleh para pelanggan setia Akulaku.

Pasalnya, para pengguna loyal Akulaku tentunya sudah diingatkan untuk mengaktifkan PIN Pembayaran di aplikasi pinjaman online terbaik yang satu ini. Dengan begitu, setiap kali melakukan transaksi menggunakan limit Akulaku, pengguna wajib untuk memasukkan PIN itu sebagai proteksi keamanan.

Namun, akan bikin pusing tentunya ketika telah mengaktifkan PIN Pembayaran, tetapi saat diminta memasukkan PIN setelah transaksi, ternyata justru lupa. Nah, untuk mengatasi lupa PIN Pembayaran Akulaku ini juga berbeda jauh loh dari cara mengatasi lupa sandi Akulaku!

Baca juga: Cara Bayar Akulaku lewat CIMB Niaga, tanpa Biaya Admin Loh!

Untuk cara mengatasi lupa password atau kata sandi Akulaku, pengguna akan diminta untuk membuat pengajuan reset sandi. Kamu pun nantinya akan dikirim SMS berisi kode konfirmasi, yang wajib dimasukkan agar bisa membuat kata sandi terbaru.

Nah, buat kamu bagi pengguna baru Akulaku yang barangkali masih belum begitu mengerti cara mengatasi hal ini, kamu simak yuk ulasan selengkapnya berikut ini, seperti dikutip dari Proseskredit.

Kenapa Bisa Lupa PIN Transaksi Akulaku?

Pada dasarnyak, PIN Pembayaran Akulaku ini berupa kombinasi sebanyak 6 digit angka yang wajib dimasukkan sebagai tahap akhir transaksi di Akulaku. Akan tetapi, PIN itu hanya akan diminta apabila kalau kamu telah mengaktifkan fitur itu.

Bagi pengguna yang sudah mengaktifkan PIN Pembayaran, tetapi justru lupa PIN, biasanya hal itu disebabkan oleh pembuatan PIN yang terlalu rumit. Pihak Akulaku sendiri memang tidak menyarankan pemilik akun untuk membuat PIN Pembayaran dengan kombinasi angka yang urut, tetapi tidak berarti juga kombinasi angka dibuat terlalu susah.

Hal itu karena cara itu tersebut malah bisa membuat pengguna mengalami lupa PIN.

 

Cara Mengatasi Lupa PIN Pembayaran Akulaku

Sebagai cara mengatasi lupa PIN, kamu hanya akan diminta untuk melakukan verifikasi wajah atau verifikasi Biometrik. Berikut ini langkah-langkahnya yang bisa kamu coba.

1. Tap Lupa PIN Pembayaran

Langkah pertama, silakan kamu buka aplikasi Akulaku lalu lakukan transaksi apa saja. Misalkan, kamu bisa coba beli pulsa dengan limit Akulaku. Lantas, ketika diminta untuk memasukkan PIN Pembayaran, kamu bisa pilih Lupa PIN Pembayaran.

2. Lakukan Verifikasi Biometrik

Di halaman selanjutnya, kamu akan diminta melakukan verifikasi wajah. Kamu bisa klik tombol verifikasi wajah, kemudian ikuti instruksi yang tertera di layar menyelesaikan proses itu.

3. Buat PIN Baru

Kalau sudah maka lanjutkan dengan membuat PIN Pembayaran yang baru. Jangan gunakan kombinasi angka yang unik, tetapi juga jangan terlalu rumit ya!

4. Konfirmasi PIN Baru

Selanjutnya, kamu masukkan PIN Pembayaran baru sekali lagi untuk mengonfirmasi perubahan PIN.

5. Berhasil Mengatasi Lupa PIN Pembayaran Akulaku

Kalau sudah muncul pemberitahuan maka kamu telah berhasil mengatasi lupa PIN Pembayaran Akulaku. Selamat!

Baca juga: Ciri-ciri Penipuan Akulaku Palsu, Tetap Waspada, Guys!

Nah, jika sudah berhasil mereset PIN Pembayaran Akulaku tadi, sebaiknya kamu mencatat informasi itu di catatan di smartphone atau di mana saja yang mudah untuk diakses. Tujuannya, kalau suatu saat kamu mengalami masalah serupa, kalian tidak perlu repot-repot mereset PIN untuk mengatasi masalah tersebut.

Di samping itu, kamu pun disarankan untuk rutin mengganti PIN Pembayaran Akulaku setidaknya 2 hingga 3 bulan sekali. Cara itu bertujuan untuk meningkatkan keamanan akun Akulaku kamu dari segala bentuk pencurian data yang tentunya akan merugikan.

Manfaat PIN Pembayaran Akulaku

Lantas, apa saja sih manfaat dari PIN Pembayaran Akulaku ini? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Menjaga Keamanan Transaksi

Dengan adanya PIN Pembayaran ini, jika suatu waktu akun Akulaku kamu di-hack maka pelaku tetap tidak dapat melakukan pembelian barang menggunakan limit Akulaku yang kamu punya.

Hal itu bisa terjadi sebab pelaku tidak mengetahui PIN Pembayaran yang telah kamu aktifkan sebelumnya sebagai pemilik akun.

2. Mencegah Terjadinya Transaksi tidak Disengaja

PIN Pembayaran ini juga bermanfaat buat kamu untuk mencegah terjadinya transaksi yang tidak disengaja di aplikasi Akulaku.

Sederhananya, misalkan saat kamu tengah mencari-cari barang di Akulaku, tetapi secara tidak sengaja tertekan tombol beli hingga instruksi-instruksi berikutnya, transaksi itu bisa dihentikan sebelum tercatat oleh sistem karena ada tahap permintaan PIN Pembayaran. Akhirnya, limit kamu akan aman dan biaya tagihan bulan berikutnya pun tidak bakal bertambah.

Sekian ulasan tentang cara mengatasi lupa pin pembayaran Akulaku yang perlu kamu ketahui. Ingat, jangan sampai lupa lagi ya pin pembayarannya!

Baca juga: Pengguna Akulaku Wajib Tahu! Inilah Cara Menambahkan Rekening Bank Jago

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Luhut: Presiden Akan Umumkan Kenaikan Harga BBM Subsidi

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan kenaikan harga BBM subsidi jenis...

Bahaya! Kejahatan Siber Serang Akses Keuangan Digital

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta kepada seluruh pihak untuk mewaspadai adanya risiko keamanan terhadap kejahatan siber di era keuangan digital ditengah...

Cara Erick Thohir Stabilkan Harga Tiket Pesawat

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir secara intens berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terkait upaya pemerintah...

Mendag Targetkan Satu Juta UMKM Gunakan Digitalisasi di Tahun 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Perdagangan menargetkan penerapan digitalisasi di 1000 pasar rakyat dan 1.000.000 UMKM di seluruh Indonesia pada tahun 2022. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan...

Cara Mengatasi Kartu ATM Mandiri tidak Diizinkan, Mudah Loh!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengatasi kartu ATM Mandiri tidak diizinkan sejatinya bisa dilakukan dengan beberapa panduan yang sangat mudah. Pengguna kartu ATM Mandiri sendiri bisa...
LANGUAGE