31.8 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Gak Ada yang Mustahil, Ini Cara Menghemat Uang 100 Ribu untuk Sebulan

JAKARTA, duniafintech.com – Apakah kondisi finansial anda saat ini sedang tidak baik ? Mungkin, inilah saatnya anda harus mengubah gaya hidup supaya bisa menghemat uang. Bagaimana dengan menghemat uang 100 ribu untuk satu bulan? Walaupun terdengar mustahil, tetapi ada banyak cara menghemat uang 100 ribu untuk sebulan yang bisa anda coba kok.

Untuk merencanakan penghematan, setidaknya ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menjadikan anda menjadi boros. Setelah itu, barulah atur penghematan dan kelola keuangan dengan baik. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat uang 100 ribu untuk sebulan.

Menghemat Uang 100 Ribu untuk Sebulan

1. Membatasi Diri saat Jajan

Menahan dan membatasi diri untuk jajan adalah cara pertama yang efektif dilakukan demi menghemat uang 100 ribu dalam sebulan. Setidaknya, hentikan kebiasaan jajan sembarangan di luar sehingga bisa menghemat budget. Anda bisa menyiasatinya dengan makan nasi yang ada di rumah sampai kenyang untuk menahan keinginan jajan di luar. 

2. Memanfaatkan Wifi Gratis

Jika dalam satu bulan anda menghabiskan uang Rp 50.000 untuk membeli kuota internet, coba ubah kebiasaan satu ini dengan memanfaatkan wifi gratis di tempat umum. Karena tanpa disadari, membeli kuota internet dapat membuat pengeluaran membengkak lho. Jadi, daripada kehabisan uang di akhir bulan, manfaatkan wifi gratis yang ada ya!

3. Membatasi Penggunaan Bahan Bakar Kendaraan 

Untuk membatasi pengeluaran, sudah seharusnya anda juga membatasi penggunaan BBM. Bagaimana caranya ? Coba siasati dengan berjalan kaki jika tempat yang ingin dituju jaraknya relatif dekat. Atau anda batasi penggunaan BBM sebesar Rp 10.000 untuk satu minggu. Dengan begitu, anda hanya menghabiskan biaya BBM Rp 40.000 dalam sebulan.  

4. Mencuci Baju Sendiri

Cara hidup hemat berikutnya adalah dengan melakukan kegiatan yang bisa dilakukan sendiri. Misalnya, mencuci baju sendiri tanpa harus pergi ke tempat laundry. Alih-alih harus membayar biaya laundry, anda bisa menghemat uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Walaupun sedikit melelahkan, setidaknya ini adalah salah satu bentuk penghematan. 

5. Membiasakan Bawa Air Minum dari Rumah

Jangan malu untuk hidup hemat dengan cara apapun selagi itu halal. Termasuk membiasakan diri membawa botol yang berisi air mineral dari rumah saat berpergian. Banyak yang tidak menyadari bahwa membeli air minum ternyata bisa membuat pengeluaran membengkak lho. Oleh karena itu, setidaknya anda bisa berhemat dengan membawa air minum dari rumah.

6. Memasak Menu Makan Sederhana

Tidak ada salahnya untuk mengganti menu makan sehari-hari dengan yang lebih sederhana jika kondisi keuangan saat ini tidak memungkinkan. Uang 100 ribu bisa dihemat dengan catatan anda tidak membelanjakannya untuk hal yang tidak penting. Pilih lauk pauk yang tidak terlalu mahal supaya cukup untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan.

7. Membawa Bekal dari Rumah

Membawa bekal makanan dari rumah adalah cara menghemat uang 100 ribu yang bisa anda lakukan setiap hari. Tanpa disadari, membawa bekal dari rumah sudah menekan pengeluaran sehingga anda bisa mengalokasikannya untuk kebutuhan lain. Jangan malu untuk membawa bekal makan siang dari rumah demi penghematan ya!

Nah, dari 7 cara menghemat uang 100 ribu untuk sebulan diatas, mana nih yang paling mudah dipraktekkan ? Supaya mengatur keuangan bulanan menjadi lebih mudah, anda bisa coba praktekkan satu persatu cara diatas agar kondisi finansial tetap aman sampai akhir bulan ya. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat mencoba.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Dijuluki Ratu Kripto, Ternyata Perempuan Ini Tipu Investor Sampai Rp60 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - FBI menambahkan Dr. Ruja Ignatova, yang memproklamirkan diri sebagai 'Cryptoqueen' atau ratu kripto ke dalam daftar Sepuluh buronan Paling Dicari. Bahkan lembaga...

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...

HFIS BPJS Kesehatan, Begini Cara Menggunakannya

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi HFIS BPJS Kesehatan merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghimpun data milik fasilitas kesehatan mitra BPJS. Aplikasi ini adalah akronim dari Health...

Jenis KPR yang ada di Indonesia, Catat Ya!

JAKARTA, duniafintech.com - Jenis KPR ada apa saja? tentu masih ada yang bertanya-tanya tentang hal tersebut. KPR merupakan pembiayaan yang diberikan bagi seseorang yang...
LANGUAGE