26.2 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Cara Mengecek Asuransi Mobil dengan Mudah, Intip Yuk!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengecek asuransi mobil dengan mudah tentunya sangat penting diketahui oleh para pemilik polis asuransi.

Seperti diketahui juga, asuransi mobil pun sama pentingnya dengan asuransi lainnya. Namun, masih banyak orang yang menganggap remeh asuransi ini, padahal mobil pun berharga bagi setiap pemiliknya.

Nah, ketika mulai menyadari pentingnya memperoleh perlindungan untuk kendaraan roda empat, terdapat banyak hal yang harus dimengerti, bahkan secara detail, termasuk cara mengeceknya.

Berikut ini ulasan selengkapnya, seperti dinukil dari Qoala.

Macam-macam Asuransi Mobil — Cara Mengecek Asuransi Mobil

Pada dasarnya, asuransi akan membantu para pemegang polis untuk memperoleh perlindungan terbaik. Mengingat kali ini kamu akan mencari asuransi untuk mobil, kamu pun mesti familiar dengan macam atau jenis asuransi yang ditawarkan di pasaran.

Baca juga: Asuransi Mobil: Ini Perhitungan Premi Asuransi Mobil Bulanan

Sejatinya, ada beberapa jenis asuransi kendaraan yang dapat dengan mudah ditemukan baik online maupun offline. Inilah rinciannya.

  1. Asuransi Mobil TLO

TLO merupakan singkatan dari Total Loss Only, yakni produk asuransi yang menjamin risiko akibat pencurian dan kerusakan. Asuransi yang satu ini akan diberikan kepada nasabah apabila biaya perbaikan mobil mencapai minimal 75% dari harga kendaraan sebelum terjadi kerusakan atau pencurian.

Ketimbang asuransi all risk, premi asuransi mobil TLO ini dikenal lebih murah sehingga kamu pun tidak perlu ragu untuk memilih jenis asuransi kendaraan satu ini.

  1. Asuransi Mobil All Risk

Sekalipun kamu nantinya mesti mengeluarkan uang yang tidak sedikit, tetapi manfaat yang dapat kamu peroleh pun akan sebanding. Adapun asuransi all risk ini akan mengcover jika terjadi sesuatu pada mobilmu, mulai dari kerusakan ringan dan berat hingga kehilangan.

  1. Asuransi Mobil Gabungan

Ini adalah asuransi gabungan dari produk asuransi all risk dan total loss only (TLO). Namun, tidak semua perusahaan menyediakan asuransi gabungan antara all risk dan TLO ini. Dengan kombinasi perlindungan yang dapat diperoleh, berarti calon pembeli pun mesti mengeluarkan uang ekstra.

  1. Asuransi Mobil Perluasan (Rider)

Jenis ini adalah tambahan alias rider. Dalam hal ini, pemegang polis akan memperoleh manfaat/fitur tambahan selain dari proteksi utama dari jenis asuransi yang mereka pilih. Saat memilih jenis asuransi ini, kamu pun harus berhati-hati dan pastikan bahwa fitur tambahan tersebut memang dibutuhkan. Pasalnya, fitur tambahan ini tidak diberikan secara cuma-cuma sebab ada biaya yang harus kamu bayar.

  1. Asuransi Mobil Collision Coverage

Collision coverage merupakan jenis lain dari asuransi mobil yang dapat menjadi pilihan tepat apabila kamu ingin memperoleh proteksi dari biaya kecelakaan mobil akibat tabrak yang disebabkan oleh pengemudi. Di samping membayar kerusakan pada mobil, asuransi jenis ini pun akan memberikan ganti rugi yang sesuai dengan harga mobil.

  1. Asuransi Mobil Liability Insurance

Dengan menjadi pemegang polis asuransi mobil liability insurance, kamu dapat mengajukan klaim dengan kasus yang sama dengan collision coverage. Perbedaannya terletak pada adalah adanya jaminan tambahan, termasuk biaya tagihan medis jika pengemudi mengalami cedera dan memerlukan layanan medis.

  1. Asuransi Mobil Personal Injury Protection

Jenis lainnya adalah personal injury protection. Di sini, sebagai pemilik kendaraan, kamu dapat mendaftarkan asuransi jenis ini kalau ingin memperoleh perlindungan khusus untuk pengemudi yang mengalami kecelakaan terhadap diri sendiri ketika sedang mengendarai mobil.

Baca juga: ACA Asuransi Mobil: Pilihan Produk hingga Keunggulannya

cara mengecek asuransi mobil

Cara Mengecek Asuransi Mobil

1. Cara Mengecek Polis Asuransi Mobil TLO

Berikut ini beberapa opsi yang bisa kamu pilih untuk mengecek polis asuransi TLO:

  • Datang ke kantor cabang terdekat atau temui agen asuransi terdekat
  • Gunakan aplikasi (jika ada)
  • Akses website penyedia asuransi
  • Hubungi call center/customer service via telepon, email, atau live chat (bergantung pada dukungan penyedia asuransi yang diberikan)

2. Asuransi Mobil All Risk

Cara mengecek asuransi jenis all risk ini sejatinya tidak jauh berbeda dengan jenis sebelumnya atau TLO. Nah, sebagai pemegang polis, kamu bisa memilih cara yang paling mudah dan nyaman. Sebagai contoh, kalau kamu lebih merasa nyaman bertatap langsung dengan agen atau petugas asuransi maka silakan temui mereka di lokasi terdekat.

Lazimnya, setiap perusahaan asuransi kendaraan/mobil selalu berusaha menjangkau semua nasabah dengan menyediakan berbagai kemudahan dan fasilitas. Dengan demikian, sangat mungkin buatmu untuk bisa menikmati layanan itu dengan cara berbeda, contohnya via aplikasi.

Adapun cara lain yang bisa dipilih, yakni dengan cara menghubungi pihak asuransi lewat live chat, telepon, atau dengan mengirimkan email. Di samping itu, kamu pun dapat mengecek polisnya secara langsung via laman website khusus dari penyedia asuransi yang dipilih.

Sekian ulasan tentang cara mengecek asuransi mobil yang perlu kamu ketahui. Selamat mencoba dan semoga sukses ya!

Baca juga: Asuransi Mobil: Coba 3 Trik Ini agar Klaim Cepat Diproses

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE